Manfaat Location Intelligence untuk Research & Development

Cahaya Muslim

16 February 2024 10:22

Kecerdasan lokasi (Location Intelligence) ternyata memiliki manfaat bagi Research & Development (R&D). Salah satunya adalah untuk mengidentifikasi peluang pasar berdasarkan lokasi. Seperti diketahui, preferensi konsumen juga bisa tergantung bagaimana lokasi tempat tinggal mereka.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara memaksimalkan location intelligence untuk pemanfaatan pengembangan produk. Hal ini tidak terlepas dari pemahaman untuk mengenal lebih dalam target audience Anda. Tidak sedikit pengembangan produk yang gagal karena tidak mengetahui secara pasti kebutuhan atau keinginan audience.

Tidak hanya itu, location intelligence juga sangat membantu dalam hal pendistribusian logistik. Seperti diketahui, pengembangan produk memerlukan sumber daya yang memadai, seperti bahan baku, tenaga kerja, dan transportasi. Supaya program development berjalan lancar, Anda harus mempertimbangkan alur distribusi agar mudah mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Kemudian, location intelligence juga membantu Anda mendapatkan feedback atau ulasan lebih cepat dari konsumen lokal. Jadi, Anda bisa melakukan uji coba dengan lebih efektif. Dari sini, Anda bisa melakukan evaluasi lebih cepat sehingga dapat kembali merancang strategi pengembangan produk. 

Manfaat lain location intelligence untuk research & development adalah untuk melakukan analisis spasial. Dengan analisis ini, tim R&D bisa mengidentifikasi tren yang penting untuk diikuti agar berhasil dalam mengembangkan produk.

Kecerdasan intelijen juga membantu memetakan data secara visual. Hal ini dapat menyederhanakan insight yang tadinya kompleks menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Tim R&D pun bisa menggunakan insight yang didapatkan sebagai strategi untuk pengambilan keputusan yang lebih baik lagi.

Kesimpulannya, manfaat location intelligence untuk research & development berkaitan dengan insight yang didapatkan dari data geografis, spasial, tata ruang, pola ruang, struktur ruang, hingga zonasi. Dari data-data tersebut, tim R&D memiliki landasan yang jelas agar bisa meminimalisir risiko kegagalan dalam pengembangan produk. 

Tim R&D juga bisa bergerak lebih efektif karena dari location intelligence, Anda bisa mengetahui hal-hal seperti apa yang berpotensi sukses. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memahami evaluasi dari produk sebelumnya agar bisa menghasilkan produk lebih baik. 

Share :

Related Articles