Ketahui Perbedaan Media Monitoring, Media Analytics, dan Media Intelijen

Bayu Septian

09 February 2023 04:53

Perbedaan Media Monitoring, Media Analytics, dan Media Intelijen

Perbedaan Media Monitoring, Media Analytics, dan Media Intelijen-Media Monitoring, Media Analytics, dan Media Intelligence adalah istilah yang sering ditemukan dalam dunia komunikasi dan bisnis, sering kali ketiganya dianggap sama. Namun masing-masing memiliki tujuan dan fokus yang berbeda.

Memahami perbedaan dari konsep-konsep ini sangat penting bagi pembuat keputusan dan profesional komunikasi seperti public relation.

Media Monitoring, Media Analytics, dan Media Intelligence adalah istilah yang berhubungan dengan pemantauan, analisis, dan pengumpulan informasi dari berbagai sumber media.

Namun, seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa setiap istilah memiliki arti dan tujuan yang berbeda, Lalu apa perbedaan dari ketiganya?

BACA JUGA

Streamlining dan Media Monitoring: Mencapai Efisiensi dalam Proses Monitoring Berita

Perbedaan Media Monitoring, Media Analytics, dan Media Intelijen

1. Media Monitoring

Media Monitoring adalah proses pemantauan aktivitas media, termasuk media sosial dan media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan majalah.

Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak perbincangan atau pemberitaan terkait brand, individu, atau organisasi dalam sumber-sumber tertentu.

2. Media Analytics

Media analytics adalah sebuah proses untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data media. Ini termasuk berbagai sumber seperti berita, artikel, media sosial, dan lain-lain.

Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana media mempengaruhi persepsi publik dan memantau bagaimana brand atau produk Anda diposisikan dalam diskusi publik.

3. Media Intelligence

Sedangkan, Media Intelligence adalah proses untuk mengumpulkan informasi dan analisis agar memahami situasi dan kondisi, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat.

Dalam konteks media, ini berkaitan dengan aktivitas pentauan dan menganalisis isu, seperti mengetahui tren industri, dan strategi dari kompetitor.

Dari ketiga aspek tersebut, Anda dapat mengetahui bagaimana media mempengaruhi persepsi publik dan membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat.

Manfaat untuk sebuah Brand

Sebuah brand atau perusahaan perlu melakukan media monitoring, media analytics, dan media intelijen karena memiliki beberapa alasan diantaranya:

  • Media Monitoring: Dengan media monitoring, brand dapat mengetahui secara cepat dan akurat seberapa banyak orang membincangkan terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengukur seberapa jauh kesedaran konsumen akan brand Anda.
  • Media Analytics: Media analytics membantu sebuah brand dalam menganalisis data dan informasi dari berbagai sumber media untuk memahami bagaimana brand Anda diposisikan dan memantau bagaimana konsumen memperoleh informasi dan berinteraksi dengan Anda. Ini juga membantu Anda dalam memahami ulasan atau feedback dari audience Anda terkait produk dan jasa, sehingga dapat memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan terus menarik bagi audiens Anda.
  • Media Intelijen: Media intelijen membantu sebuah brand untuk memahami dan memantau perkembangan dan tren industri yang berkembang terkait brand Anda, termasuk bagaimana kompetitor Anda berkembang dan bagaimana pengaruh dari produk dan jasa brand mempengaruhi pasar. Hal tersebut dapat memastikan bahwa Anda selalu up-to-date dan memiliki informasi yang akurat untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Kesimpulan

Media monitoring, media analytics, dan media intelijen memiliki tujuan dan fokus yang berbeda, meskipun memiliki beberapa elemen yang sama.

Media monitoring memberikan pandangan cepat dan akurat tentang apa yang sedang terjadi dalam dunia media, sementara media intelijen membantu memahami situasi dan mengambil tindakan yang tepat.

Sedangkan media analytics adalah proses untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data media untuk memahami bagaimana media mempengaruhi persepsi publik.

Tiga konsep ini penting bagi mereka yang ingin memahami bagaimana media mempengaruhi persepsi publik dan memantau bagaimana brand atau produk mereka diposisikan dalam diskusi publik.

PT Kazee Digital Indonesia menyedikan sistem yang tentunya dapat digunakan untuk melakukan tiga konsep yang telah dijelaskan diatas. Jika Anda terterik dengan ini, klik tombol dibawah ini!

kazee.id
Share :

Related Articles