Merunut Kasus Pembunuhan PNS Semarang

Bayu Septian

17 September 2022 17:46

Sumber Foto: Detik

Salah satu sorotan isu belakangan ini ramai memuat soal kasus pembunuhan PNS di Semarang. Berdasarkan pemantauan Media Monioring, awal mula kemunculan isu salah satunya disampaikan akun twitter Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang pada akhir Agustus lalu mengenai hilangnya seorang PNS Kota Semarang bernama Paulus Iwan Boedi Prasetijo.

Kemudian ditengah proses pencarian Paulus Iwan Boedi Prasetijo saat itu, muncul pemberitaan ditemukannya sesosok mayat yang sudah hangus terbakar ditemukan di Jalan Marina Raya, Kota Semarang, pada Kamis (8/9/2022). Mayat ditemukan seorang pekerja kontraktor di lahan semak milik PT Famili.

Seminggu pasca diberitakan ditemukannya sesosok mayat tersebut, pada 14 September 2022 diberitakan hasil tes DNA yang menegaskan bahwa mayat terbakar tanpa kepala yang ditemukan di Marina Semarang merupakan PNS Bapenda Kota Semarang, Paulus Iwan Budi Prasetyo. Tes DNA tersebut dilakukan tim Puslabfor Mabes Polri

Adapun pada hari Sabtu, 17 September 2022, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengungkapkan pihak kepolisian telah mengantongi identitas pelaku pembunuhan. Disebutkan dalam pemberitaan bahwa Misteri kematian Paulus Iwan Boedi Prasetijo, PNS Bapenda Kota Semarang, yang ditemukan tewas terbakar di Kawasan Marina akan segera terungkap.

Kombes Irwan meminta pelaku segera menyerahkan diri sebelum dijemput oleh tim gabungan Polrestabes Semarang dan Polda Jawa Tengah. Meski demikian, polisi belum belum bisa memastikan apa motif di balik pembunuhan sadis tersebut. Kombes Irwan menyatakan penyelidikan untuk menemukan pelaku pembunuhan berdasarkan dugaan korupsi, asmara, hutang piutang, dan persoalan keluarga.

Bagaimana data media monitoring mengenai runutan pemberitaan kasus pembunuhan PNS Semarang? Isu apa saja yang muncul dan menjadi pemberitaan sejak awal kasus hingga hari ini? Mari simak selengkapnya dalam artikel ini!

Analisis Media Monitoring

Ragam isu pemberitaan menyoroti kasus pembunuhan PNS Semarang. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama pematauan  29 Agustus – 17 September 2022.

Baca Juga: Miracle In Cell No 7 Remake

Sebaran Data

Dalam pantauan 29 Agustus hingga 17 September 2022, data bergerak fluktuatif dengan beberapa titik ekspos yang menjadi awal mula pergerakan isu pemberitaan.

Pada tanggal 29 Agustus 2022  awal mula kemunculan isu salah satunya disampaikan akun twitter Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang yang mengabarkan hilangnya seorang PNS Kota Semarang bernama Paulus Iwan Boedi Prasetijo.

Pada tanggal 09 September 2022 diberitakan sesosok mayat yang sudah hangus terbakar ditemukan di Jalan Marina Raya, Kota Semarang.

Pada tanggal 14 dan 15 September 2022 diberitakan hasil tes DNA yang menegaskan bahwa mayat di Marina Semarang merupakan PNS Bapenda Kota Semarang, Paulus Iwan Budi Prasetyo.

Kemudian pada 17 September 2022, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengungkapkan pihak kepolisian telah mengantongi identitas pelaku pembunuhan.

Sebaran Isu

Pengumuman Hasil Tes DNA: Jasad terbakar di Semarang identik PNS pemkot hilang

Isu utama yang menjadi sorotan media terkait dengan pembunuhan PNS di Semarang tertuju pada pengumuman hasil tes DNA terhadap jasad yang ditemukan hangus bersama satu unit sepeda motor di kawasan Pantai Marina Kota Semarang, Jawa Tengah, identik dengan Paulus Iwan Boedi Prasetjo, aparatur sipil negara di Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang. Motif pembunuhan terhadap Iwan yang hilang jelang pemeriksaan kasus korupsi itu masih didalami.

Anjing kesayangan Iwan, Mochi, ikut membantu pencarian bagian tubuh Iwan

Isu selanjutnya yang mendapatkan atensi dari media berkaitan dengan hewan peliharaan Anjing milik Iwan, bernama Mochi turut diterjunkan ikut membantu pencarian bagian tubuh lainnya. Anjing kesayangan bernama Mochi itu dibawa langsung anak Iwan dari rumah ke lokasi penemuan jenazah di Jalan Raya Marina Semarang Barat. Sorot media tertuju pada momen-momen Ajing bernama "Mochi" langsung mencari potongan tubuh Iwan yang masih belum ditemukan di semak-semak.

Kasus Pembunuhan PNS Semarang, Polisi Kantongi Identitas Pelaku

Isu selanjutnya merupakan isu yang membawa kabar terbaru bahwa Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengatakan pihaknya telah mengantongi identitas pelaku pembunuhan. Kombes Irwan meminta pelaku segera menyerahkan diri sebelum dijemput oleh tim gabungan Polrestabes Semarang dan Polda Jawa Tengah.

Jasad terbakar di Semarang meninggal dunia sebelum dibakar

Isu keempat berkaitan dengan keterangan Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang Komisaris Besar Irwan Anwar mengungkapkan, jasad seorang pria yang ditemukan di Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah sudah dalam kondisi meninggal dunia sebelum dibakar. Disebutkan bahwa terdapat perbedaan antara kondisi jasad yang dibakar dalam keadaan hidup atau sesudah meninggal dunia. Irwan menyebutkan, ada tindak kejahatan dalam penemuan jasad tersebut berkaitan dengan kondisi yang sudah meninggal dunia sebelum dibakar.

Trending Tagar dan Kata Kunci

Kata Kunci Iwan, Paulus, Marina serta tagar #korupsi paling besar dan banyak digunakan warganet dan pemberitaan secara luas. Hal tersebut merujuk pada perbincangan dan pemberitaan kasus pembunuhan PNS di Semarang.

Share :

Related Articles