Pahami Kebutuhan Industri Pendidikan saat ini dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

22 February 2024 08:48

Memahami kebutuhan industri pendidikan saat ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebab, dunia terus berkembang sehingga industri ini pun mau tidak mau harus beradaptasi agar bisa menyesuaikan. Seiring berjalannya waktu, para orang tua dan pihak-pihak terkait memiliki harapan yang lebih besar terhadap pendidikan Indonesia. 

Oleh sebab itu, penting untuk segera mengetahui apa yang dibutuhkan oleh industri pendidikan saat ini. Salah satu cara untuk mencari insight secara mudah dan cepat adalah dengan menggunakan research intelligence. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa membantu pendidikan? Simak penjelasannya di bawah sini.

Baca Juga: Memanfaatkan Media Intelligence untuk Kemajuan Industri Pendidikan

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kemajuan Industri Pendidikan

Dalam memahami kebutuhan pendidikan saat ini, Anda perlu mencari tahu faktor-faktor apa saja yang bisa memengaruhi kemajuan pendidikan. Hal ini akan membantu Anda agar lebih efektif saat melakukan riset atau analisis terkait kondisi pendidikan saat ini. 

Dengan mengetahui faktor-faktor berikut, Anda dapat menganalisis yang mana perlu diganti, diperbaiki, atau ditingkatkan lagi. Berikut di antara beberapa faktornya.

  • Kurikulum

Kurikulum dapat diartikan sebagai kumpulan mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan. Umumnya, kurikulum ini juga menjadi landasan bagi sekolah-sekolah dalam menerapkan sistem pembelajaran. 

Kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman akan sangat bermanfaat bagi para pelajar. Seperti diketahui, saat ini sudah memasuki era digital sehingga apa yang diajarkan kepada siswa dan siswi haruslah relevan dengan kondisi saat ini. 

  • Sarana dan Prasarana

Sarana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sementara itu, prasarana adalah penunjang utama terselenggaranya suatu proses, seperti pembangunan, proyek, dan sebagainya.

Artinya, kedua hal ini mengacu kepada fasilitas yang harus dimiliki sekolah. Tidak hanya sekadar kelas untuk belajar, tetapi perlu juga adanya fasilitas lain, seperti perpustakaan, laboratorium, ruang olahraga, dan sebagainya.

  • Sumber Daya Manusia atau Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar yang mumpuni akan membantu menghasilkan para pelajar yang berkualitas pula. Belajar bukan hanya untuk para murid. Namun, pelatihan-pelatihan juga harus sering diberikan kepada guru. 

Terlebih lagi, pada masa saat ini yang mana kondisi dunia terus berkembang. Tenaga pengajar harus diberikan pelatihan yang sesuai dengan kondisi zaman agar bisa mengajarkannya dengan baik.

  • Teknologi

Teknologi bisa membantu memudahkan segala aktivitas dan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Oleh sebab itu, teknologi menjadi sesuatu yang juga bisa memengaruhi kemajuan industri pendidikan.

Para pelajar perlu mendapatkan pelajaran mengenai hal ini. Tujuannya agar mereka bisa memanfaatkan teknologi dengan lebih bijak dan mudah dalam bekerja.

  • Lingkungan

Lingkungan bisa sangat memengaruhi pendidikan. Mereka yang jauh dari lingkungan pendidikan akan merasa bahwa pendidikan itu bukanlah sesuatu yang penting. Begitu juga sebaliknya. Mereka yang setiap harinya melihat manfaat pendidikan, maka akan termotivasi untuk selalu belajar.

Maka dari itu, di sini peran pemerintah sangat dibutuhkan. Pemerintah bisa hadir agar pendidikan bisa merata untuk semua wilayah. Selain itu, diperlukan banyak sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya pendidikan.

Cara Research Intelligence Membantu Memahami Kebutuhan Industri Pendidikan

Lalu, sudah sejauh mana sebenarnya perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini? Apa yang masih perlu diperbaiki dan harus ditingkatkan? Anda bisa mencari tahu semua jawabannya dengan research intelligence.

Apa itu research intelligence? Secara sederhana, research intelligence adalah mengumpulkan hingga menganalisis data untuk dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Seperti diketahui, riset artinya adalah penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk mendapatkan fakta baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik.

Itulah manfaat research intelligence, yaitu membantu menyediakan data untuk Anda agar bisa memahami kebutuhan industri pendidikan saat ini. Bagaimana caranya intelligence ini dapat membantu Anda? 

Salah satu caranya adalah dengan menyediakan laporan penelitian yang mengukur kepuasan masyarakat terhadap kualitas pendidikan saat ini. Hal tersebut membantu untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari kurikulum yang sudah diterapkan. Dari sini, para pihak terkait akan memiliki insight atau wawasan berupa fakta serta data mengenai kebutuhan pendidikan saat ini.

Kesimpulannya, cara research intelligence dalam membantu memahami kebutuhan industri pendidikan saat ini adalah dengan menyediakan laporan yang dibutuhkan. Laporan tersebut bisa didapatkan dari berbagai sumber atau cara, seperti survei, pendapat pelanggan, dan sebagainya. Dengan research intelligence, proses untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan pun akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Share :

Related Articles