Bentrokan Di Babarsari Sleman, Warganet Juluki Babarsari Gotham City

Bayu Septian

06 July 2022 16:00

Sumber Foto: Suara.com

Bentrokan di Babarsari ramai diperbincangkan warganet dan menjadi trending topik di Twitter hingga mendapat sorotan pemberitaan. Tragedi bentrokan antar kelompok masyarakat di Babarsari Yogyakarta ini sampai dilabeli Gotham City oleh warganet.

Adapun Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ikut menanggapi aksi bentrokan tersebut dengan meminta penindakan hukum terhadap pelaku perusakan di kawasan Babarsari.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, perlu penegakan hukum yang sama dengan pelaku klithih. Polisi diminta tak tebang pilih dalam penegakam hukum, terlebih menimbulkan korban.

Kronologi Bentrokan di Babarsari Berdasarkan Pantauan Media

Mengutip dari pemberitaan media, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, kericuhan di Babarsari ini merupakan rentetan peristiwa. Yuliyanto menerangkan berawal dari keributan di sebuah tempat karaoke di kawasan Babarsari.

Kejadian diawali pada hari Sabtu 2 Juli 2022 pukul 01.45 WIB di Glow Karaoke, terjadi perkelahian antara kelompok Luis (NTT) dengan kelompok Kece (warga Maluku).

Sebelumnya Luis dan anak buahnya menolak bayar uang Karaoke dan memilih untuk pergi dari tempat tersebut di jam 01.30.

Sehingga hal tersebut memancing kemarahan Kece dan anak buahnya dan terjadi pertengkaran di depan dan di dalam karaoke.

Di dalam tempat karaoke kerusakan terjadi dengan melibatkan dua buah monitor komputer rusak akibat serangan senjata tajam yang dilakukan oleh anak buah Luis.

Dua jam kemudian, sekitar pukul 03.05 WIB Luis dan anak buahnya sekitar 30 orang kembali datang ke Glow Karaoke dan kembali membuat kerusakan dengan menghancurkan kaca depan menggunakan senjata tajam yang tumpul.

Tidak hanya sampai disitu, Luis dan anak buahnya melanjutkan pencarian dengan mendatangi tempat tinggal Kece di Perum Jembulsari Ngeplak sekitar pukul 05.10 WIB.

Insiden pelabrakan itu menyebabkan salah sasaran yang berakibat fatal pada seorang mahasiswa asal Timika Papua bernama Diblirian Jornes Tawarisi Rumbewas mengalami luka.

https://twitter.com/Resipawn/status/1544139926459281408

Baca Juga: Legalisasi Ganja Medis Kembali Ramai Diperbincangkan Media

Analisis Media Monitoring

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu dan sampel isu yang menjadi pemberitaan dan perbincangan pada masyarakat luas.

Sebaran Data

Dalam pantauan 30 Juni s.d 06 Juli 2022, data bergerak dengan akumulasi pada platform twitter sebayak 2.212  kicauan dan pemberitaan media online sebanyak 448 artikel.

Adapun puncak ekspos tertinggi dibincangkan pada twitter di tanggal 06 Juli 2022, sebaran isu utama tertuju pada beberapa isu, yakni;

  • Warganet mendorong untuk mendamaikan bentrokan Babarsari ini harus didamaikan oleh gubernurnya langsung yakni Gubenur Papua dan NTT datang untuk mendamaikan.
  • Reportase warganet terjadi kerusuhan antara Ambon dan NTT di Babarsari Yogyakarta karena salah sasaran orang terhadap mahasiswa Papua.

Sebaran Isu Bentrokan Babarsari

Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan

Isu terbesar tertuju pada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ikut menanggapi aksi bentrokan tersebut dengan meminta penindakan hukum terhadap pelaku perusakan di kawasan Babarsari. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, perlu penegakan hukum yang sama dengan pelaku klithih. Polisi diminta tak tebang pilih dalam penegakam hukum, terlebih menimbulkan korban.

Kerusuhan Massa di Babarsari Sleman, 5 Ruko dan 6 Motor Hangus Dibakar

Selanjutnya isu tertuju pada kerusakan pasca bentrokan yang terjadi di Babarsari. Diberitakan sebanyak lima rumah toko (ruko) dan enam sepeda motor dibakar massa dalam kerusuhan di Babarsari, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Warganet Juluki Babarsari Gotham City

Nama Babarsari Gotham City pun kini menjadi viral di media sosial. Tagar Babarsari hingga Babarsari Gotham City nangkring di trending topic Twitter. Pada Google Map, nama Babarsari yang terletak di Kelurahan Catur Tunggal Depok Sleman ini diubah netizen menjadi Babarsari Gotham City. Julukan Babarsari Gotham City itu mencuat lantaran wilayah itu merupakan wilayah di Sleman  sering terjadi konflik berujung bentrok.

https://twitter.com/skripswcct/status/1543831086588841984
https://twitter.com/febriresstu/status/1543863147634642944

Terkait Kerusuhan Babarsari, Sosiolog UGM: Pertumbuhan DIY Serupai Kota Metropolis

Sosiolog UGM, Derajad Sulistyo Widhyharto menilai kemunculan kasus kerusuhan di Babarsari terjadi karena pola pertumbuhan di provinsi itu sudah menyerupai kota metropolis.

Sosiolog UGM, Derajad Sulistyo Widhyharto menyebut di media bahwa Wilayah Yogyakarta itu Istimewa tetapi regulasinya tidak istimewa. Regulasinya seperti perkembangan Kota Jakarta, Surabaya, dan lain-lain. Provinsi ini tidak tumbuh istimewa seperti masyarakatnya, seperti keratonnya, tapi tumbuh seperti kota metropolis

Top Person Bentrokan Babarsari

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat kepolisian Daerah (Kabid Humas Polda) DIY, Kombes Pol Yuliyanto serta Sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Derajad Sulistyo Widhyharto menjadi figur teratas dimana sering dimention dalam pemberitaan maupun perbincagan warganet terkait dengan Bentrokan di Babarsari.

Share :

Related Articles