10 Kekuatan Media Monitoring untuk Manajemen Reputasi

Bayu Septian

08 February 2023 03:54

Managemen Reputasi - Image by rawpixel.com on Freepik

10 Kekuatan Media Monitoring untuk Manajemen Reputasi- Sebuah entitas baik bisnis maupun organisasi tak lepas dari sebuah reputasi, jika bisnis memiliki reputasi yang baik di mata publik tentunya juga akan berdampak baik bagi bisnis tersebut. Namun, berdasarkan pernyataan Dr. Emilia Bassar, M.Si, Founder and CEO CPROCOM yang dikutip dari laman infobrand.id, Ia mengatakan bahwa raputasi dapat naik ataupun turun, tergantung bagaimana perusahaan mempertahankan reputasi yang dimiliki.

Masih dalam kutipan yang sama, dicontohkan pada brand Apple yang saat ini dikenal sebagai brand paling unggul dibidangnya. Dan jika mengingat brand ini, tentu semua orang sudah  terbayang di benak sebagai brand yang dapat diandalkan, efisien, sangat mewah, bahkan dapat menjadi simbol status seseorang.

Untuk itu reputasi sangat penting, baik bagi brand, personal, maupun lembaga pemerintahan.

Bagaimana cara meningkatkan dan mempertahankan reputasi?

Dalam era digital saat ini, teknologi sudah memudahkan segala bentuk pekerjaan, jika berbicara terkait reputasi, media monitoring sangat penting bagi manajemen reputasi bisnis. Ini membantu bisnis memahami bagaimana sebuah organisasi atau bisnis dilihat oleh publik dan memastikan bahwa entitas tersebut memiliki reputasi yang positif dan konsisten khususnya pada jagat media.

Media monitoring adalah proses pemantauan dan analisis terhadap berbagai jenis media, seperti media cetak, media online, media sosial, dan lain-lain, untuk memahami bagaimana orang mempercayai dan mempercayai bisnis Anda. Lalu bagaimana peran media monitoring dalam menejemen reputasi? Berikut penjelasannya

Baca Juga: Peran Media Monitoring Bagi Institusi Pemerintahan

Berikut adalah 10 kekuatan media monitoring untuk manajemen reputasi:

  1. Mendapatkan gambaran umum:

Dengan menggunakan Media monitoring, Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana bisnis Anda dilihat oleh publik. Seperti bagaimana perbincangan publik terkait produk, pelayanan, atau cara komunikasi yang bisnis Anda berikan bernada positif atau tidak.

2. Mencegah krisis:

Media monitoring membantu dalam mengidentifikasi potensi masalah sebelum menjadi krisis besar. Anda akan dengan cepat mengatasi krisis dari informasi-informasi yang didapatkan dengan cepat dan tepat.

3. Menjaga integritas:

Selain itu juga, Media monitoring membantu dalam memastikan bahwa informasi yang beredar tentang bisnis Anda akurat dan tidak mempengaruhi integritas bisnis.

4. Menilai efektivitas kampanye:

Media monitoring membantu menilai efektivitas kampanye dan memahami bagaimana kampanye mempengaruhi percepatan publik.

5. Memahami audiens:

Memahami audiens merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis. dengan bantuan alat media monitoring Anda dapat memahami bagaiman yang diinginkan oleh konsumen atau audience, dan juga memahami bagaimana mereka mempercayai bisnis Anda.

6. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan:

Media monitoring membantu dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan memahami bagaimana pelanggan memandang bisnis Anda.

7. Mengetahui tren pasar:

Salah satu yang terpenting dari manajemen reputasi ialah terkait mengetahui tren pasar. Media monitoring membantu Anda dalam mengetahui tren pasar dan bagaimana tren tersebut mempengaruhi bisnis Anda.

8. Meningkatkan keputusan bisnis:

Media monitoring membantu dalam membuat keputusan bisnis yang lebih informatif dan berkualitas. Data yang telah terhimpun dalam sistem media monitoring, dapat anda filtrasi menjadi sebuah insight untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat.

9. Memastikan konsistensi brand:

Media monitoring membantu memastikan bahwa brand Anda konsisten dan konsisten dengan pesan yang dikirimkan kepada pelanggan.

10. Meningkatkan reputasi:

Poin terkahir, seperti yang telah dijelaskan sebelumya, Anda memerlukan Media monitoring untuk membantu meningkatkan reputasi bisnis dengan memastikan bahwa informasi yang beredar tentang bisnis Anda akurat dan positif.

Untuk itu, Anda sebagai pelaku bisnis maupun lembaga pemeritahan perlu menggunakan sebuah tools manajemen reputasi. Kazee Media Intelligence, merupakan salah satu produk yang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin tetap menjaga ataupun memperbaiki reputasi. Sebagai contoh berikut merupakan data yang dihasilkan Kazee Media Intelligence terkait pelayanan digital banking.

Kazee membandingkan lima perbankan digital yang umum digunakan di Indonesia dengan sistem pemantauan media intelligence Kazee.

Dua faktor penting dalam perbankan digital adalah pengalaman pengguna dan layanan keamanan. Hasilnya, pengalaman baik dan buruk ditampilkan pada grafik di atas.

Atau

Kesimpulan

Pada hakikatnya, sebuah reputasi sangat diperlukan, karena Reputasi yang baik akan meningkatkan kredibilitas, membuat konsumen lebih percaya diri bahwa mereka akan mendapatkan apa yang telah dijanjikan. Reputasi menjadi sebuah jaminan bahwa yang konsumen dapatkan akan sesuai dengan ekspektasi yang mereka miliki.

Share :

Related Articles