Menganalisis Peluang Pasar Baru dengan Location Intelligence

Cahaya Muslim

20 February 2024 10:21

Salah satu tanda bisnis Anda berkembang menjadi lebih baik adalah memperluas jangkauan pelanggan dengan membuka peluang pasar baru. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda siap memperlebar usaha Anda ke tempat-tempat yang sebelumnya tidak terjangkau. Keputusan ini tentu saja dapat membantu Anda meningkatkan keuntungan serta membuat nama brand Anda makin dikenal.

Baca Juga: Manfaat Location Intelligence untuk Research & Development 

Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa begitu saja menargetkan pasar baru tanpa persiapan yang jelas. Itulah mengapa Anda membutuhkan tim Research & Development (R&D) untuk melakukan riset sekaligus pengembangan terkait kesiapan produk yang dimiliki. 

Dalam melakukan pekerjaannya, R&D bisa menggunakan berbagai macam tools untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dalam proses pengembangan produk atau layanan. Salah satu yang dapat digunakan oleh R&D adalah tools location intelligence. Seperti apa fungsi location intelligence sehingga dapat membantu mengidentifikasi peluang pasar baru? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Memahami Fungsi Location Intelligence

Fungsi location intelligence dalam membuka peluang pasar baru berkaitan dengan bagaimana tools ini membantu Anda memahami bagaimana kemungkinan produk atau layanan Anda akan sukses di sebuah lokasi. Hal ini didasarkan pada data location intelligence yang didapatkan dari zonasi, geografis, tata ruang, hingga spasial. 

Dengan data-data tersebut, Anda bisa mengetahui banyak hal. Contohnya, menggali minat dan preferensi target audience Anda pada lokasi tertentu. Tidak hanya itu, location intelligence juga memberikan wawasan mengenai demografis penduduk di sebuah wilayah.

Dari sini, Anda pun dapat mengenal lebih jauh target audience di lokasi tersebut berdasarkan usia, pendidikan, hingga ekonomi. Hal ini sangat bermanfaat untuk diketahui karena memengaruhi kebiasaan berbelanja mereka. Anda pun dapat menentukan pasar baru yang sesuai dengan pengembangan produk atau layanan Anda.

Apa yang Bisa Dilakukan Kazee Location Intelligence untuk Anda?

Setelah memahami fungsi dari location intelligence, dapat disimpulkan bahwa tools ini berguna agar pengembangan produk atau layanan yang dilakukan lebih efektif. Lalu, apa yang bisa dilakukan Kazee Location Intelligence untuk Anda?

Kazee Location Intelligence membantu mengelola data geospasial menjadi insight berharga yang dapat ditindaklanjuti untuk keperluan logistik, pemasaran, perencanaan kota, hingga manajemen risiko. 

Saat memutuskan untuk membuka peluang pasar baru, penting bagi Anda mengetahui semua hal tiu. Contohnya, bagaimana alur distribusi logistik nantinya. Apakah memudahkan Anda dalam melakukan proses uji coba produk atau tidak. Kemudian, seperti apa tata kota dari target pasar yang Anda sasar. Dari sini, Anda dapat mengetahui dengan pasti apakah sebuah wilayah atau lokasi akan cocok terhadap produk Anda atau tidak. 

Kemudian, Anda bisa memaksimalkan potensi peluang pasar baru dengan mendapatkan visualisasi pasar sehingga bisa dianalisis dan menyusun strategi dengan tepat.

Mengapa Kazee Location Intelligence dapat berpengaruh dalam membuka peluang pasar baru? Setidaknya, ada tiga keunggulan utama yang dimiliki sehingga Kazee bisa menyediakan data berharga untuk Anda.

Pertama, menggunakan kecerdasan buatan atau AI yang membantu Anda dengan mudah mengumpulkan serta menganalisis data sehingga dapat dijadikan landasan untuk mengambil keputusan lebih baik. 

Kedua, big data yang dimiliki. Kazee meenawarkan akses ke jutaan data dari berbagai sumber. Tidak hanya sekadar data, Anda akan mudah memahaminya dengan visual-visual yang menarik.

Ketiga, adanya fitur Geographic Information System (GIS). Dengan GIS ini, Anda akan mendapatkan data berharga mengenai jalan atau bangunan dari lokasi yang Anda pilih.

Selain ketiga keunggulan di atas, Kazee juga memiliki Kazee Maps Analytics. Fitur tersebut membantu Anda bebas menandai suatu area atau titik tertentu dan bisa memberikan informasi. Dari sini, Anda dapat menganalisis titik-titik tersebut.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah target sasaran saat membuka peluang pasar baru karena Anda bisa menandai lokasi terbaik bagi pengembangan produk atau layanan Anda nantinya.

Demikianlah penjelasan mengenai analisis peluang pasar baru dengan location intelligence. Kesimpulannya, location intelligence dapat membantu Anda menjangkau pasar baru dengan cara melakukan identifikasi audience berdasarkan lokasi.

Dari analisis atau identifikasi ini, Anda bisa mengetahui bagaimana seharusnya research & development dilakukan agar pengembangan produk atau layanan Anda bisa sukses di target pasar yang baru. 

Share :

Related Articles