Misi Perdamaian Presiden Jokowi Ke Ukraina

Bayu Septian

29 June 2022 12:23

Sumber Foto: Detik.com

Setelah menghadiri rangkaian pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan rombongan yang terbatas antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung bertolak menuju Kyiv, Ukraina untuk melakukan misi perdamaian ke Ukraina

Dikutip dari portal Sekretariat Kabinet, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia membawa misi perdamaian. Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan  Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Ragam isu pemberitaan dan cuitan warganet turut menyoroti lawatan Presiden Jokowi ke Kiev, Ukraina. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama 23 – 29 Juni 2022.

Baca juga: Holywings Kembali Menjadi Sorotan Media

Analisis Media Monitoring Misi Perdamaian Presiden Jokowi

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu dan sampel isu yang menjadi pemberitaan dan perbincangan pada masyarakat luas.

Sebaran Data

Dalam pantauan 23 – 29 Juni 2022, data bergerak dengan akumulasi pada platform twitter sebayak 3.535  kicauan dan pemberitaan media online sebanyak 2.861 artikel.

Adapun puncak ekspos tertinggi dibincangkan pada twitter di tanggal 29 Juni 2022, sebaran isu utama tertuju pada potongan video dan foto momen ketika Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Joko Widodo berangkat dari Stasiun Przemyśl Główny di Kota Przemyśl, Polandia, menuju Kyiv, Ukraina.

Sebaran Isu Media Sosial Twitter Misi Perdamaian Presiden Jokowi

Dukungan Kepada Presiden Jokowi Untuk Melaksanakan Misi Damai

Beragam narasi dukungan kepada Presiden Jokowi dalam melakukan misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia terekam hadir dalam linimasa media sosial twitter. Presiden Jokowi dianggap pemberani, menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi daerah konflik Rusia-Ukraina pasca perang kedua negara berkobar. Selain itu warganet juga menyampaikan terimakasih dan menilai langkah Indonesia sudah tepat.

https://twitter.com/Miduk17/status/1540262175948013569
https://twitter.com/03__nakula/status/1541603600303943680

Setelah Ukraina, Presiden Jokowi Akan Bertolak Menuju Rusia dan dijadwalkan bertemu presiden Vladimir Putin

Melalui akun twitter resminya, Presiden Jokowi menyampaikan dari Jerman akan memulai misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia. Presiden Jokowi akan mengunjungi Ukraina bertemu Presiden Zelenskyy, lalu ke Rusia menemui Presiden Vladimir Putin. Pada kedua negara Preside Jokowi mengusung misi mengajak kedua pemimpin untuk membuka dialog dan menghentikan perang.

https://twitter.com/jokowi/status/1540932205102280704

Doa Warganet Agar Rombongan Presiden Jokowi diberi Keselamatan Dalam Menjalankan Misi Perdamaian

Selain narasi dukungan, guliran perbincangan yang positif juga memuat doa-doa agr keselamatan Presiden Jokowi beserta rombongan selalu diberikan keselamatan. Pada beberapa kicauan doa, warganet juga menggunakan tagar #JokowiMisiPerdamaian dalam setiap kicauannya.

https://twitter.com/dhimasjusuf/status/1542059220211625985
https://twitter.com/agung_dk/status/1542004070965473280

Rombongan Presiden Jokowi Menggunakan Kereta Api Khusus

Pada isu ini, perbincangan tertuju pada Presiden yang melakukan perjalanan dari Polandia menuju Ukraina dengan menggunakan kereta api khusus yang disediakan oleh otoritas Ukraina.

https://twitter.com/DoxTimes/status/1541997869498089472

Sebaran Isu Media Massa Daring Misi Perdamaian Presiden Jokowi

Bukan Cuma Paspampres, Pasukan Asing juga Menjaga Jokowi ke Ukraina

Presiden Joko Widodo mendapat pengawalan ekstra ketat saat berkunjung ke Ukraina. Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo menyampaikan presiden akan dikawal 39 orang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Prajurit-prajurit itu pernah bergabung dengan sejumlah pasukan elite TNI.

Presiden Jokowi Tiba di Polandia, Lanjut ke Ukraina Tempuh Waktu 12 Jam Lewat Jalur Darat Kereta Api

Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana dan rombongan dari Indonesia akan bertolak ke Ukraina menggunakan kereta api selama 12 jam setelah tiba di Rzeszow, Polandia.

Pemilihan jalur darat menggunakan kereta api ini bukannya tanpa alasan. Keadaan perang telah membuat wilayah udara Ukraina menjadi no fly zone, hingga terbang menggunakan pesawat menuju ibu kota Kiev pun tak bisa ditempuh.

jalur darat dari Polandia ke Ukraina, pun sebaliknya, terutama dengan moda transportasi kereta api, disebut menjadi jalur paling aman.

Jokowi Bahas Situasi Ukraina dengan Presiden Perancis

Isu selanjutnya pada sela-sela kegiatan KTT G7, Presiden Jokowi melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman. Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya Presiden Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina.

Trending Kata Kunci dan Tagar

Tagar #Jokowi dan kata kunci “Presiden”, Rusia”, “Ukraina” paling besar dan banyak digunakan warganet maupun pemberitaan secara luas. Hal tersebut merujuk pada cuitan-cuitan warganet terkait dengan dukungan dan reportase perjalanan Presiden Jokowi menuju Kyiv Ukraina.

Share :

Related Articles