Peran Location Intelligence dalam Pemerataan Teknologi

Cahaya Muslim

13 March 2024 08:05

Saat ini, belum semua wilayah mendapatkan teknologi yang memadai. Oleh sebab itu, ini menjadi peluang bagi industri teknologi untuk melakukan pemerataan teknologi. Dalam melakukan hal tersebut, Anda memerlukan data atau insight yang penting untuk mengambil keputusan lebih tepat. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan data yang bermanfaat adalah dengan menggunakan location intelligence. Bagaimana cara kerjanya? Temukan semua jawabannya dengan membaca artikel berikut.

Baca Juga: Manfaat Location Intelligence bagi Industri Teknologi

Pentingnya Pemerataan Teknologi

Pemerataan teknologi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat, melainkan bermanfaat bagi bisnis Anda sendiri. Saat teknologi sudah cukup merata, artinya kebutuhan terhadap produk atau layanan Anda juga akan makin meningkat.

Tidak hanya itu, pemerataan teknologi juga membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Secara tidak langsung, hal tersebut juga akan memengaruhi permintaan penggunaan teknologi.

Tujuannya untuk menunjang aktivitas pembelajaran atau pekerjaan masyarakat sekitar. Pemerataan teknologi juga memiliki peran penting dalam hal pembangunan serta kemajuan bangsa. 

Apabila pembangunan dipercepat, artinya teknologi juga akan menjadi kebutuhan untuk menunjang semua itu. Intinya, pemerataan teknologi menjadi penting karena berdampak secara langsung maupun tidak langsung bagi industri Anda.

Seperti diketahui, teknologi bisa didefinisikan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi, tidak heran saat proses pemerataan dilakukan, produk Anda bisa jadi akan sangat dicari.

Cara Location Intelligence Membantu Pemerataan Teknologi

Lalu, seperti apa peran location intelligence dalam membantu pemerataan teknologi? Contoh peran yang bisa dilakukan oleh kecerdasan ini adalah memetakan wilayah-wilayah atau daerah yang memang belum tersentuh akses internet atau teknologi informasi.

Dengan memetakan hal ini, Anda bisa menganalisis seperti apa daerah yang membutuhkan akses teknologi tersebut. Jadi, Anda dapat menghadirkan produk atau layanan yang sesuai untuk masyarakat sekitar.

Kemudian, location intelligence juga membantu agar teknologi dimanfaatkan pada lokasi yang tepat. Sebagai contoh, location intelligence bisa membantu meningkatkan akses pendidikan.

Anda bisa membuat platform pembelajaran online yang bisa digunakan oleh para siswa di daerah terpencil. Tidak hanya itu, location intelligence juga berperan pada berbagai bidang, seperti kesehatan.

Dari bidang ini, Anda bisa membuat layanan kesehatan jarak jauh sehingga bisa diakses oleh masyarakat yang berada di daerah sulit dijangkau. Kesimpulannya, location intelligence memberi wawasan mengenai kebutuhan masyarakat berdasarkan lokasi.

Seperti diketahui, kebutuhan masyarakat tentu saja berbeda-beda. Ada yang kesulitan bersekolah, kesulitan mendapatkan layanan kesehatan, hingga tidak bisa mendapatkan informasi yang memadai.

Dengan location intelligence, semua masalah tersebut dapat terdeteksi. Dari sini, Anda pun bisa menghadirkan solusi teknologi yang berdampak positif bagi industri Anda.

Share :

Related Articles