Pentingnya Location Intelligence bagi Sektor Publik

Cahaya Muslim

05 March 2024 11:04

Seberapa pentingnya location intelligence bagi sektor publik? Seperti diketahui, kecerdasan lokasi adalah kemampuan untuk mengumpulkan hingga menganalisis data geografis sehingga dapat divisualisasikan untuk kebutuhan pengambilan keputusan.

Tidak jarang, pelayanan publik menjadi terhambat karena kurangnya pemahaman mengenai lokasi dengan baik. Oleh sebab itu, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa location intelligence itu penting bagi sektor publik. Namun, sebenarnya seperti apa cara kerja location intelligence itu? Bagaimana bisa memengaruhi pelayanan publik? Yuk, simak semua penjelasannya di sini.

Baca Juga: Menjadikan Akses Pelayanan Publik Lebih Merata dengan Location Intelligence

Mengapa Location Intelligence itu Penting?

Sektor publik yang optimal tidak terlepas dari pemahaman lokasi yang tepat pula. Maksudnya, location intelligence menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan.

Alasannya karena lokasi bisa memengaruhi optimal atau tidaknya sebuah sektor publik. Contohnya, akses menuju lokasi sektor publik tentunya harus mudah dijangkau masyarakat.

Tidak hanya itu, rute atau alur distribusi logistik juga memiliki dampak terhadap bagaimana optimalnya sektor publik berjalan. Dengan pemilihan rute yang; tepat, logistik penunjang pelayanan publik akan tiba tepat waktu. Jadi, bisa segera dimanfaatkan untuk mengefesienkan pelayanan.

Kesimpulannya, location intelligence itu penting karena menyajikan insight berharga mengenai lokasi yang dapat memengaruhi pelayanan publik. Dari wawasan-wawasan tersebut, Anda bisa mengambil keputusan lebih baik menyesuaikan hal yang dibutuhkan.

Cara Kerja Location Intelligence

Guna memaksimalkan manfaat dari location intelligence, Anda harus memahami bagaimana cara kerja location intelligence. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan mengetahui seperti apa proses kecerdasan ini menyajikan data berharaga untuk Anda. Berikut cara kerjanya.

  • Mengumpulkan Data

Hal paling pertama tentunya adalah dengan melakukan pengumpulan data. Location intelligence bisa mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti media sosial, zonasi, ruang, database publik, hingga survei melalui perangkat. Data yang dikumpulkan pun sangat beragam. Namun, location intelligence hanya akan menyajikan data relevan sesuai kebutuhan Anda. Jadi, tidak perlu khawatir terhadap banyaknya data. 

  • Membersihkan Data

Di sinilah location intelligence akan membersihkan data-data yang tidak relevan hingga menghapus data duplikat. Selain itu, pembersihan data juga mencakup proses untuk memastikan data yang didapatkan memanglah akurat serta sudah dalam format yang tepat.

  • Menganalisis data

Tidak berhenti sampai di sana, data Anda akan dianalisis untuk menentukan hubungan antar lokasi hingga polanya. Jenis-jenis data yang akan dianalisis seperti perilaku pelanggan, demografi, dan lain sebagainya. Semua jenis data yang dianalisis akan menyesuaikan kebutuhan Anda.

  • Memvisualisasi data

Proses berikutnya adalah melakukan visualisasi data. Segalal hal yang Anda butuhkan akan mulai ditampilkan dalam berbagai bentuk, seperti peta interaktif dan sebagainya. Tujuan visualisasi data ini untuk memudahkan dalam memahami informasi yang didapatkan.

  • Interpretasi dan Implementasi data

Berikutnya, data akan diinterpretasi yang artinya, data akan ditafsirkan untuk menciptakan insight yang berharga untuk Anda. Proses ini memungkinkan Anda untuk menindaklanjuti setiap data yang didapatkan.

Terakhir, Anda bisa mulai mengimplementasi atau menerapkan data yang didapatkan. Location intelligence membantu Anda untuk mendapatkan data secara real time. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik lebih baik.

Kesimpulannya, location intelligence sangat penting bagi sektor publik karena membantu mengumpulkan hingga menyajikan data yang Anda butuhkan. Melalui location intelligence ini, Anda akan mendapatkan pemahaman berdasarkan lokasi mengenai hal apa yang harus ditingkatkan atau diperbaiki.

Share :

Related Articles