Cara Research Intelligence Membantu Tugas-Tugas Research & Development

Cahaya Muslim

15 February 2024 10:13

Salah satu hal yang dapat membantu tugas-tugas Research & Development (R & D) adalah research intelligence. Apa itu dan bagaimana caranya? Research intelligence adalah kegiatan mengumpulkan hingga menganalisis data untuk mendapatkan insight berharga yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Alasan mengapa hal ini penting karena tim R&D membutuhkan data dan fakta atau informasi yang cukup untuk melakukan pengembangan produk. R&D harus memiliki landasan yang jelas agar apa yang mereka kerjakan efektif dan tidak berakhir dengan kerugian.

Seperti diketahui, R&D memiliki tugas untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk atau layanan dengan tujuan meningkatkan keuntungan bisnis. Oleh sebab itu, hal yang dikembangkan tersebut harus dipastikan akan laku di pasaran. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan memahami kebutuhan audience.

Bagaimana untuk mengetahui kebutuhan audience dengan mudah? Inilah alasan Anda membutuhkan research intelligence. Bagaimana cara research intelligence membantu tim R & D? Apa saja manfaat dari research intelligence?

Kazee Research intelligence menawarkan laporan penelitian dengan kuesioner yang komprehensif, jangkauan yang luas, hingga segmentasi yang bervariasi.

Tidak hanya itu, visualisasi yang Anda dapatkan sangat mudah dipahami sehingga bisa melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Kemudian, Anda akan memahami bagaimana campaign yang dilakukan bisa memengaruhi perilaku pembelian konsumen.

Dalam melakukan pengembangan produk, Anda juga perlu menjaga reputasi Anda tetap baik. Tujuannya agar saat sudah melakukan peluncuran produk atau layanan baru, hal tersebut bisa diterima dengan baik oleh audience.

Research intelligence membantu Anda untuk menjaga reputasi. Caranya dengan mengumpulkan insight berdasarkan penelitian yang dilakukan sehingga membantu Anda mempertahankan reputasi baik. 

Selain itu, Anda juga bisa menghindari kerugian besar saat melakukan pengembangan produk. Research intelligence akan memberi laporan penelitian berharga agar Anda dapat menentukan harga dengan tepat, merancang taktik untuk branding, hingga memposisikan produk Anda secara efektif. 


Tidak kalah penting yang bisa disajikan oleh research intelligence adalah mengukur sudah sejauh mana Anda memenuhi kepuasan pelanggan. 

Dengan tools ini, Anda dapat mengukur seberapa puas pelanggan terhadap suatu produk atau layanan. Dari sini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar kemungkinan mereka untuk tetap setia pada produk Anda. Jadi, Anda bisa mengantisipasi apakah pengembangan produk yang dilakukan akan disambut dengan baik atau tidak.

R&D harus bergerak cepat. Sebab, inovasi yang lamban membuat kemungkinan besar Anda didahului oleh kompetitor. Oleh sebab itu, research intelligence bisa membantu Anda untuk menganalisis kompetitor Anda.

Dengan laporan research intelligence, Anda dapat menganalisis strategi, kekuatan, dan kelemahan pesaing Anda.

Terakhir, research intelligence dapat menyediakan apa yang Anda butuhkan saat melakukan pengembangan produk. Anda bisa melakukan konsultasi untuk mendapatkan insight tepat yang dapat membantu kesuksesan pengembangan produk Anda. 

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari research intelligence, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk, ceritakan lebih jauh kebutuhan Anda dalam melakukan pengembangan produk. Klik di sini sekarang!

Share :

Related Articles