Sorotan Media Pada Forum B20 Summit Bali

Bayu Septian

20 November 2022 04:57

Konferensi Business 20 atau B20 Summit 2022 resmi digelar di Bali pada 13-14 November 2022. Sejumlah tokoh bisnis dunia dan artis internasional akan hadir dalam ajang ini.

Dikutip dari website DPR RI, B20 sendiri adalah forum dialog resmi yang menjadi bagian dari KTT G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa. Busineess 20 Summit Indonesia digelar selama dua hari oleh Kamar Dagang Indonesaia (KADIN) atas perintah Pemerintah Indonesia selaku Presidensi G20 2022.

Artis Hollywood Anne Hathaway juga akan menjadi salah satu pembicara di forum tersebut. Anne akan mewakili PBB sebagai UN Women Goodwill Ambasador.

Diketahui, Business 20 Summit dihadiri oleh ribuan delegasi serta pemimpin bisnis dunia dari puluhan negara, sekaligus menjadi puncak rangkaian kegiatan Presidensi B20 Indonesia yang telah dimulai simultan sejak Inception Meeting pada bulan Januari 2022.

Fokus dari kelompok ini adalah untuk menjadi forum kerja sama ekonomi multilateral yang mengikutsertakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia.

Analisis Media Monitoring

Berangkat dari hal tersebut Kazee Digital Indonesia mencoba menganalisa data yang berkembang di media sosial dan media online selama periode 12-15 November 2022 terkait topik Business 20 menggunakan sistem media monitoring.

Ekspos Data B20

Puncak ekspos terjadi pada tanggal 14 November 2022. Sorotan tertuju pada pemadaman listrik di rumah orang terkaya dunia yaitu Elon Musk. Hal itu terlihat saat CEO baru Twitter tersebut menghadiri acara B20 Summit secara virtual dengan keadaan gelap gulita dan dikelilingi lilin.

Analisis Sentimen

Kazee Media Monitoring

Perbincangan media sosial serta Pemberitaan di media online terkait gelaran hal ini didominasi oleh sentimen positif. Beberapa isu diantaranya yakni:

Sentimen Positif:

  • Indonesia Luncurkan Global Blended Finance Alliance dalam THK Forum 2022.
  • Dari B20, Jokowi Titipkan Pesan agar UMKM Naik Kelas
  • Hyundai Gencar Suarakan ‘Energi Terbarukan’ di B20 Summit 2022

Sentimen Negatif: - Rumah Elon Musk Mati Lampu Saat Virtual Business 20 Bali.

  • Dalam G20 Summit, Sri Mulyani Sebut Kondisi ekonomi dunia terus memburuk.

Ragam Isu

Elon musk batal hadir di Bali mendapatkan ekspos tertinggi. Batal hadirnya Elon Musk membuat Anindya Bakrie bertanya langsung ke Elon Musk saat dialog dengan tema 'Navigating Future Distruption of Global Technological Innovation' itu. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh pengusaha kaya asal Amerika Serikat (AS). Dia mengatakan bahwa pekerjaan dirinya kini semakin bertambah banyak.

Kazee Media Monitoring

Tokoh Teratas

Elon Musk, Joko Widodo, dan Luhut Binsar Panjaitan menjadi tiga tokoh teratas yang namanya paling banyak disebutkan baik dalam perbincangan media sosial, maupun dalam pemberitaan media online terkait Business 20 Summit 2022 di Bali.

Tren Kata Kunci Populer

Kata ‘B20’, ‘Summit’, ‘G20’, ‘Ekonomi’ dan sebagainya menjadi kata terbanyak yang disebut dalam konten pemberitaan maupun media sosial terkait fokus pantauan B20 selama periode analisis. Isu yang berkembang berdasarkan kata kunci tersebut diantaranya terkait;
·        Task Force FoWE B20 Indonesia Dukung Inklusivitas dan Persiapan Transisi ke Sektor Masa Depan.
·        Sandiaga Uno Ajak Para Tamu B20 Kunjungi Wisata Unggulan RI.
·        Ketidapastian Global Jadi Isu B20, Para CEO Perusahaan Harus Prioritaskan Hal Ini.

Tren Tagar Populer

Selain itu, #5PArsjadRasjidB20, #KTTG20, #B20, #B20Summit aktif digaungkan di media sosial selama empat hari terakhir, antara lain berkaitan dengan:
·        Ketum Kadin Gaungkan 5P ke Peserta B20 Summit, Pilar 5P terseubt merupakan akronim dari peace (perdamaian), prosperity (kesejahteraan), people (masyarakat), planet (bumi), dan partnership (kemitraan).
·        B20 Investment Forum merupakan salah satu dari rangkaian B20 Summit Indonesia 2022. Pada kesempatan tersebut, @ridwankamil memaparkan potensi investasi Jawa Barat, yakni di kawasan Rebana, termasuk Aerocity Kertajati.
Share :

Related Articles