Pemasaran Berbasis Data untuk Tingkatkan Peluang Keberhasilan Bisnis

Cahaya Muslim

25 January 2024 04:00

Pemasaran berbasis data memperbesar peluang keberhasilan untuk mencapai tujuan bisnis. Memiliki insight berupa data serta fakta akurat akan memberikan gambaran bagaimana seharusnya menentukan strategi marketing ke depannya. Tentunya, hal ini akan jauh lebih efektif dan mengurangi risiko kerugian karena sudah memiliki landasan yang jelas. 

Baca Juga: Social Listening Menjadi Taktik Pemasaran B2B yang Berharga

Arti Pemasaran Berbasis Data

Pemasaran berbasis data adalah kegiatan marketing yang menjadikan data sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Jadi, pendekatan ini memanfaatkan data untuk mengetahui berbagai macam hal terkait bisnis Anda, mulai dari kecenderungan customer, karakteristiknya, memahami tren pasar terkini, hingga mengevaluasi hasil campaign yang pernah dilakukan sebelumnya.

Di dunia yang serba cepat ini, Anda tidak bisa cukup dengan mengandalkan firasat atau berdasarkan tebak-tebakan saja. Dalam merumuskan setiap strategi pemasaran, semua harus dijalankan berdasarkan data yang ada. 

Anda perlu memiliki sebuah big data atau database yang berisi segala informasi terkait kebutuhan bisnis Anda. Dengan data yang telah dikumpulkan, Anda akan mengetahui di mana letak kekurangan yang bisa diperbaiki. Selain itu, bisa juga menemukan potensi atau peluang baru yang bisa ditingkatkan lagi dalam pemasaran. 

Mengapa Database Penting bagi Pemasaran?

Database penting bagi pemasaran karena dapat membuat kegiatan bisnis Anda menjadi jauh lebih efektif. Anda tidak perlu lagi melakukan trial & error terhadap sesuatu yang sudah jelas datanya.

Selain itu, database membantu Anda mengidentifikasi target audience sekaligus mengenal lebih jauh seperti apa customer Anda. Dengan mengumpulkan data pelanggan, Anda dapat mengetahui produk seperti apa yang disukai, alasan membeli, dan sebagainya.

Hal ini membuat Anda bisa fokus terhadap aspek pemasaran lainnya yang belum dicoba. Anda juga bisa melakukan pengembangan produk berdasarkan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Dengan data, pemasaran Anda akan lebih jauh bersifat personal sehingga customer makin merasa relevan atau dekat dengan bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Berbasis Data

Bagaimana strategi yang tepat dalam pemasaran berbasis data? Tentunya, langkah awal untuk melakukan strategi ini adalah dengan mengumpulkan data yang akurat. Seperti apa maksudnya mengumpulkan data? Kemudian, langkah apa yang berikutnya harus dilakukan? Berikut penjelasannya.

Mengumpulkan Data

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber. Anda bisa mendapatkan data dengan cara apa pun, seperti melakukan riset di internet atau media sosial, hingga meminta orang-orang untuk mengisi survei.

Proses ini terdengar memang melelahkan dan menyulitkan. Sebab, terdapat banyak sekali data yang tersebar di mana-mana. Anda harus melakukan proses yang panjang untuk mengumpulkan semuanya.

Oleh sebab itu, tools media intelligence dapat menjadi solusi bagi Anda untuk membantu pengumpulan data lebih cepat, mudah, dan akurat. Dengan media intelligence, Anda dapat mengumpulkan data seperti mengetahui respons customer hingga memantau apa yang dilakukan kompetitor. 

Menentukan Channel Marketing yang Tepat

Setelah mengumpulkan data, Anda harus menentukan channel marketing yang tepat. Seperti diketahui, terdapat banyak sekali channel marketing, mulai dari website, media sosial, hingga email.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, Anda dapat mengetahui channel seperti apa yang cocok untuk memasarkan bisnis Anda. Setiap channel marketing memiliki karakteristiknya masing-masing. Artinya, Anda harus menyesuaikan cara pemasaran berdasarkan channel yang Anda pilih.

Mengembangkan Strategi Konten Pemasaran

Berikutnya, Anda bisa mulai mengembangkan strategi konten pemasaran. Berdasarkan data yang telah Anda dapatkan, Anda akan mengetahui seperti apa konten yang disukai target audience Anda.

Hal ini akan membantu Anda merumuskan kembali strategi konten yang kemungkinan akan menjangkau lebih banyak orang lagi. Selain itu, Anda bisa mulai fokus pada unsur konten yang membantu menunjukkan keunggulan bisnis Anda.

Membuat Campaign atau Iklan Berdasarkan Data yang telah Dikumpulkan

Terakhir, data membantu Anda membuat campaign atau iklan yang sesuai dengan target audience Anda. Data yang Anda miliki dapat memberi insight mengenai seperti apa target audience Anda.

Dari sini, Anda bisa membuat iklan yang lebih personalisasi sehingga relevan bagi pelanggan. Tidak hanya itu, campaign juga membantu Anda mengenalkan lebih detail mengenai bisnis Anda.

Kesimpulannya, pemasaran berbasis data dapat membantu meningkatkan peluang keberhasilan bisnis Anda. Permudah pengumpulan data Anda dengan menggunakan tools media intelligence. Tidak hanya berperan dalam mengumpulkan data, tools tersebut juga membantu menganalisis hingga menyajikan data dalam bentuk yang mudah dipahami. Anda hanya tinggal menggunakannya saja untuk pengambilan keputusan bisnis lebih baik lagi. Yuk, ajukan demo sekarang untuk segera mencoba tools ini.

Share :

Related Articles