Pemanfaatan AI dalam Analisis Big Data

Cahaya Muslim

19 June 2024 16:15

Image

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis big data. Seperti diketahui, big data merupakan kumpulan data dalam jumlah yang besar dan banyak serta kompleks.

Jadi, tidak heran diperlukan bantuan atau tools yang bisa melakukan analisis secara lebih cepat, mudah, dan cermat sehingga menghindari kesalahan. Salah satu cara yang bisa digunakan dalam menganalisis big data adalah dengan pemanfaatan AI. Seperti apa caranya? Simak semuanya di bawah ini!

Baca Juga: Perkembangan AI

AI untuk Otomatisasi dalam Analisis Big Data

Salah satu keunggulan AI adalah melakukan otomatisasi dalam analisis big data. AI bisa  mengotomatisasi proses pengumpulan data dari berbagai sumber, seperti media sosial, transaksi penjualan, hingga sensor IoT.

Tidak hanya itu, AI bisa membersihkan data dengan cara mengidentifikasi serta mengoreksi kesalahan, mengisi data yang hilang, serta menghapus duplikasi. Proses otomatisasi ini pun menghemat waktu dan juga mengurangi kemungkinan kesalahan manusia.

Selain itu, otomatisasi juga bisa dilakukan dalam memproses data dalam skala yang lebih besar. AI dapat menganalisis data atau bagian yang sangat besar dalam waktu singkat. AI bisa memproses data dalam jumlah yang tidak bisa dijangkau apabila dilakukan secara manual. Saat ini, AI juga bisa melakukan analisis secara real-time sehingga data yang dihasilkan tetap relevan.

AI Dapat Melakukan Analisis Prediktif dan Preskriptif

AI bisa melakukan analisis prediktif dan juga preskriptif. Maka dari itu, dengan ini, AI bisa memprediksi tren masa depan berdasarkan data historis. Contohnya, dari segi industri ritel. AI memprediksi permintaan produk berdasarkan pola pembelian sebelumnya dan faktor lainnya.

Kemudian, dari segi analisis preskriptif, AI juga bisa memberikan rekomendasi berharga yang bisa digunakan. Contoh, dalam bisnis ritel yaitu mengenai rute pengiriman efisien sehingga bisa mengurangi waktu pengiriman.

Kesimpulannya, dengan otomatisasi dari AI, big data yang memiliki jumlah data besar dan kompleks akan lebih mudah dianalisis. Dari hasil analisis AI ini, para pemimpin dapat mendapatkan insight berharga yang bisa dijadikan landasan pada setiap perumusan kebijakan atau pengambilan keputusan dalam hal apa pun yang berkaitan dengan bisnis.

 

Share :

Related Articles