Lakukan ini untuk Meningkatkan Jumlah Followers Secara Organik

Cahaya Muslim

24 July 2024 09:08

Image

Jumlah followers media sosial dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda. Namun, bukan berarti Anda harus menaikkan followers dengan cara yang instan atau tidak sah.

Hal tersebut justru membuat akun Anda tidak profesional. Sebab, banyak sekali kasus ketika jumlah followers tinggi, tetapi tingkat keterlibatan pada setiap postingan (Likes, comment, dan shares) sangat rendah.

Tentunya, Anda ingin merebut perhatian audiens agar mereka ingin membeli produk atau menggunakan layanan setelah mengunjungi media sosial Anda.

Meningkatkan jumlah followers secara organik adalah strategi jangka panjang yang berfokus pada keterlibatan autentik dan pertumbuhan alami. Tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga memastikan bahwa pengikut Anda benar-benar tertarik dan terlibat dengan konten yang Anda bagikan.

Baca Juga: Cara Jitu Mengembangkan Akun Tiktok

Cara Meningkatkan Jumlah Followers Secara Organik

Cara  meningkatkan jumlah followers mencakup hal-hal seperti pembuatan konten dan bagaimana optimasi dilakukan. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengoptimalkan Profil Anda

Profil yang menarik dan informatif dapat menarik pengikut baru. Jelaskanlah siapa diri Anda secara jelas. Anda bisa memastikan foto profil dan bio Anda agar mencerminkan identitas brand Anda dengan jelas. Selain itu, gunakan tautan di bio untuk mengarahkan pengunjung ke situs web atau landing page khusus.

2. Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Ada istilah content is king dalam dunia media sosial. Untuk menarik followers secara organik, pastikan konten Anda relevan dengan minat dan kebutuhan target audiens. Selain itu, tonjolkanlah kreativitas, baik dalam visual maupun narasi. Posting secara rutin untuk mempertahankan keterlibatan audiens.

3. Kolaborasi dengan Influencer dan Brand Lain

Kolaborasi dapat membantu memperkenalkan akun Anda kepada audiens yang lebih luas. Pilihlah influencer yang memiliki audiens mirip dengan target pasar Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berkolaborasi dengan brand yang memiliki nilai dan audiens serupa sehingga bisa saling menguntungkan.

4. Mengadakan Kontes dan Giveaway

Kontes dan giveaway dapat meningkatkan keterlibatan. Agar cara ini bisa berhasil, Anda harus membuat syarat partisipasi yang mendorong audiens untuk mengikuti akun Anda. Selain itu, tawarkanlah hadiah menarik bagi audiens.

5. Memantau Insight Perkembangan Akun Secara Berkala

Terakhir, Anda bisa memantau insight perkembangan akun yang disediakan di media sosial secara berkala. Dari insight tersebut, Anda akan mengetahui konten-konten seperti apa yang disukai audiens. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat konten seperti apa yang bisa menarik jangkauan serta membuat audiens memfollow akun Anda. 

Kesimpulannya, meningkatkan jumlah followers secara organik memerlukan usaha dan waktu yang tidak sebentar. Pastikan Anda konsisten dalam melakukan posting dan terus melakukan evaluasi secara berkala.

 

Share :

Related Articles