Warganet kembali ramai membahas isu kebocoran data negara yang dibobol hacker hingga datanya diposting di sebuah forum internet. Kali ini hacker mengklaim telah mempunyai surat-surat yang ditujukan ke Presiden Joko Widodo.

Kabar ini ramai dibahas di Twitter. Salah satu akun Twitter memposting tangkapan layar (screenshot) dari sebuah forum internet.

Dalam screenshot tersebut, ditampilkan akun bernama Bjorka yang mengklaim mempunyai surat dan dokumen untuk presiden dalam periode 2019-2021. Akun itu mengklaim dokumen yang dibobolnya itu termasuk koleksi surat-surat dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang berlabel rahasia.

Mengutip dari pemberitaan media, Juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, menepis kabar dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden telah bocor. Dia menyatakan kabar dokumen BIN dibobol hingga diposting di forum internet tersebut sebagai kabar bohong (hoax).

Kebocoran data di Forum Hacker juga memuat data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate diduga disebar via akun Telegram

Bagaimana data media monitoring mengenai keriuhan kebocoran data di Forum Hacker ? Isu apa saja yang menjadi perbincangan dan menjadi pemberitaan? Mari simak selengkapnya dalam artikel ini!

Analisis Media Monitoring

Ragam isu pemberitaan menyoroti keriuhan kebocoran data di Forum Hacker. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama pematauan  4 – 10 September 2022.

Baca Juga: Ragam Isu Demo Tolak Kenaikan BBM

Dalam pantauan 4 – 10 September 2022, data bergerak fluktuatif dengan puncak ekspos tertinggi pada pemantauan ini ada pada tanggal 7 dan 10 September 2022, adapun isu yang mempengaruhi yakni:

Sebaran Isu

Dokumen BIN yang dilabeli rahasia untuk presiden diduga dibocorkan oleh Bjorka

Isu utama tertuju pada bahasan yang kembali ramai yakni isu data negara yang dibobol hacker hingga datanya diposting di sebuah forum internet. Kali ini hacker mengklaim telah mempunyai surat-surat yang ditujukan ke Presiden Joko Widodo. Kabar ini ramai dibahas di Twitter. Salah satu akun Twitter memposting tangkapan layar (screenshot) dari sebuah forum internet.

Dalam screenshot tersebut, ditampilkan akun bernama Bjorka yang mengklaim mempunyai surat dan dokumen untuk presiden dalam periode 2019-2021. Akun itu mengklaim dokumen yang dibobolnya itu termasuk koleksi surat-surat dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang berlabel rahasia.

Bjorka kembali menjual 105 juta data kependudukan warga

Selanjutnya isu tertuju pada 105 juta data kependudukan warga Indonesia diduga kembali bocor dan dijual di Breached Forums oleh pengguna bernama Bjorka. Sebelumnya, Bjorka juga yang membocorkan data pelanggan IndiHome dan menjual 1,3 miliar nomor ponsel dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Indonesia dari Kementerian Kominikasi dan Informatika. Kali ini, dia menjual 105 juta data kependudukan warga Indonesia yang diduga milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Adapun disebutkan dalam pemberitaan bahwa KPU akan bekerja sama dengan Polri untuk mengusut kasus dugaan penjualan 105 juta data pemilih milik KPU oleh Bjorka di Breached Forums.

Hacker Bjorka menyindir Kominfo

Isu ketiga berkaitan dengan Hacker bernama Bjorka mengirim pesan menohok yang dialamatkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait dugaan kebocoran data registrasi SIM card prabayar. Disampaikannya dalam bahasa Inggris agar Kominfo “STOP BEING AN IDIOT” atau berhenti menjadi bodoh

Hacker Bjorka Sebar Data Pribadi Menkominfo Johnny G Plate

Selanjutnya gliran data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate diakses dan disebar ke media sosial oleh hacker atau peretas Bjorka. Peretasan dan penyebaran data tersebut diduga dilakukan per hari ini, Sabtu, 10 September 2022, saat Johnny Plate berulang tahun ke-66

BIN Bantah Hacker Bjorka yang Klaim Sukses Retas Ribuan Surat untuk Presiden Jokowi

Terkait dengan isu dugaan bocornya dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden, Juru bicara BIN Wawan Hari Purwanto menepis kabar dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden telah bocor. Dia menyatakan kabar dokumen BIN dibobol hingga diposting di forum internet tersebut sebagai kabar bohong (hoax).

Trending Tagar dan Kata Kunci Terkait Kebocoran Data

Kata Kunci Bjorka, Kebocoran dan Kominfo serta tagar #batakankenaikanbbm paling besar dan banyak digunakan warganet dan pemberitaan secara luas. Hal tersebut merujuk pada perbincangan dan pemberitaan kebocoran data dalam sepekan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *