Atensi Media Tertuju Pada Musibah Emmeril Khan di Sungai Aaer Swiss

Bayu Septian

31 May 2022 07:47

Photo by Tim Bernhard on Unsplash

Anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, atau Eril mendapatkan atensi publik setelah ramai diperbincangkan warganet karena hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Kamis (26/5).

Mengutip dari laman resmi kemlu.go.id, pencarian Eril hingga Minggu (29/5) pukul 09:00 masih berlanjut disepanjang sungai Aare dan pencarian telah mengerucut pada lokasi yang dinilai paling potensial di wiliyah Marzili.

Hingga hari ini (30/5) pukul 11:00 belum ada informasi dari KBRI di Bern terkait Eril sudah ditemukan atau belum. Namun pencarian terus berlangsung.

Beberapa media menyebutkan bahwa kejadian orang hanyut saat berenang di Sungai Aare tidak hanya kali ini saja.

Menurut the local, pada sekitar tahun 2018, ada 41 orang tenggelam di Swiss dengan 31 korban di antaranya laki-laki.

5 Fakta Unik Sungai Aare

Terlepas dari kejadian tersebut, ada fakta unik yang coba kami ulas dari berbagai sumber, berikut Fakta Uniknya.

Sungai Terpanjang di Swiss

Sungai Aare merupakan sungai terpanjang di Swiss., panjangnya mencapai 295 Km.

Sungai ini mengalir dari Kanton Bern, mengalir melewati Brienzersee dan Thunersee, lalu bertemu dengan sungai Rhein di dekat kota Waldshut, Jerman.

Berenang di Sungai Aare Menjadi Sebuah Tradisi

Dikutip dari Wikipedia, Sejak dahulu kala banyak masyarakat dan turis yang melakukan kegiatan berenang dan arum jeram di sungai Aare.

Bahkan, pada tahun 2012 rekor arum jeram dipecahkan disana, dengan ada sekitar 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai tersebut dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz.

Temperatur Air yang Rendah

Sungai Aare diketahui memiliki temperatur yang cukup dingin, yaitu sekitar 14 derajat Celsius. Temperatur tersebut dipengaruhi oleh suhu udara sekitar, intensitas cahaya matahari, dan angin pada danau Thun yang menyebabkan sirkulasi air di sungai Aare. Bulan Februari menjadi bulan dengan temperatur terdingin di sungai Aare yakni dengan rerata sekitar 5,35 derajat Celsius.

Warisan Budaya Tak benda Swiss

Sejak 2017, berenang di Sungai Aare masuk dalam daftar tradisi hidup UNESCO dan merupakan warisan budaya tak benda Swiss.

Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.

Berasal dari Pegunungan Alpen

Ternyata air sungai Aare yang mengaliri Bern berasal dari air lelehan glasial di Pegunungan Alpen. Saat musim panas suhunya 15-22 derajat Celsius.

BACA JUGA:

Atensi Media Tertuju Pada Banjir Rob Semarang

Analisis Media Monitoring Perihal Musibah Emmeril Khan Mumtadz

Berangkat dari atensi masyarakat yang tertuju pada pemberitaan hilangnya putra sulung Ridwan Kamil tersebut,

Kazee melalui sistem media monitoring mencoba memetakan data terkait isu, tokoh dan organisasi yang paling banyak disoroti media terkait hal ini.

Dalam hal ini periode analisis dilakukan dalam kurun waktu 4 hari terakhir sejak Eril pertama kali dinyatakan menghilang yakni 26-30 Mei 2022.

Komposisi Isu Keseluruhan Terkait Musibah Emmeril Khan Mumtadz

Kazee Media Monitoring

Hilangnya putra sulung Ridwan Kamil menjadi trending topik ditwitter hingga minggu 30 Mei 2022.

Musibah yang menimpa Emmeril Khan Mumtadz membuat masyarakat dan para tokoh khususnya di Indonesia mendoakan agar Eril segera ditemukan.

Selain itu, warganet pun semakin penasaran, karena Eril belum juga ditemukan meski sudah 4 hari pencarian dilakukan oleh Tim SAR Swiss dan pihak lain yang terlibat.

Top Person Terkait Musibah Eril

Tiga nama seperti, Emmeril K Mumtadz, Ridwan Kamil, dan Elpi Nazmuzama menjadi nama yang paling banyak disebutkan dan dimention netizen di media sosial maupun media online.

Top Organisasi

Tim SAR Swiss, menjadi top organisasi dalam periode analisis 26-30 Mei 2022.

Tim SAR Swiss sering dimention netizen di media sosial dan pemberitaan media karena Tim SAR Swiss merupakan organisasi yang melakukan Tindakan pencarian terhadap anak Ridwan Kamil tersebut,

Dengan demikan kata Tim SAR Swiss banyak di mention netizen, karena netizen berharap Tim SAR Swiss segera menemukan Emmeril Khan Mumtadz.

Sample Cuitan Netizen di Twitter

Cuitan diatas merupakan bentuk dukungan dari masyarakat yang mendoakan Emmeril Khan Mumtadz anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil agar segera ditemukan dalam keadaan sehat walafiat.

Share :

Related Articles