Meningkatkan User Experience pada E-Commerce dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

20 March 2024 08:48

User Experience (UX) pada e-commerce menjadi faktor penting untuk membuat pelanggan betah berlama-lama dan memutuskan melakukan transaksi. UX yang menyulitkan membuat pelanggan lari dan enggan melakukan pembelian pada e-commerce Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus segera meningkatkan UX Anda agar menjadi lebih baik. Namun, bagaimana cara mengetahui UX seperti apa yang diinginkan pelanggan? Apa saja kendala yang mereka hadapi saat berkunjung ke e-commerce Anda? Untuk menemukan jawaban-jawaban itu, Anda memerlukan suatu produk yang namanya research intelligence. Seperti apa kecerdasan tersebut membantu meningkatkan UX e-commerce? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Baca Juga: Metode Penelitian yang Digunakan oleh UX Researcher

Faktor-Faktor yang Memengaruhi User Experience

Dalam menawarkan pengalaman terbaik untuk pelanggan menjelajahi e-commerce Anda, penting bagi Anda mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi UX. Setidaknya, terdapat 7 faktor yang harus dipenuhi oleh Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kebermanfaatan (Useful)

Kebermanfaatan menjadi faktor penting dalam memengaruhi UX. Saat menggunakan e-commerce Anda, pastikan pelanggan merasakan manfaat dari berbagai tombol atau fitur yang Anda hadirkan.

Kebermanfaatan ini intinya adalah dapat menyelesaikan masalah pengguna pada saat berselancar di e-commerce Anda. Anda harus menghadirkan fitur yang sesuai kebutuhan pelanggan hingga memiliki desain menarik yang mudah dipahami.

  • Aksesibilitas (Accessible)

Aksesibilitas artinya seberapa mudah pelanggan atau pengguna mengakses e-commerce Anda. Misalnya, bagaimana kemudahan mereka dalam melakukan login atau melakukan pencarian produk yang mereka butuhkan.

Kemudahan akses bisa dibuat dalam berbagai bentuk, seperti gambar, teks, dan video, hingga audio. Anda juga bisa menambahkan fitur-fitur yang makin memudahkan akses seperti penggunaan sidik jari, face recognition, sampai scan.

  • Mudah Ditemukan (Findable)

Mudah ditemukan berkaitan dengan penempatan-penempatan tombol atau fitur yang dibutuhkan pelanggan. Jangan sampai pengguna merasa tidak nyaman karena kesulitan menemukan apa yang mereka butuhkan.

Anda harus menampilkan tata letak yang jelas. Tujuannya supaya pelanggan lebih mudah melakukan tindakan yang diinginkan.

  • Dapat Dipercaya (Credible)

Anda harus memastikan bahwa e-commerce Anda dapat dipercaya karena bisa berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, Anda juga harus menjamin produk-produk yang ditampilkan memang sesuai dan tidak ada kebohongan.

Kemudian, keamanan pengguna saat membeli produk Anda di e-commerce juga harus diperhatikan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda bisa membuat pelanggan nyaman dalam menggunakan e-commerce Anda.

  • Memiliki Nilai (Valuable)

Maksudnya, pelanggan atau pengguna harus merasa bahwa e-commerce Anda berharga serta bernilai untuk mereka. Hal ini berkaitan dengan apakah e-commerce Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka atau tidak.

Valuable ini berkaitan dengan nilai emosional, fungsional, hingga nilai sosial. Jadi, saat menggunakan e-commerce Anda, apakah pengguna merasa terpenuhi semua nilai-nilai tersebut? 

  • Mudah Digunakan (Usable)

Usable berhubungan dengan seberapa mudah pelanggan berinteraksi dengan e-commerce Anda. Maksudnya, bagaimana mereka memahami berbagai fitur yang ada sehingga bisa mudah menjelajah.

Jadi, tugas Anda adalah menghadirkan desain atau panduan penggunaan e-commerce yang bisa dipahami dengan baik oleh pelanggan. Pastikan mereka bisa mengingat semuanya sehingga memudahkan penggunaan ke depannya. 

  • Diinginkan Pengguna (Desirable)

Terakhir, desirable berkaitan dengan sisi emosional dari pelanggan atau pengguna. Saat menggunakan e-commerce Anda, pastikan pelanggan merasa senang saat mencari produk, melakukan transaksi, hingga memberikan ulasan.

Hal ini merupakan sesuatu yang diinginkan pengguna. Tidak hanya sekadar mudah, Anda juga harus memberikan tampilan menarik dari segi desainnya. Jadi, pelanggan merasa senang saat menggunakan produk Anda. Dari sini, pelanggan pun akan merasa terikat dengan e-commerce Anda sehingga akan terus menggunakannya.

Cara Research Intelligence Membantu Meningkatkan User Experience pada E-Commerce

Research intelligence dapat membantu meningkatkan UX pada e-commerce dengan berbagai cara. Caranya adalah dengan menyajikan data yang dibutuhkan mengenai pengalaman atau pendapat pelanggan yang telah menjelajahi e-commerce Anda.

Misal, research intelligence mengumpulkan data hasil pengisian survei. Dari survei tersebut akan terlihat bagaimana experience mereka. Anda bisa mengetahui apakah rekomendasi produk yang diberikan telah relevan, kemudahan dalam melakukan transaksi, hingga proses mencari produk yang diinginkan.

Tidak hanya itu, research intelligence juga membantu Anda mencari tahu seberapa puas pelanggan dengan kecepatan loading yang ditawarkan oleh e-commerce Anda. Melalui insight ini, Anda bisa mengukur seberapa cepat e-commerce Anda diakses oleh pelanggan. 

Research intelligence juga bisa memantau ulasan-ulasan pelanggan mengenai produk yang Anda jual di e-commerce. Berdasarkan komentar-komentar pelanggan, Anda dapat mengetahui mengapa mereka membeli produk tertentu. Salah satunya bisa jadi karena deskripsi produk yang jelas dan penempatan katalog produk. 

Setelah mendapatkan insight semacam itu dari research intelligence, Anda pun bisa mengembangkan UX agar produk-produk yang ditampilkan lebih menarik bagi pelanggan. Hal tersebut dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk Anda.

Terakhir, research intelligence juga dapat membantu meningkatkan personalisasi pelanggan. Jadi, pelanggan bisa berselancar di e-commerce Anda dengan nyaman karena apa yang ditampilkan sangat relevan bagi mereka.

Kesimpulannya, research intelligence dapat membantu meningkatkan user experience dengan menyediakan data-data mengenai kebutuhan serta keinginan mereka berdasarkan pendapat yang diutarakan. Dari sini, Anda dapat mengetahui apa yang kurang dan harus ditingkatkan serta diperbaiki dari UX Anda.

Tertarik untuk mencoba research intelligence? Yuk, segera tingkatkan user experience Anda di sini dan tingkatkan penjualan produk Anda.

Share :

Related Articles