Ekspos Tertinggi Rakernas Nasdem dan PDIP

Bayu Septian

22 June 2022 08:29

Isometric illustration vector created by macrovector - www.freepik.com

Menjelang pemilihan umum Calon Persiden (Capres) 2024, sejumlah partai politik menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Partai Nasdem lebih dahulu menggelar Rakernas pada 16 Juni 2022, lalu disusul oleh PDIP yang menyelenggarakan Rakernas pada 21 Juni 2022.

Terdapat isu yang sedang ramai diberitakan terkait Rakernas kedua partai tersebut, salah satunya adalah kandidat Capres yang disiapkan untuk Pemilu 2024.

Baca Juga: Agenda Makan Siang Presiden dan Ketum Parpol dalam Ruang Media

Analisis Kazee Media Monitoring

Berangkat dari Hal tersebut, Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan big data mencoba membandingkan ekspos pemberitaan terkait Rakernas Nasdem dan PDIP menggunakan , dalam periode 12-22 Juni 2022.

Komparasi Ekspos Pemberitaan Rakernas

Kazee Media Monitoring

Dalam komparasi ekspos pemberitaan dengan kurun waktu 10 hari terakhir.

Terlihat bahwa ekspos pemberitaan terkait rapat kerja nasional (Rakernas) Nasdem yang digelar pada 16 Juni 2022 lebih banyak ketimbang ekspos pemberitaan Rakernas PDI Perjuanngan yang digelar pada 21 Juni 2022.

Komparasi Isu Pemberitaan

  • Rakernas Partai Nasdem

Ada beberapa isu yang berkembang terkait Rakernas Partai Nasdem, namun pemberitaan terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung oleh partai Nasdem menjadi pemberitaan dengan ekspos tertinggi dengan bobot 36% dibanding isu lainnya.

  • Rakernas Partai PDIP

Sama seperti Partai Nasdem, Rakernas Partai PDIP pun terdapat beberapa isu pemberitaan yang tersebar disepanjang jalannya rapat.

Isu yang memiliki ekspos tertinggi yakni terkait Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang secara tegas mengancam para kader partainya jika melakukan manuver politik.

Banyak yang beranggapan bahwa isu tersebut muncul sebagai bentuk sindirian terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Komparasi Sentimen Rapat Kerja Nasional

Berikut ini merupakan grafik pie sentimen pemberitaan secara keseluruhan dalam periode yang telah ditentukan. Dari grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa Rakernas yang dilakukan oleh kedua partai (Nasdem dan PDIP) didominasi oleh sentimen positif.

Kazee Media Monitoring

Tokoh Yang Paling Disorot Dalam Rapat Kerja Nasional

Berikut merupakan top person atau tokoh yang paling banyak diberitakan oleh media terkait rapat kerja nasional yang dilakukan oleh masing-masing partai politik.

Share :

Related Articles