Cari Tahu Preferensi Pelanggan Bisnis Ritel dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

18 March 2024 01:05

Preferensi pelanggan bisnis ritel dapat diketahui dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan riset pasar. Akan tetapi, riset bukanlah suatu hal yang cepat dan mudah untuk dilaksanakan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami tools atau kecerdasan yang dapat membantu memudahkan proses riset ini. Misalnya research intelligence. Kecerdasan tersebut memungkinkan Anda mendapatkan insight yang dibutuhkan secara mudah. Seperti apa penjelasannya? Yuk, simak di bawah sini!

Baca Juga: Mempercepat Inovasi Teknologi dengan Research Intelligence

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Preferensi Pelanggan   

Seperti diketahui, kecenderungan atau preferensi pelanggan tidak tercipta begitu saja. Dalam artian, ada faktor-faktor yang memengaruhi kesukaan pelanggan dalam memilih sesuatu.

Jadi, Anda harus mengetahui semua itu agar bisa mengambil hati pelanggan. Apa saja faktor yang berperan penting dalam menentukan preferensi pelanggan? Di antaranya adalah sebagai berikut

  • Harga

Tidak dapat dimungkiri, setiap pelanggan pastinya menyukai produk dengan harga yang murah. Maka dari itu, usahakan Anda menetapkan harga yang sesuai untuk produk Anda. 

Hindari harga yang terlalu murah atau mahal sehingga membuat pelanggan Anda lari. Anda juga tidak bisa menekan harga serendah mungkin tanpa mempertimbangkan biaya produksi dan lainnya. 

Intinya, harga yang sesuai itu ketika pelanggan tidak merasa rugi membayar sejumlah uang untuk produk tertentu. Entah karena porsi yang banyak atau besar, bahan baku premium, dan sebagainya.

  • Kualitas Produk

Berikutnya, kualitas produk juga jadi penentu apakah pelanggan akan setia dengan bisnis ritel Anda atau tidak. Kualitas ini bisa membantu Anda dalam menentukan harga yang sesuai untuk pelanggan.

Sebab, kualitas berkaitan dengan biaya produksi yang Anda keluarkan. Apabila mau membuat produk kualitas terbaik, maka tentunya Anda juga harus menggunakan bahan-bahan terbaik.

Itulah mengapa ini bisa menjadi pertimbangan dalam memasang harga produk. Perlu diingat bahwa pelanggan lebih senang harus membayar sedikit mahal, tetapi kualitas produk sangat memuaskan. Jangan berpikir sekadar harga murah tanpa memperhitungkan kualitas dapat membuat pelanggan bertahan pada bisnis Anda.

  • Branding

Penting bagi bisnis ritel untuk membangun brand awareness. Tujuannya, supaya bisnis ritel Anda menjadi hal yang pertama kali pelanggan pikirkan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, saat ibu rumah tangga ingin membeli kebutuhan sehari-hari, umumnya yang diingat adalah nama-nama minimarket atau supermarket yang sudah besar. Itulah salah satu keuntungan dari melakukan brand awareness.

Dengan branding yang baik, Anda bisa menjadi salah satu bisnis yang diingat oleh pelanggan. Jadi, ketika pelanggan membutuhkan atau menginginkan sesuatu, mereka langsung tertuju pada bisnis Anda.

  • Pelayanan

Terakhir, bagaimana cara Anda melayani pelanggan juga sangat memengaruhi kepuasan mereka. Pelanggan sangat senang ketika ulasan atau keluhan mereka ditanggapi secara responsif. 

Maka dari itu, Anda bisa menyediakan layanan customer service 24 jam apabila memungkinkan. Kemudian, jika Anda lebih banyak bergerak di bidang offline, Anda bisa menerapkan pelayanan terbaik yang ramah dan sabar ketika pelanggan sedang mencari-cari apa yang mereka butuhkan.

Fungsi Research Intelligence untuk Mengetahui Preferensi Pelanggan

Seperti apa fungsi research intelligence sehingga bermanfaat untuk mengetahui preferensi pelanggan? Pertama, tools ini membantu mengumpulkan jawaban-jawaban dari pelanggan melalui wawancara atau survei online.

Dari jawaban-jawaban tersebut, dapat dipahami mengenai kebutuhan serta keinginan mereka terhadap produk bisnis ritel Anda. Kemudian, research intelligence juga membantu menganalisis tren pasar.

Tren tersebut nantinya dapat memengaruhi preferensi pelanggan bisnis ritel dalam berbelanja. Saat Anda mengetahui apa yang sedang tren, Anda bisa menyesuaikan produk atau melakukan pengembangan agar bisa menyediakan apa yang dicari.

Tidak hanya itu, research intelligence juga bisa menyediakan data-data berharga yang bisa dijadikan acuan untuk mengambil keputusan ke depannya. Contohnya, tools ini menyediakan data berupa demografi, data pembelian, hingga bagaimana tingkat kepuasan pelanggan.

Fungsi lain dari research intelligence adalah membantu mengoptimalkan kegiatan campaign. Jadi, campaign lebih tepat sasaran dan mudah dipahami oleh pelanggan. Dari campaign ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang sesuai.

Terakhir, research intelligence memiliki keunggulan seperti penelitian yang dilakukan bersifat luas disertai dengan analisis yang kuat.

Kesimpulannya, fitur-fitur yang tersedia dalam research intelligence dapat membantu mencari tahu mengenai preferensi pelanggan yang sesuai. Apakah Anda ingin mencoba research intelligence sekarang? Yuk, klik di sini dan ceritakan kebutuhan bisnis ritel Anda.

Share :

Related Articles