Mengenal Brand Tracking: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Cahaya Muslim

26 July 2024 07:11

Image

Perkembangan bisnis atau brand Anda haruslah dipantau dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengenal apa itu brand tracking. Secara sederhana, istilah tersebut mengacu pada kegiatan mengukur kinerja brand.

Pada era bisnis yang makin kompetitif seperti sekarang ini, Anda harus memahami bagaimana brand Anda dipandang oleh konsumen. Dengan brand tracking, Anda dapat mengetahui itu semua dengan lebih mudah.

Artikel ini akan membantu Anda mengenal tentang brand tracking, mulai dari pengertiannya, manfaat, dan cara melakukannya.

Apa Itu Brand Tracking?

Brand tracking adalah kegiatan atau proses memantau brand dari waktu ke waktu. Kegiatan ini mengumpulkan data tentang persepsi konsumen terhadap sebuah brand. 

Data-data yang dikumpulkan tingkat brand awareness, citra merek, loyalitas pelanggan, dan pengalaman pelanggan. Data ini kemudian dianalisis untuk memberikan insight tentang bagaimana merek Anda diterima di pasar.

Hal ini sangat penting untuk diketahui agar Anda bisa menyiapkan strategi-strategi berikutnya yang lebih baik lagi. Selain itu, dengan mengumpulkan insight mengenai brand, Anda bisa mengetahui sudah sejauh mana brand Anda berkembang. 

Manfaat dan Tujuan Brand Tracking

Beberapa manfaat serta tujuan dari dilakukannya brand tracking di antaranya adalah sebagai berikut

Memahami Persepsi Konsumen 

Brand tracking membantu Anda mengetahui bagaimana konsumen memandang brand Anda. Jadi, Anda dapat mengetahui apa yang mereka suka dan tidak suka. Anda bisa meningkatkan atau memperbaiki produk serta layanan Anda sesuai persepsi konsumen.

Mengukur Kinerja Brand

Brand tracking menilai seberapa efektif strategi pemasaran, produk, atau layanan dalam mencapai tujuan merek. Mengukur kinerja brand membantu Anda untuk membuat strategi yang lebih efektif.

Membandingkan dengan Brand Pesaing

Unggul dari kompetitor merupakan hal penting dalam bisnis. Brand tracking membantu Anda melihat bagaimana brand Anda dibandingkan dengan pesaing dalam hal kesadaran merek, preferensi konsumen, dan pangsa pasar.

Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman

Brand tracking membantu Anda mengidentifikasi setiap peluang dan ancaman yang ada terhadap brand Anda. Dengan brand tracking, Anda dapat menemukan bagian apa yang bisa ditingkatkan dan memiliki risiko yang perlu diawasi dengan baik. 

Indikator dalam Brand Tracking

Setidaknya, ada lima indikator utama dalam brand tracking. Anda bisa melakukan pengukuran dengan memperhatikan beberapa indikator berikut

  • Kesadaran Merek: Seberapa banyak konsumen yang mengenali merek Anda?
  • Asosiasi Merek: Apa yang konsumen kaitkan terhadap brand Anda?
  • Loyalitas Merek: Seberapa setia pelanggan terhadap merek Anda?
  • Pengalaman Pelanggan: Bagaimana pengalaman pelanggan dengan produk atau layanan Anda?
  • Nilai Merek: Bagaimana persepsi konsumen tentang nilai yang diberikan oleh brand Anda?

Cara Melakukan Brand Tracking

Setelah memahami pengertian, manfaat, hingga indikator utama brand tracking, dapat disimpulkan bahwa hal tersebut membantu Anda untuk mengukur perkembangan brand. 

 

Pemahaman terhadap brand membantu Anda untuk melakukan peningkatan agar brand Anda makin dikenal sehingga meningkatkan pendapatan. Bagaimana cara melakukan brand tracking? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menentukan Tujuan dan Indikator

Cara pertama dalam brand tracking adalah menetapkan tujuan yang jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, memperbaiki citra merek, atau meningkatkan loyalitas pelanggan? 

Setelah tujuan ditetapkan, identifikasi indikator kinerja yang relevan. Tujuan serta indikator yang jelas membantu Anda lebih mudah dalam melakukan pengukuran sehingga Anda bisa fokus untuk melakukan peningkatan atau perbaikan.

2. Pilih Metode Pengumpulan Data

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data brand tracking. Misalnya, dengan cara survei pelanggan, yaitu menggunakan survei untuk mendapatkan feedback langsung.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemantauan di media sosial untuk memahami persepsi konsumen. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat data pencarian untuk melihat seberapa sering merek Anda dicari oleh pelanggan.

3. Analisis Data

Setelah data terkumpul, langkah berikutnya adalah menganalisisnya. Hal ini melibatkan mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang dapat membantu Anda memahami kinerja merek Anda. Analisis membantu Anda untuk mengumpulkan insight yang lebih berharga dan sesuai kebutuhan.

4. Mengambil Tindakan Berdasarkan Analisis

Berikutnya, segeralah untuk mengambil tindakan berdasarkan analissis yang sudah dilakukan. Buat strategi untuk memperbaiki apa yang kurang dan perkuatlah area yang sudah kuat. Tindakan ini bisa berupa penyesuaian dalam kampanye pemasaran, peningkatan produk atau layanan, atau inisiatif lainnya yang relevan.

5. Evaluasi Secara Berkala

Terakhir, Anda harus melakukan evaluasi karena brand tracking merupakan proses berkelanjutan. Evaluasi secara berkala memungkinkan Anda untuk terus memantau perkembangan dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan. Evaluasi juga membantu Anda terus mengimprove brand Anda agar makin dikenal oleh masyarakat.

 

Kesimpulannya, brand tracking adalah kegiatan atau proses yang membantu Anda mengukur kinerja brand Anda. Dengan mengukur perkembangan brand dari waktu ke waktu, Anda bisa lebih meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness sehingga brand Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Dari sini, harapannya adalah keuntungan bagi bisnis Anda pun meningkat.

 

Share :

Related Articles