Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Pendidikan dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

23 February 2024 07:30

Memahami cara mengukur kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan dapat membantu Anda meningkatkan kualitas menjadi lebih baik. Seperti diketahui, pendapat pelanggan sangat penting karena merekalah yang merasakan langsung pelayanan Anda. 

Baca Juga: Pahami Kebutuhan Industri Pendidikan saat ini dengan Research Intelligence

Tentunya, ada perbedaan sudut pandang dari segi penyedia dan juga pelanggan. Bisa jadi, apa yang Anda sediakan ternyata tidak terlalu relevan atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, hal ini memengaruhi kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan Anda. Lalu, bagaimana caranya mengukur kepuasan pelanggan dengan mudah? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini.

Pentingnya Mengukur Kepuasan Pelanggan

Mengukur kepuasan pelanggan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan. Apabila kepercayaan sudah didapat, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal bahkan sukarela merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Contohnya, ada orang tua yang menyekolahkan anak pertamanya di sebuah institusi pendidikan. Ia memiliki dua anak lain yang juga nantinya harus disekolahkan. Dengan mengukur kepuasan pelanggan, Anda dapat memahami apakah layanan pendidikan yang didapatkan anaknya sudah sesuai kebutuhannya atau belum.

Hal ini membantu Anda untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan layanan pendidikan. Harapannya. orang tua percaya kepada institusi Anda sehingga selalu menjadikan bisnis Anda sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka. 

Tidak hanya itu, mengukur kepuasan pelanggan juga membantu memahami bagaimana persaingan Anda dengan kompetitor. Anda harus memastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan Anda lebih tinggi dari pesaing. Namun, apabila masih kalah dengan kompetitor, Anda bisa mencari tahu faktor-faktor apa saja yang memengaruhi. Nantinya, hal tersebut menjadi wawasan berharga untuk Anda memperbaiki layanan pendidikan.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan dalam Layanan Pendidikan

Ketahuilah faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan agar Anda dapat melakukan analisis dan evaluasi terhadap bisnis Anda. Sebenarnya, apa yang pelanggan harapkan dari layanan Anda? Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sarana dan Prasarana Memadai

Sarana dan prasarana dapat menunjang aktivitas pembelajaran para murid. Dengan fasilitas yang memadai, orang tua sangat puas karena anak-anaknya dapat belajar secara maksimal. Hal ini membuat orang tua tenang dalam mempercayakan anaknya belajar di institusi pendidikan Anda.

  • Aspek Pembelajaran

Aspek pembelajaran, mulai dari kurikulum atau sistemnya memengaruhi pengetahuan yang didapatkan bagi si anak. Tidak hanya itu, pembelajaran yang diterapkan juga dapat memengaruhi kepribadian. 

Oleh sebab itu, aspek ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan orang tua. Sebab, apabila aspek pembelajarannya bagus, anak bisa menjadi pintar serta memiliki kepribadian yang baik. Tentunya, setiap orang tua ingin anaknya pandai setelah belajar di tempat Anda.

  • Tenaga Pengajar atau Sumber Daya Manusia

Tidak jarang, orang tua ingin mengenal secara personal siapa guru yang mengajar anaknya nanti. Tujuannya agar orang tua bisa mengetahui kompetensi si pengajar dan bisa mengenal lebih jauh caranya mengajar. Hal ini menandakan kepuasan orang tua dipengaruhi oleh kualitas guru yang mengajar anaknya. Sebab, pengajaran dari guru sangat memengaruhi hasil yang akan diraih para murid. 

  • Standar Kompetensi Kelulusan

Salah satu layanan pendidikan berkualitas ditunjukkan dengan standar kompetensi kelulusan yang sesuai. Orang tua akan puas apabila standar kelulusan mencakup segala hal yang dibutuhkan anak untuk menjalani kehidupan lebih baik, seperti dari penilaian sikap, akademik, dan sebagainya. Apabila siswa dan siswi dinyatakan lulus dalam hal-hal tersebut, artinya sekolah berhasil dalam mendidik dan menerapkan sistem yang baik.


Peran Research Intelligence dalam Mengukur Tingkat Kepuasan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, dengan melakukan survei atau wawancara langsung kepada pelanggan. Namun, mengumpulkan data untuk sampai pada kesimpulan tersebut memerlukan tahapan yang panjang dan menghabiskan banyak tenaga. 

Tidak hanya itu, riset yang dilakukan secara manual juga rentan terhadap kesalahan. Oleh sebab itu, penting untuk mengefisiensi proses ini agar Anda bisa segera melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas.

Salah satu cara mengukur tingkat kepuasan adalah dengan menggunakan tools research intelligence. Secara sederhana, research intelligence adalah kemampuan untuk mengumpulkan informasi berharga yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Dalam mendapatkan insight, Kazee Research Intelligence menggabungkan penelitian yang menjangkau orang-orang secara luas, analisis yang kuat, keterlibatan aktif, dan memberikan rekomendasi terbaik untuk Anda.

Research intelligence akan menyediakan laporan penelitian yang membantu Anda mengukur seberapa puas pelanggan terhadap layanan pendidikan Anda. Jadi, Anda tidak perlu melakukan cara yang rumit dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga guna mengetahui kepuasan pelanggan. 

Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk, klik di sini sekarang untuk segera mengukur kepuasan pelanggan Anda.

Share :

Related Articles