Menganalisis Pasar untuk E-Commerce dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

21 March 2024 10:14

Penting bagi e-commerce untuk menganalisis pasar. Tujuannya supaya produk-produk yang ditampilkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tidak hanya itu, dari analisis yang dilakukan, diharapkan bisa memberi pengalaman terbaik bagi user saat menggunakan e-commerce Anda 

Analisis pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Intinya adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan wawasan mengenai potensi, hingga ciri pasar yang tepat bagi produk Anda. Salah satu tools yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan analisis pasar adalah research intelligence. Yuk, simak penjelasannya di sini.

Baca Juga:  Meningkatkan User Experience pada E-Commerce dengan Research Intelligence

Manfaat Research Intelligence dalam Menganalisis Pasar

Bagaimana research intelligence membantu menganalisis pasar? Research intelligence dapat membantu mengumpulkan semua data yang dibutuhkan mengenai preferensi pelanggan.

Research intelligence bisa membantu memahami kebiasaan belanja konsumen di e-commerce. Misalnya, produk apa yang senang mereka beli, berapa lama waktu mengakses e-commerce, sampai metode pembayaran yang dipilih.

Kemudian, research intelligence juga dapat membantu menganalisis tren pasar terkini. Jadi, produk serta tampilan yang Anda gunakan di e-commerce bisa menyesuaikan tren tersebut.

Anda bisa memprediksi tren masa depan berdasarkan jawaban-jawaban dari para pelanggan. Di sinilah peran research intelligence, yaitu untuk membantu mengumpulkan insight berharga melalui berbagai cara, seperti wawancara, survei, sampai pemantauan menggunakan media intelligence.

Selain itu, research intelligence juga bisa membantu mengidentifikasi peluang pasar. Dari sini, Anda dapat mengetahui pasar seperti apa yang cocok dengan produk Anda.

Anda pun bisa mulai memanfaatkan peluang tersebut agar bisa membantu memenuhi kebutuhan serta keinginan pasar. Tidak hanya itu, research intelligence juga bisa membantu menganalisis persaingan.

Hal ini membantu Anda untuk memahami bagaimana strategi harga yang diterapkan kompetitor, sampai melihat peluang serta ancaman dari setiap gerak-gerik kompetitor. 

Terakhir, research intelligence juga berperan penting dalam segmentasi pasar. Artinya, membantu pembagian pasar untuk suatu produk ke dalam kelompok-kelompok pelanggan dengan kebutuhan dan karakteristik yang teridentifikasi.

Jadi, produk yang ditampilkan kepada pelanggan akan lebih relevan dan dibutuhkan. Hal ini pun menambah peluang agar pelanggan betah berlama-lama di e-commerce Anda sampai melakukan transaksi.

Share :

Related Articles