Demo Buruh Dalam Perspektif Media

Bayu Septian

16 October 2022 12:47

Image by Freepik

Aksi demo yang dilakukan serikat buruh di berbagai tempat di Indonesia masih berlangsung hingga saat ini.

Massa dari elemen buruh telah melakukan serangkaian aksi demonstrasi yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober dan 12 Oktober 2022 di berbagai daerah di Indonesia.

Adapun rangkaian aksi unjuk rasa yang dilakukan merupakan sikap untuk menolak kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan masyarakat khususnya bagi para buruh.

Dalam aksi ini, beberapa elemen buruh yang tergabung dalam Partai Buruh menuntut enam permintaan, dan Presiden Partai Buruh Said Iqbal, berjanji akan turun kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih besar bila tuntutan para buruh tidak terpenuhi.

Kazee Digital Indonesia dengan menggunakan sistem media monitoring memetakan isu yang tersebar di media terkait demo serikat buruh.

Isu apakah yang paling banyak diperbincangkan di media terkait aksi demo serikat buruh? daerah mana saja yang memiliki ekspos tertinggi terkait isu tersebut?

Simak selengkapnya pada artikel berikut!

BACA JUGA

Tragedi Stadion Kanjuruhan Dalam Pantauan Media Monitoring

Media Monitoring Aksi Demo Buruh

Dalam periode 9-13 Okotber 2022 terdapat 705 perbincangan serta pemberitaan media massa terkait demo yang dilakukan oleh elemen buruh.

Dalam pergerakan data tersebut, puncak ekspos terjadi pada tanggal 12 Oktober dengan total ekspos sebanyak 332 data.

Komposisi Isu Demo Buruh

Kazee Media Monitoring

6 tuntutan buruh menjadi isu yang paling banyak dibincangkan dalam analisis media monitoring. Adapun 6 tuntuntan tersebut yakni:

  • Kenaikan Upah Buruh
  • Tolak PHK Massal
  • Mewujudkan Reformasi Agraria Sejati
  • Turunkan harga BBM
  • Mencabut UU Cipta Kerja
  • Mengesahkan RUU PPRT

6 Tuntutan Buruh Yang Paling Banyak Dibincangkan

Menaikan Upah, Turunkan Harga BBM, dan Tolak PHK menjadi tiga tuntutan yang memiliki ekspos tertinggi dalam pantauan media monitoring

Analisis Lokasi

Secara demografi, Provinsi Sumatera Utara dan Kepulauan Riau menjadi provinsi yang paling banyak disebutkan terkait demo buruh. Adapun isu diantaranya:

  • Polrestabes Medan Secara Humanis, Unras Buruh di DPRD Sumut Berjalan Kondusif
  • Serikat Buruh Batam Gelar Konvoi dan Demo di Graha Kepri

Tren Kata Kunci dan Tagar

Keyword dan tagar diatas merupakan yang paling banyak digunakan terkait Demo Buruh yang mendorong data perbincangan dan pemberitaan.  

Share :

Related Articles