Apa itu Manajemen Reputasi Online? Ini Tips Melakukannya

Cahaya Muslim

07 May 2024 10:08

Image

Pernahkah Anda mengenal istilah manajemen reputasi online? Saat ini, tentunya Anda tidak bisa terlepas dari segala aktivitas yang berkaitan dengan dunia digital atau online. Dahulu, mungkin manajemen reputasi lebih populer dan berhasil dilakukan secara luring atau bertemu langsung. Pihak humas akan mengadakan event, campaign, dan sebagainya dengan tujuan untuk mengelola reputasi perusahaan.

Akan tetapi, semuanya sudah berubah. Kini, audience cukup melihat segala sesuatu secara online untuk memastikan reputasi dari sebuah perusahaan atau bisnis. Hal ini menjadikan manajemen reputasi online penting untuk Anda pahami. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan manajemen reputasi online? Temukan jawabannya di artikel ini.

Mengenal Manajemen Reputasi Online

Manajemen reputasi online adalah penggunaan sumber daya secara efektif yang dilakukan di platform digital untuk mendapatkan nama baik. Sederhananya, kegiatan ini berupa pengelolaan nama baik agar tetap terjaga atau melepaskan diri dari citra buruk.

Seperti diketahui, reputasi atau citra menjadi salah satu pertimbangan pelanggan saat ingin membeli produk atau jasa. Apabila reputasi bisnis Anda terkenal jelek, hal tersebut membuat ragu pelanggan untuk melakukan transaksi.

Sebaliknya, reputasi yang baik akan meningkatkan loyalitas bahkan menjangkau pelanggan baru lainnya. Manajemen reputasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Akan tetapi, diperlukan strategi atau metode yang tepat supaya tidak menjadi senjata makan tuan.

Tidak jarang, banyak bisnis yang tujuan awalnya untuk mendapatkan reputasi yang baik. Namun, karena kurangnya data atau persiapan, strategi yang mereka lakukan justru membuat nama mereka menjadi jelek.

Oleh sebab itu, penting juga bagi Anda untuk memahami bagaimana cara manajemen reputasi online yang tepat. Jadi, tujuan Anda mendapatkan reputasi baik bisa tercapai dan bisnis Anda makin disukai audience.

Manfaat Manajemen Reputasi Online

Tidak dapat dimungkiri, pergeseran antara offline ke online banyak memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Tanpa terkecuali, saat melakukan manajemen reputasi. Saat luring, mungkin Anda memerlukan sumber daya yang lebih besar agar bisa mendapatkan nama baik.

Akan tetapi, dengan online, Anda bisa memangkas sedikit pengeluaran yang biasa digunakan untuk kebutuhan offline. Tidak hanya itu, terdapat beberapa manfaat manajemen reputasi online lain yang bisa Anda rasakan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Dengan manajemen reputasi online, Anda bisa lebih meningkatkan pelayanan pelanggan. Sebab, semua bisa dikelola secara lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu, Anda bisa memberikan pengalaman terbaik di dunia digital kepada pelanggan.

Anda bisa merespons keluhan pelanggan secara lebih cepat dan tepat. Kemudian, Anda juga bisa menanggapi ulasan positif dengan mengapresiasi pelanggan tersebut.

  • Mengetahui Lebih Cepat Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Tools-tools canggih memungkinkan Anda untuk mengetahui lebih cepat kebutuhan serta keinginan pelanggan. Jadi, Anda bisa menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan pelanggan.

Hal ini dapat membantu meningkatkan reputasi karena menandakan bahwa Anda mendengarkan permintaan mereka. Manajemen reputasi online juga memungkinkan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang pelanggan dengan lebih cepat.

  • Menjaring Karyawan-Karyawan Terbaik

Tidak hanya berdampak kepada pelanggan atau klien, manajemen reputasi online yang baik ternyata berdampak terhadap internal bisnis itu sendiri. Saat reputasi bisnis Anda bagus, maka hal itu mendatangkan keinginan untuk talenta-talenta terbaik bekerja di perusahaan Anda.

Selain itu, bisa juga meningkatkan produktivitas karyawan Anda karena merasa bangga bekerja di tempat yang terkenal baik. Dari sini, Anda bisa menjaring karyawan-karyawan terbaik yang bisa membantu memajukan bisnis.

Contoh Manajemen Reputasi Online

Banyak perusahaan-perusahaan yang telah melakukan hal ini sehingga dapat menjadi contoh manajemen reputasi online. Dalam mengelola manajemen, intinya adalah bagaimana cara agar Anda bisa memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Terdapat beberapa contoh manajemen reputasi online, yaitu sebagai berikut.

  • Google my business untuk mengelola ulasan terhadap bisnis Anda. Misalkan, memudahkan pelanggan memberi kritik dan saran serta merespons secara lebih cepat.
  • Membuat campaign online, seperti challenge di media sosial, memecahkan teka-teki, hingga pembuatan konten menarik.
  • Membuat event-event online, seperti webinar, tour online, hingga konser.
  • Cepat tanggap saat dihubungi oleh pelanggan.
  • Mendukung atau mengapresiasi kegiatan yang sejalan dengan visi perusahaan.

Cara Manajemen Reputasi Online

Manajemen reputasi online tidak bisa dilakukan secara asal-asalan atau sembarangan. Anda perlu memahami cara berikut agar peluang manajemen reputasi online Anda berhasil. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan media monitoring atau pemantauan media. Media monitoring dapat diartikan sebagai kegiatan memantau berbagai media untuk mendapatkan insight berharga. 

Insight-insight tersebut nantinya dapat digunakan untuk merumuskan strategi dalam melakukan manajemen reputasi online. Media monitoring membantu menyediakan berbagai macam data yang Anda butuhkan, seperti respons pelanggan, sentimen publik, pemberitaan terkini, dan sebagainya.

Dengan insight dari media monitoring tersebut, Anda bisa memiliki landasan yang jelas sehingga menghindari salah langkah dalam pengambilan keputusan. Jadi, manajemen reputasi online pun dapat dilakukan dengan baik.

Seperti apa penjelasan lengkap mengenai pentingnya manajemen reputasi untuk bisnis? Cati tahu semuanya di sini: Pentingnya Manajemen Reputasi untuk Tingkatkan Keuntungan Bisnis

Share :

Related Articles