Mempercepat Inovasi Teknologi dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

07 March 2024 10:47

Research intelligence dapat membantu mempercepat inovasi teknologi. Bagaimana caranya? Seperti diketahui, inovasi adalah penemuan baru berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya.

Dalam dunia teknologi, inovasi merupakan suatu hal yang penting untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Teknologi harus tetap berkembang agar bisa memenuhi kebutuhan manusia yang juga makin cepat berubah.

Seperti apa peran research intelligence terhadap hal tersebut? Yuk, simak semuanya di sini.

Baca Juga: Cara Research Intelligence Membantu Tugas-Tugas Research & Development

Manfaat Research Intelligence terhadap Industri Teknologi

Sebelum mengetahui secara detail mengenai manfaat research intelligence bagi inovasi teknologi, Anda perlu memahami terlebih dahulu manfaatnya secara umum. 

Pada umumnya, research intelligence membantu industri teknologi untuk memahami kebutuhan atau keinginan pelanggan. Research intelligence mengumpulkan data dari berbagai metode, seperti survei, wawancara, hingga analisis.

Dari pengumpulan data tersebut, nantinya bisa disimpulkan mengenai kondisi industri teknologi saat ini. Jadi, Anda bisa menggunakan data-data yang disediakan research intelligence untuk meningkatkan atau memperbaiki industri tersebut.

Misalnya, kebutuhan industri teknologi saat ini adalah otomatisasi dalam berkendara. Banyak audience mengharapkan bisa melakukan kegiatan yang produktif saat sedang dalam perjalanan. 

Dari sini, Anda pun mendapatkan wawasan mengenai kebutuhan mereka yang bisa diterapkan untuk pengembangan produk atau layanan. Itu hanya satu dari banyaknya contoh-contoh lain dari inovasi teknologi. Temukan contoh-contoh lainnya dengan membaca artikel ini sampai habis. 

Contoh-Contoh Inovasi Teknologi

Selain otomatisasi dalam berkendara, inovasi teknologi sangat banyak contohnya. Saat ini, perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk mengembangkan produk atau layanan mereka.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui secara cepat mengenai harapan audience terhadap industri teknologi saat ini. Apa saja contoh-contoh inovasi teknologi yang sudah pernah dilakukan?

Salah satu contohnya adalah Virtual Reality (VR). Inovasi tersebut memungkinkan Anda untuk berinteraksi di simulasi lingkungan yang diciptakan oleh teknologi. Tidak hanya itu, inovasi yang berhubungan dengan robotika juga termasuk.

Ada juga Internet of Things (IoT) yang memungkinkan Anda untuk melakukan kontrol jarak jauh terhadap barang-barang dengan menghubungkan barang fisik tertentu ke internet. Intinya, inovasi teknologi berkaitan dengan sesuatu yang canggih dan membantu mempermudah aktivitas manusia.

Cara Research Intelligence dalam Mempercepat Inovasi

Lalu, bagaimana cara research intelligence mempercepat inovasi teknologi? Kecerdasan riset membantu Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apakah produk atau layanan teknologi Anda sudah memenuhi kebutuhan pelanggan atau belum.

Kemudian, laporan penelitian dari research intelligence juga membantu Anda menganalisis strategi, kekuatan, hingga kelemahan pesaing Anda. Hal ini membantu Anda untuk memantau pergerakan kompetitor dalam menciptakan inovasi.

Melalui insight ini, Anda dapat mengetahui bagaimana cara melengkapi kekurangan yang ada di bisnis sendiri maupun kompetitor Anda. Setelah mendapatkan insight mengenai produk yang dibutuhkan pelanggan, Anda bisa mendapatkan insight untuk menyusun strategi branding hingga memposisikan produk atau layanan secara efektif.

Dengan laporan penelitian yang mendalam, Anda bisa menemukan campaign atau produk seperti apa yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen dan mendorong mereka untuk menggunakannya secara terus-menerus.

Namun, lebih penting dari itu semua, research intelligence bisa memberikan data dengan sangat cepat dan mudah. Kabar baiknya lagi, kecepatan pengumpulan data tersebut tidak mengorbankan kualitas. 

Jadi, Anda bisa segera mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk melakukan inovasi hanya dalam waktu singkat. Setelah segala data Anda dapatkan melalui research intelligence, Anda bisa dengan cepat mengambil keputusan yang tepat untuk menentukan inovasi teknologi seperti apa yang harus diluncurkan.

Salah satu produk kecerdasan riset yang bisa Anda gunakan adalah Kazee Research Intelligence. Tools ini menawarkan penelitian ekstensif, analisis yang kuat, keterlibatan aktif, dan memberikan rekomendasi kepada Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Apakah Anda tertarik untuk mencobanya sekarang? Yuk, segera klik di sini untuk menggunakan fitur-fitur yang ada.

Share :

Related Articles