7 Teknik Penggunaan Media Monitoring yang Efektif

7 Teknik Penggunaan Media Monitoring yang Efektif

Bayu Septian

08 February 2023 07:36

Teknik Efektif untuk Media Monitoring

Di era globalisasi saat ini, pergerakan media sosial dan media pemberitaan (news) sangat cepat. Terlebih lagi di dalam platform social media Twitter. Kanal trending for Indonesia sering kali berubah-ubah dengan tempo yang sangat cepat. Hal tersebut sangat mempengaruhi citra suatu lembaga atau perusahaan.

Pasalnya bila suatu lembaga atau perusahaan terlibat kasus besar hingga skala nasional, kepiawaian jempol netizen akan membuat suatu lembaga atau perusahaan masuk dalam list Trending dalam platform social media Twitter, Facebook, dan Instagram.

Lantas, apa yang harus dilakukan?

Yap, media monitoring merupakan jawaban atas keresahan di atas. Pemantauan media adalah proses melihat dan menganalisis berita, laporan, serta konten online dan offline untuk memahami bagaimana suatu perusahaan, merek, atau individu dipandang dan dibicarakan.

Ketika suatu perusahaan atau lembaga diterpa isu dengan sentimen negatif, dengan mudah media monitoring Kazee melakukan penarikan data berdasarkan big data yang telah tekomputerisasi. Ini bertujuan untuk melakukan counter issue atau netralisir.

Baca Juga 5 Panduan Utama untuk Media Monitoring

Adakah teknik efektif untuk melakukan media monitoring? Simak tips di bawah ini:

1. Penggunaan Tools Media Monitoring

Terdapat banyak alat yang dapat membantu dalam memantau media, seperti Google Alerts, Mention, Hootsuite, dan Brand24. Khusus untuk di Indonesia, Anda bisa menggunakan media intelligence dari Kazee yang mampu mengumpulkan lebih dari 8000+ source media nasional dan internasional.

2. Fokus pada Kanal Media yang Tepat

Pilihkan kanal yang paling relevan untuk bisnis atau perusahaan Anda dan fokus pada monitoring media. Adapun analisis media yang bisa dilakukan oleh media intelligence Kazee meliputi 8000+ news dan platform media sosial terkemuka (Twitter, Facebook, YouTube, Blog, dan Instagram).

3. Menentukan Kata Kunci

Tentukan kata kunci yang paling relevan untuk perusahaan Anda dan pastikan untuk memantaunya secara teratur. Anda tak perlu khawatir jika menggunakan produk dari Kami, pasalnya ketika menuliskan salah satu kata kunci di dalam dashboard, langsung muncul suggestion keyword yang relevan.

Keyword/Media Intelligence Kazee Dashboard

4. Monitor Sosial Media

Sosial media adalah salah satu sumber terbesar dari informasi dan opini publik. Pastikan untuk memantau akun sosial media perusahaan dan merek yang terkait. Seperti halnya dalam dashboard media intelligence Kazee, pantauan sosial media terlihat hanya dalam satu tampilan.

Social Media Dashboard

Baca Juga 10 Rahasia Menguasai Media Monitoring

5. Analisis Sentimen

Analisis sentimen adalah proses menentukan perasaan atau opini publik tentang suatu perusahaan, merek, atau produk. Ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan alat analisis sentimen. Guna efisiensi waktu, Anda bisa memilih analisis sentimen dengan automasi di Kazee.

6. Kerja Sama dengan Stakeholder

Kerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti pelanggan, atau rekan bisnis, dapat membantu dalam memantau media dan memahami bagaimana bisnis atau merek Anda dipandang. Hal ini perlu agar penilaian terhadap perusahaan Anda datang dari profesional yang berpengalaman di bidangnya.

7. Melakukan Monitoring Secara Teratur

Pastikan untuk melakukan monitoring secara teratur untuk memastikan bahwa Anda selalu mengetahui informasi terbaru dan dapat bereaksi dengan cepat jika diperlukan. Fitur early notification dan report daily, weekly, monthly bisa Anda pilih untuk menghasilkan kebijakan yang tepat.

Kesimpulan

Dengan menggunakan teknik-teknik ini, Anda dapat melakukan media monitoring secara efektif dan memastikan bahwa Anda selalu mengetahui bagaimana bisnis atau merek Anda dipandang oleh publik. Sehingga Anda bisa membuat action plan ke depan berdasarkan data.

Dengan pemantauan media dari Kazee, perusahaan Anda bisa membuat kebijakan yang lebih baik yang telah dianalisis bersama tim yang handal, tentunya menggunakan ke-7 aspek di atas dalam hal melakukan analisis serta pemberian rekomendasi.

Kapan perusahaan Anda ingin melangkah lebih cepat bersama media monitoring Kazee?

Share :

Related Articles