Manfaat Media Intelligence untuk Manajemen Krisis Industri E-Commerce

Cahaya Muslim

25 March 2024 04:19

Dalam menjalankan sebuah bisnis, khususnya pada bidang e-commerce, pastinya akan ada krisis-krisis yang dialami. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memahami bagaimana cara manajemen krisis yang tepat.

Tujuannya, agar krisis tidak makin membesar dan memperburuk citra e-commerce Anda. Sebab, hal tersebut akan memengaruhi kepercayaan pengguna sehingga berdampak pada keuntungan yang didapatkan.

Bagaimana cara agar manajemen krisis yang dilakukan tepat? Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemantauan menggunakan media intelligence? Seperti apa penjelasannya? Simak di bawah sini!

Baca Juga: 10 Kekuatan Media Monitoring untuk Manajemen Reputasi

Cara Menangani Krisis

Sebelum masuk dalam penjelasan peran media intelligence, mari membahas cara menangani krisis secara umum. Seperti diketahui, setiap perusahaan atau bisnis pastinya mengalami masalah.

Apabila tidak ditangani dengan baik, masalah itu bisa membesar dan menjadi krisis yang merugikan perusahaan. Sebenarnya, bagaimana cara menangani krisis? Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

  • Mengidentifikasi Penyebab Masalah

Krisis tidak mungkin terjadi begitu saja. Tentunya, ada masalah yang menjadi dasar mengapa semua itu terjadi. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebab masalah terlebih dahulu.

Hal ini agar Anda tidak salah dalam mengambil langkah ke depan. Kemudian, pemahaman masalah yang tepat juga membuat penyelesaian masalah lebih efektif.

  • Menyusun Strategi 

Berikutnya, Anda bisa menyusun strategi untuk menanggapi krisis yang terjadi. Alasan mengapa penting melakukan ini agar Anda tidak membuat kesalahan yang lebih besar.

Tidak sedikit brand yang bermaksud meredam krisis, tetapi karena tidak punya rencana yang matang, justru menjadi blunder bagi mereka sendiri. Krisis justru makin membesar karena audiens tidak menyukai cara brand dalam menanggapi krisis.

  • Mendengarkan Pengguna dan Mengedepankan Keterbukaan

Terakhir, Anda harus mendengarkan audiens atau pengguna produk serta layanan bisnis Anda. Sebab, mereka mengerti kekurangan dari produk Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengedepankan keterbukaan.

Jadi, saat krisis menghampiri, solusinya bukan dengan menghilang dari hadapan pengguna atau abai terhadap apa yang terjadi. Hal ini justru memperluas cakupan masalah. 

Intinya, dalam menangani krisis, penting untuk memahami isu apa yang menjadi penyebabnya. Namun, seperti diketahui, memantau isu secara manual tidaklah mudah. Oleh sebab itu, Anda memerlukan bantuan media intelligence. Yuk, baca sampai habis untuk memahami peran media intelligence.

Peran Media Intelligence dalam Manajemen Krisis

Media intelligence adalah kegiatan pengumpulan hingga menganalisis banyak data atau informasi dari berbagai media, seperti media sosial atau media massa. Melalui kecerdasan media ini, Anda bisa mendapatkan insight berharga yang bisa dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan.

Lalu, bagaimana kaitannya manajemen krisis dengan media intelligence? Salah satu kaitannya adalah media intelligence bisa membantu mengetahui ancaman-ancaman yang kemungkinan terjadi ke depannya.

Hal ini berdasarkan dari pemberitaan di media online, pendapat-pendapat netizen di media sosial, dan sebagainya. Jadi, Anda bisa mencegah sebelum krisis besar terjadi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meredam krisis yang telanjur menyebar dengan menggunakan media intelligence.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi responsif seperti aktif di media sosial atau manajemen pemberitaan. Anda dapat membuat program, klarifikasi, atau semacamnya yang memengaruhi pengguna agar fokus terhadap cara Anda berusaha menjadi lebih baik dengan penyelesaian masalah.

Media intelligence juga memiliki fitur untuk mengetahui sentimen dari setiap pemberitaan dan komentar serta postingan audiens. Jadi, Anda bisa mengetahui kepuasan pelanggan terhadap e-commerce Anda serta memahami sentimen negatif apa yang mendominasi. Hal ini membantu Anda mencari tahu kekurangan dari e-commerce Anda sehingga bisa dengan cepat memperbaikinya.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba media intelligence sebagai alat bantu manajemen krisis e-commerce? Yuk, klik di sini untuk segera mencobanya.

Share :

Related Articles