Manfaat Location Intelligence bagi Industri Teknologi

Cahaya Muslim

13 March 2024 03:05

Walaupun teknologi berkaitan dengan dunia tanpa batas, tetapi bukan berarti hal tersebut membuat aspek lokasi tidak lagi penting. Dalam penerapannya, industri teknologi juga masih harus memperhatikan perihal lokasi. 

Salah satu alasannya karena lokasi bisa membantu mengembangkan produk atau layanan. Tidak hanya itu, lokasi juga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Yuk, baca selengkapnya pada artikel berikut! 

Baca Juga: Tantangan Dalam Implementasi Location Intelligence

Apa itu Location Intelligence?

Salah satu cara agar bisa memaksimalkan aspek lokasi ini adalah dengan menggunakan tools seperti location intelligence. Apa itu? Secara sederhana, location intelligence adalah kecerdasan untuk memahami wawasan mengenai lokasi berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Contoh-contoh sumber datanya adalah bisa berasal dari tata ruang, zonasi, geografis, hingga struktur ruang. Dengan location intelligence, data-data tersebut dapat diubah menjadi wawasan berharga untuk melakukan pengambilan keputusan lebih baik.

Salah satu fitur dari location intelligence misalnya adalah Maps Analytics. Fitur tersebut memungkinkan Anda bisa bebas menandai suatu area atau titik dan memberikan informasi.

Kemudian, location intelligence juga menawarkan kemudahan dalam hal visualisasi. Data yang telah dikumpulkan akan mudah terlihat di peta. Dari sini, Anda dapat mudah menggunakannya sebagai bahan analisis terkait bisnis Anda.

Tidak hanya itu, cakupan location intelligence juga bisa sangat luas karena wilayahnya meliputi provinsi, kota, kabupaten, hingga desa. Penggunaan location intelligence membantu Anda mengenal audience berdasarkan lokasi, hingga menentukan tempat terbaik bagi bisnis Anda.

Mengapa Location Intelligence Penting bagi Industri Teknologi?

Terdapat beberapa alasan mengapa location intelligence penting bagi industri teknologi. Alasan-alasan berikut berkaitan dengan manfaat yang dimiliki kecerdasan ini. Oleh sebab itu, Anda harus memaksimalkan penggunaannya untuk melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik.

  • Mendeteksi dan Mengantisipasi Dampak Bencana

Seperti diketahui, ada lokasi-lokasi yang memang menjadi tempat rawan bencana. Hal ini umumnya akan memengaruhi produk atau layanan teknologi Anda. Sebab, bencana tersebut akan mengganggu fungsi dari teknologi.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui lokasi-lokasi tersebut, Anda dapat mengantisipasi dampak dari bencana tersebut. Misalnya, ada sebuah lokasi yang memang rawan banjir atau gempa bumi. Dari sini, Anda akan menambahkan fitur yang memang bisa melindungi produk Anda dari gangguan saat bencana tersebut terjadi.

  • Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Prinsip dalam menyajikan produk atau layanan teknologi adalah memperhatikan pengalaman pengguna. Maksudnya, dengan bantuan location intelligence, Anda akan menyajikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan.

Contohnya, dalam hal pengiriman barang atau penggunaan jasa. Sebagai bisnis yang bergerak di bidang industri teknologi, Anda harus memberikan kemudahan untuk menyajikan fitur pelacakan hingga pencarian jasa terdekat. Dari sini, produk Anda akan lebih disenangi karena pemakaiannya yang mudah dan bermanfaat.

  • Mengefisienkan Operasional

Terakhir, manfaat location intelligence lainnya adalah mengefisienkan operasional yang dilakukan. Location intelligence membantu Anda untuk mengoptimalkan setiap produk atau layanan Anda.

Misalnya, ketika harus mengirim teknisi untuk memperbaiki atau memasang produk di sebuah tempat. Dengan kecerdasan lokasi, teknisi akan lebih mudah mencapai tempat tersebut. Hal ini membantu mengoptimalkan waktu, biaya, serta tenaga yang dikeluarkan.

Tidak hanya itu, kecerdasan ini juga membantu menjaga kinerja layanan Anda tetap baik. Anda bisa mengetahui dengan pasti apabila ada masalah berdasarkan keluhan dari masyarakat sekitar yang menggunakan layanan tersebut. 

Intinya, manfaat location intelligence bagi industri teknologi berkaitan erat dengan pengoptimalan penempatan produk atau layanan-layanan Anda pada lokasi tertentu. Dengan kecerdasan lokasi, Anda bisa memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna yang berada di wilayah manapun.

Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai location intelligence? Yuk, pelajari semuanya di sini

Share :

Related Articles