Menjadikan Akses Pelayanan Publik Lebih Merata dengan Location Intelligence

Cahaya Muslim

05 March 2024 02:30

Akses pelayanan publik masih kurang merata untuk setiap wilayah. Hal ini menimbulkan ketimpangan di masyarakat sehingga tidak semuanya mendapatkan pelayanan terbaik. Jadi, tidak heran dampak yang dirasakan juga pastinya akan berbeda. Seperti diketahui, salah satu prinsip dari pelayanan publik adalah melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Namun, bagaimana jadinya apabila akses yang didapatkan kurang memadai? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman mengenai lokasi atau yang bisa disebut location intelligence. Apa manfaatnya dan bagaimana kaitannya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Sentimen Masyarakat terhadap Pelayanan Sektor Publik

Manfaat Location Intelligence untuk Sektor Publik

Secara sederhana, location intelligence adalah kecerdasan lokasi yang mengumpulkan berbagai macam informasi melalui data-data spasial, tata ruang zonasi, hingga geografis. 

Data-data tersebut membantu Anda untuk mengidentifikasi lokasi untuk melakukan pengambilan keputusan lebih baik. Setidaknya, terdapat beberapa manfaat location intelligence untuk sektor publik. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi lokasi yang kekurangan akses terhadap sektor publik
  • Membantu proses distribusi logistik pendukung pelayanan publik
  • Membangun sektor publik di lokasi yang tepat
  • Meningkatkan respons terhadap permasalahan publik
  • Mengetahui pelayanan yang dibutuhkan di sekitar wilayah tertentu
  • Mempercepat proses distribusi bantuan

Intinya, manfaat location intelligence bagi pelayanan publik adalah membantu menentukan lokasi yang tepat agar sesuai kebutuhan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, kecerdasan tersebut juga membantu peningkatan kualitas serta efisiensi pelayanan publik. Jadi, sektor publik akan lebih merata karena mengetahui pelayanan seperti apa yang harus diberikan.

Cara Menjadikan Akses Pelayanan Publik Lebih Merata

Mengingat pentingnya menjadikan akses pelayanan publik lebih merata, maka diperlukan usaha atau cara-cara yang harus dilakukan. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut cara-caranya.

  • Mengidentifikasi Letak Kesenjangan Akses

Saat ingin membuat akses pelayanan publik lebih merata, Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu di mana letak kesenjangannya. Hal ini dapat membantu Anda untuk menemukan permasalahan pasti sehingga dapat segera mengatasinya.

Kesenjangan bisa disebabkan karena permasalahan lokasi. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan location intelligence agar bisa mendapatkan pemahaman terkait hal ini.

  • Meningkatkan Sumber Daya yang Ada

Tingkatkanlah berbagai sumber daya yang ada, seperti sumber daya manusianya, hingga dari segi infrastruktur atau teknologinya. Cara kedua ini akan membantu Anda agar bisa menunjang pelayanan publik lebih efektif.

  • Menerapkan Kebijakan yang Sesuai Kebutuhan

Kebijakan ini bisa berupa pengalokasian anggaran pada daerah yang masih kurang akses, hingga kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah yang ada.

Dengan kebijakan yang tepat, pelayanan publik bisa menjadi lebih efektif. Karena terdapat aturan atau petunjuk yang jelas sehingga membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

  • Melibatkan Masyarakat Secara Aktif 

Terakhir, Anda harus melibatkan masyarakat secara aktif dalam upaya melakukan pemerataan ini. Tujuannya supaya upaya apa pun yang Anda lakukan memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Keterlibatan masyarakat membantu proses pemerataan jauh lebih cepat. Hal ini disebabkan karena 

Kesimpulannya, location intelligence dapat membantu menjadikan akses pelayanan publik lebih merata karena memberi insight mengenai kebutuhan masyarakat berdasarkan wilayah. Melalui location intelligence, Anda dapat mengetahui dengan pasti wilayah mana yang masih kekurangan akses. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui alur distribusi logistik atau bantuan sehingga mempercepat proses bantuan kepada masyarakat.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba location inteligence? Yuk, hubungi kami sekarang di sini. Segera dapatkan insight berdasarkan lokasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Share :

Related Articles