Bagaimana Cara Kerja Public Relation?

Bayu Septian

02 January 2023 06:29

Bagaimana Cara Kerja Public Relation?/Freepik pressfoto

Perlu diketahui, sebelum Anda mengetahui cara kerja public relation, harus mengetahui dulu apa itu public relation. Data dari Public Relations Society of America atau PRSA, public relation adalah proses komunikasi yang membangun hubungan saling menguntungkan.

Dengan demikian, public relation adalah hubungan kehumasan dengan masyarakat umum, calon user atau klien, karyawan, pemangku kebijakan, perusahaan media dengan divisi publikasi perusahaan atau humas.

Dilansir dari Axiapr.com, David Roos mengatakan bahwa yang termasuk publik dalam istilah PR, merupakan siapa saja yang pernah atau akan membentuk opini tentang klien, perusahaan, lembaga atau user.

Tak semua opini publik berpandangan sama, sehingga public relation bisa memilih mana tanggapan atau opini publik yang penting diketahui perusahaan, lembaga atau user yang nantinya ditindak lanjuti bidang humas.

Baca Juga 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Seorang Public Relations

Bagaimana Public Relation Bekerja?

Berikut merupakan beberapa metode public relation yang dilakukan oleh praktisi PR:

  • Hubungan Media

Aspek publikasi yang dilakukan public relation, erat kaitannya dengan hubungan masyarakat, sehingga perlu hubungan yang baik antara PR dengan beberapa perusahaan media. Hal itu bisa menumbuhkan sentimen positif yang baik untuk perusahaan atau user.

Metode tersebut juga bisa membuat Return of Investment (ROI) suatu perusahaan lebih cepat, karena pada umumnya masyarakat lebih percaya media berita dibandingkan dengan iklan dan sejenisnya.

  • Pelatihan Media Humas

Hubungan antara perusahaan dengan publik, pada umumnya terbentuk dengan para juru bicara, pemimpin perusahaan, atau bahkan keduanya. Perlunya pemberitan pelatihan kepadanya merupakan langkah awal untuk memperoleh keberhasilan dalam aspek mengelola manajemen krisis.

  • Penghargaan

Terdapat cara lain untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan publik agar terlihat aspek kepemimpinannya, yakni dengan pemberian penghargaan terhadap perusahaan tersebut.

  • Manajemen Media Sosial

Media sosial merupakan upaya mendekatkan hubungan antara perusahaan, lembaga atau user dengan publik. Pasalnya, media sosial bisa diakses real time oleh publik, sehingga tidak memiliki batasan.

  • Manajemen Reputasi

Meski demikian, pengelolaan manajemen reputasi perusahaan berdasarkan informasi atau keluhan dari pelanggan terhadap perusahaan, penting dilakukan public relation. Tak hanya itu, ulasan dari Google, juga bisa dilakukan.

Pengelolaan informasi yang berasal dari media sosial dan media pemberitaan terhadap suatu brand, perusahaan, lembaga, atau user, secara sentimen negatif dan positif, bisa diketahui melalui tools media monitoring.

Dengan media monitoring Kazee, public relation bisa mengetahui impresi dari publik terhadap suatu lembaga, perusahaan, brand, dan user. Sehingga, para pemimpin bisa memutuskan langkah untuk menangani isu tersebut.

Baca Juga Mengenal Perbedaan Internal dan Eksternal Public Relations

Kesimpulan, Bagaimana Publik Relation Bekerja?

Peran kehumasan dalam hal ini, membantu perusahaan dalam aspek mengembangkan, memelihara, dan meningkatkan hubungan dengan publik di media sosial dan pemberitaan. Tanpa hubungan tersebut, perusahaan tidak bisa tumbuh dengan cepat.

Namun, public relation bisa dibantu dengan tools media monitoring Kazee yang bisa membantu PR untuk mengetahui isu mana saja yang berkembang terhadap perusahaan, brand atau lembaga, lengkap dengan sentimen positif dan negatif.

Bila Anda menginginkan peran public relation yang mumpuni, Perusahaan, lembaga, brand Anda bisa mencoba trial media monitoring Kazee pada link berikut ini.

Referensi : 

https://www.axiapr.com/blog/how-does-pr-work

https://money.howstuffworks.com/business-communications/how-public-relations-works.htm

Share :

Related Articles