Pemberitaan Pasca Aksi Demo Mahasiswa 11 April 2022

Pemberitaan Pasca Aksi Demo Mahasiswa 11 April 2022

Bayu Septian

13 April 2022 09:16

pic: cnn indonesia

Senin, 11 April 2022, media kagetkan dengan rencana aksi demo dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang akan melaksanakan demo besar-besaran di depan gedung DPR yang telah dilaksanakan pada Senin kemarin.

Dilansir dari laman beritadiy Aksi menyuarakan suara rakyat yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa ini dilakukan agar dapat menyuarakan aspirasi serta tuntuntan kepada pemegang kekuasaan atau pemerintah, Namun sangat disayangkan aksi tersebut harus berakhir ricuh.

6 Tuntutan Mahasiswa Dalam Aksi 11 April 2022

Dikutip dari akun Instagram BEM SI, adapun tujuan dari aksi Nasional Aliansi BEM SI ini untuk menyampaikan beberapa tuntutan, tuntutan tersebut diantaranya;

1. Menuntut Presiden Joko Widodo bersikap tegas menolak dan memberikan pertanyaan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode.

2. Menuntut dan mendesak Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah, serta dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial ekologi, dan kebencanaan

3. Mendesak untuk menstabilkan harga dan ketersediaan bahan pokok di masyarakat. Keempat kami harap Presiden Jokowi mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait

4. Mahasiswa juga menuntut penyelesaian konflik agraria

5. Meminta presiden dan wakil presiden berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji kampanya di sisa masa jabatannya

6. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai

BACA JUGA:

Sebaran Isu Perihal Pencairan Tunjangan Hari Raya 2022

Analisis Media Monitoring

Berdasarkan hal tersebut, Kazee Digital Indonesia mencoba memantau pergerakan isu serta organisasi yang menjadi sorotan media terkait aksi demo Mahasiswa menggunakan sistem tekonologi media monitoring, Analisis dilakukan pada periode 11 April (saat aksi demo) hingga 13 April 2022 (pasca demo) pukul 10:00 WIB.

Isu Terkait Aksi Demo Mahasiswa

Kazee Media Monitoring

Isu yang paling banyak mendapatkan sorotan dalam topik ini yakni terkait seorang aktivis media sosial sekaligus pengajar di Universitas Indonesia, Ade Armando yang dikeroyok massa aksi demo. Namun aksi pengeroyokan tersebut diduga bukan dari Mahasiswa demo melainkan oknum yang menunggangi demo untuk membuat onar. Akibatnya Ade Armando mengalami luka yang cukup parah dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Pihak kepolisian pun mengkonfirmasi akan segera menyelidiki pelaku pengeroyiokan Ade Armando dalam demo mahasiswa 11 April 2022.

Top Person

Berhubungan dengan isu yang sedang disorot, Ade Armando pun menjadi tokoh yang paling sering di mention oleh media terkait aksi demo 11 april 2022.

Top Organisasi

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI, menjadi organisasi yang paling banyak mendapat perhatian media, dalam periode ini data terkait BEM SI mendapatkan sekitar 1.400 data.

Analisis Lokasi/Spasial

Secara demografi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten menjadi Provinsi yang paling banyak disebutkan terkait Demo 11 April 2022.

Kata Kunci dan Tagar Populer

Referensi

https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-704221017/penyebab-demo-11-april-2022-karena-apa-dan-di-mana-simak-tuntutan-demo-mahasiswa-bem-si-hindari-jalan-ini

Share :

Related Articles

No related posts