Atensi Media Tertuju Pada Banjir Rob Semarang

Bayu Septian

24 May 2022 04:22

Foto: Okezone.com

Salah satu sorotan di media baru-baru ini tertuju pada Banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Mengutip pemberitaan media, terjangan air diperparah oleh tanggul jebol di kawasan  tersebut. Akibatnya, aktivitas karyawan di perusahaan sekitar pelabuhan harus dihentikan.

Adapun Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudussy mengatakan puncak ketinggian air laut yang menyebabkan banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah akan terjadi pada Selasa (24/5) hari ini.

Ragam isu pemberitaan serta sample cuitan warganet turut menyoroti Banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama sepekan terakhir.

Baca Juga: Fenomena Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak

Kerawanan Banjir Rob

Mengutip sumber dari Kanal Kebencanaan Geografi UGM, Kota Semarang merupakan salah satu daerah yang terletak di wilayah kepesisiran, secara administratif merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang strategis menyebabkan perkembangan kota menjadi sangat pesat.

Tingginya jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang pesat menjadi faktor pendorong terjadinya alih fungsi lahan, reklamasi pantai, dan pembangunan sarana industri yang arah pembangunannya cenderung menjorok ke laut.

Munculnya aktifitas tersebut menyebabkan terjadinya degradasi lingkungan di Kota Semarang, seperti banjir rob, land subsidence, dan perubahan garis pantai.

Analisis Media Monitoring

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu dan sampel isu yang menjadi pemberitaan dan perbincangan pada masyarakat luas.

Sebaran Data

Dalam pantauan 18 – 24 Mei 2022, data bergerak dengan akumulasi pada platform twitter sebayak 1.254 kicauan dan pemberitaan media online sebanyak 1.182 artikel.

Adapun puncak ekspos tertinggi dibincangkan pada tanggal 23 Mei 2022 pada media online, sebaran isu utama tertuju pada liputan Banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Sementara pada linimasa titik ekspos tertinggi ada pada tanggal 24 Mei 2022 terkait dengan cuitan-cuitan warganet yang melapor kepada Ganjar Pranowo kejadian banjir yang melanda Semarang.

Sebaran Isu

Polisi dan Petugas Gabungan Evakuasi Karyawan PT Lamicitra

Isu utama tertuju pada Tim SAR gabungan mengevakuasi karyawan hingga masyarakat imbas Banjir Rob di kawasan berikat PT. Lamicitra di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi mengimbau kepada masyarakat dan pekerja di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas Semarang agar tetap berhati-hati dalam beraktivitas.

Dorongan Warganet Agar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Segera Mengatasi Banjir

Selanjutnya isu tertuju pada cuitan-cuitan warganet pada linimasa twitter. Akun politisi @fadlizon memberikan doa dan harapan agar banjir rob Semarang dan sekitarnya segera surut.

https://twitter.com/fadlizon/status/1528877332462571522

Akun-akun dengan menyertakan tagar #SahabatGanjar dan #GanjarPranowo memberikan informasi bahwa Rob tinggi akibatkan tanggul jebol & banjir di kawasan pelabuhan Tanjung Emas, tindakan awal penanganan segera menurunkan karung pasir dan pompa air.

https://twitter.com/Urrangawak/status/1528890483505647616

Terdapat pula cuitan-cuitan yang diarahkan narasinya secara politis, menyinggung isu pencalonan Capres 2024 Ganjar Pranowo dkaitkan dengan kejadian Banjir Rob Semarang.

https://twitter.com/Dzulqifli_Basra/status/1528877244461920256

BPBD Jateng Kerahkan Tim untuk Posko dan Dapur Umum di Daerah Terdampak Banjir Rob Pantura

Isu selnjutnya merupakan narasi positif yang datang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah yang telah mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Berkoordinasi dengan BPBD kota/kabupaten terdampak, tim itu  siaga di posko hingga dapur umum.

Puncak Banjir Rob Semarang Diprediksi Terjadi Hari Ini (24/05/2022)

Adapun pada hari ini media mengabarkan bahwa puncak ketinggian air laut yang menyebabkan banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah bakal terjadi pada Selasa (24/5) ini. Adapun informasi tersebut dibagikan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudussy kepada media.

Tren Tagar dan Keyword

Tagar #ganjarpranowo, #semarang dan Kata Kunci Banjir, Rob, Tanggul menjadi paling besar dan banyak digunakan warganet secara luas. Hal tersebut merujuk pada cuitan-cuitan dan liputan langsung kejadian Banjir Rob di Semarang.

Share :

Related Articles