Agenda Makan Siang Presiden dan Ketum Parpol dalam Ruang Media

Bayu Septian

18 June 2022 01:35

Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo mengadakan makan siang bersama para ketua umum partai politik di Indonesia pada Rabu (15/6). Dilansir dari CNBC, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa presiden Jokowi mengundang sejumlah petinggi partai politik guna membahas konsolidasi politik untuk menghadapi sejumlah tantangan global kedepan.

Sekilas tentang konsolidasi politik

Kata konsolidasi dalam KBBI memiliki arti sebagai perbuatan (hal dan sebagainya) memperteguh atau memperkuat (perhubungan, persatuan, dan sebagainya). Konsolidasi politik yang sedang diupayakan oleh Presiden Joko Widodo dan juga beberapa ketua parpol merupakan sebuah upaya untuk memperkuat hubungan antar partai agar bisa terbentuk kekuatan untuk menghadapi tantangan global.

Baca Juga: Surya Paloh Soal Anies Baswedan Paling Banyak Divoting Saat Rakernas Nasdem

Di sisi lain, berdekatan dengan waktu pemilu 2024, berbagai partai politik harus melakukan konsolidasi agar melakukan kompetisi yang sehat dalam memenangkan pemilu.

Berangkat dari hal tersebut, Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan big data mencoba memetakan data terkait makan siang presiden dan ketum parpol yang tersebar di media pemberitaan maupun media sosial.

Analisis yang dilakukan menggunakan bantuan sistem media monitoring yang menghimpun sebaran data melalui query yang diinginkan yang kemudian diolah menjadi sebuah kesimpulan. Periode analisis dilakukan dari tanggal 10 - 17 Juni 2022.

Baca Juga: Media Monitoring : Definisi, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

Analisis Media Monitoring Agenda Makan Siang Presiden dan Ketum Parpol

Berikut merupakan hasil data yang terdapat pada sistem media monitoring Kazee. Terdapat pergerakan data, jumlah data, top keywords, sample pemberitaan, top person, dan top organization yang paling banyak diperbincangkan di media serta redaksi yang paling banyak memberitakan isu terkait hal ini.

Pergerakan Data

Gambar di atas merupakan pergerakan data terkait agenda makan siang presiden bersama para ketum parpol. Periode puncak sorotan berita terdapat pada tanggal 15 Juni 2022 sama dengan waktu agenda makan siang tersebut. Total data pada tanggal 15 Juni adalah 324 data.

Jumlah Data

Berdasarkan data di atas, terdapat total data sebanyak 594 data yang tersebar di media pemberitaan, twitter dan youtube.

Top Keywords

Berikut adalah kata kunci yang paling banyak dicari terkait acara makan siang ketum parpol bersama presiden

Sampel Pemberitaan

Politisi PKB Yakin Tiga Koalisi Besar Akan Bertarung di Pilpres 2024

Adanya indikasi tiga koalisi mencuat usai pertemuan Presiden Joko Widodo bersama ketua partai Politik di Istana Negara saat reshufle kabinet. Muncul KIB , Gerindra dan PKB serta PDIP-Nasdem semakin kuat menuju Pilpres 2024. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yanuar Prihatin melihat adanya indikasi tiga koalisi dengan latar belakangnya ada di koalisi besar Jokowi yang isinya Parpol yang berada di kekuasaan.

Hadiri Jamuan Makan Bersama Jokowi, Surya Paloh Tegaskan Tak Ada Reshuffle Lanjutan

Ketua Umum NasDem Surya Paloh menegaskan tidak ada pembahasan perihal reshuffle dalam agenda Makan Siang bersama antara Presiden Jokowi dengan sejumlah petinggi partai Politik di Istana pada Rabu (15/6/2022). Paloh juga membantah, bila dalam Makan Siang tersebut ada obrolan perihal kemungkinan reshuffle lanjutan pada waktu mendatang.

Jokowi Duduk Berhadapan dengan Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terlihat duduk berhadapan saat Makan Siang bersama ketua umum partai Politik koalisi lainnya di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Pengamat Politik Arif Nurul Imam mengartikan posisi duduk Jokowi dan Prabowo sebagai bentuk kedekatan khusus yang terjadi diantara keduanya.

Airlangga Makan Siang Dengan Jokowi, Bahas Konsolidasi Politik

Sebelum memghadiri pelantikan 2 menteri dan 3 wakil menteri, sejumlah ketua umum partai Politik dijamu Makan Siang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ruang presidensial launch, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022). Salah satu Ketum partai Politik yang mengikuti jamuan Makan Siang tersebut adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Airlangga mengatakan dalam jamuan Makan Siang tersebut, ia bersama ketua umum partai Politik dan Jokowi membicarakan konsolidasi Politik, yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan global.

Prediksi All Jokowi's Men di Perebutan Kursi Panas Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat Makan Siang bersama ketujuh Ketum Parpol pendukung pemerintah di Istana sebelum melantik dua menteri baru dan tiga Wamen. Setelahnya, mereka berjalan beriringan menuju ruang pelantikan. Posisi jalan ketujuhnya yang berjalan bersama disebut menjadi kode untuk Pilpres mendatang.

Top Person

Bagan di bawah merupakan hasil olah media monitoring terkait tokoh yang paling banyak dibicarakan selama periode analisis berlangung

Top Organisation

Berikut merupakan organisasi yang paling banyak dibicarakan

Top Redaksi

Redaksi yang paling banyak menyebarkan data terkait makan siang presiden dengan ketum parpol

Kesimpulan

Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pertemuan antara presiden Joko Widodo beserta ketua partai politik merupakan salah satu agenda dalam upaya konsolidasi politik untuk menghadapi tantangan global ke depan. Kemudian, terdapat beberapa isu juga terkait pilpres 2024 dan reshuffle kabinet yang baru saja dilakukan oleh Presiden.

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220615140415-8-347308/menko-airlangga-ungkap-obrolan-di-jamuan-makan-siang-jokowi

https://kbbi.web.id/konsolidasi

Share :

Related Articles