Brand Intelligence: Solusi Permasalahan Brand Anda

Bayu Septian

05 January 2023 09:58

Image by tirachardz on Freepik

Brand Intelligance merupakan teknologi yang dapat mengumpulkan insight terkait perbincangan konsumen Anda di media sosial, sehingga Anda dapat memahami apa yang diinginkan dan disukai oleh konsumen, memberikan informasi produk lebih terpusat, meningkatkan inovasi produk, dan tentunya bisa mengungguli produk kompetitor.

Apa itu Brand Intelligence

Dalam dunia bisnis modern seperti saat ini, Brand Intelligence memiliki tempat penting bagi perusahaan yang ingin mengetahui apa yang benar-benar dipikirkan oleh pelanggan mereka (dan masyarakat umum) tentang produk dan layanan mereka, serta apa yang diinginkan mereka sebagai konsumen.

Dengan sistem memungkinkan user untuk dapat melakukan pengumpulan dan analisis data untuk dijadikan bahan evaluasi sehingga user dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman konsumen terhadap produk yang dijual.

BACA JUGA: Bagaimana Pekerjaan Public Relation di Masa Depan? Apakah AI Bisa Menggantikannya?

Apa yang dapat dilakukan Brand Intelligence

Konsumen kemungkinan besar membicarakan produkAnda secara online di berbagai situs yang mereka gunakan. dan Jika pelaku bisnis mengumpulkan informasi terkait perbincangan ini, Anda dapat memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh publik dari produk yang Anda ciptakan.

Semakin sering dan banyak mengetahui apa yang konsumen katakan, semakin Anda dapat menciptakan merek yang dibutuhkan oleh publik.

Analisis mendalam dari pemantauan media ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah perbincangan yang terkait dengan merek Anda positif atau negatif.

Menumbuhkan Brand Awareness

Brand Intelligence juga membantu Anda membangun gambaran yang jelas tentang bagaimana konsumen Anda berpikir tentang produk Anda melalui kata-kata yang digunakan di media online dan media sosial untuk me-ekpresikan kesan dari produk. Data tersebut juga dapat digunakan untuk menumbuhkan brand awereness, dan meningkatkan layanan pada produk.

Mitigasi Krisis

Dengan menggunakan brand intelligence Anda juga dapat melakukan mitigasi krisis, mendeteksi kemungkinan masalah dengan segera dan melakukan koreksi secepat mungkin. Demikian pula, Anda dapat mendeteksi ketidakpuasan untuk melakukan perubahan yang diperlukan pada merek Anda, dan dengan demikian mempertahankan kepuasan pelanggan dalam jangka panjang.

Memantau Kompetitor Brand Anda

Brand Intelligence tidak hanya terbatas pada memantau produk Anda di media sosial, Anda juga dapat menggunakannya untuk memantau data pesaing Anda!

Tujuannya di sini adalah untuk mendapatkan keuntungan dari perspektif yang lebih luas, dengan memantau percakapan terkait brand kompetitor, memudahkan untuk Anda melakukan analisis mendalam data percakapatan kompetitor.

Ini juga informasi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penawaran produk Anda, semisal suatu saat salah satu pesaing Anda mampu memecahkan satu masalah yang berulang, Anda dapat menggunakan solusi tersebut untuk mengatasi hambatan yang sama.

Share :

Related Articles