kazee
Blog
6 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Instagram

6 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Instagram

Cahaya Muslim

17 July 2024 06:09

Image

Arti dari engagement Instagram adalah seberapa banyak audiens berinteraksi terhadap  postingan  Anda di media sosial tersebut. Engagement merupakan hal yang penting agar bisnis Anda ramai dikenal oleh banyak orang.

Saat ini, Instagram merupakan salah satu platform media sosial populer di dunia dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya. Bagi bisnis, meningkatkan engagement di Instagram adalah suatu keharusan.

Seperti diketahui, engagement mencakup likes, comments, shares, dan saves yang menunjukkan seberapa besar keterlibatan audiens Anda dengan konten yang Anda posting.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara agar bisa meningkatkan engagement Instagram secara lebih mudah dan cepat. 

Baca Juga: Pengaruh Hashtag Meningkatkan Engagement

Tips Meningkatkan Engagement Instagram

Engagement Instagram dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari isi konten yang menarik, pemilihan format yang tepat, dan sebagainya. Dengan memahami tips-tips berikut, Anda dapa menaikkan tingkat keterlibatan audiens di akun Instagram Anda. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Membuat Konten yang Relevan dan Unik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang relevan dan unik untuk audiens. Konten-konten semacam itu meningkatkan peluang untuk dilihat lebih lama dan mendorong orang-orang untuk membagikannya.

Sebelum membuat konten semacam tersebut, Anda harus mengenali audiens Anda terlebih dahulu. Pahami kebutuhan, minat, serta preferensi audiens Anda. Selain itu, gunakan storytelling yang mudah dipahami oleh audiens. 

2. Membuat Visual yang Menarik

Instagram adalah platform visual. Maka dari itu, tidak heran kualitas gambar dan video sangat penting untuk Anda perhatikan. Salah satu kunci agar postingan Anda bisa menarik perhatian audiens adalah dengan membuat visual yang menarik. 

Upload atau gunakan foto dengan resolusi tinggi dan pencahayaan yang baik. Selain itu, cobalah berbagai format visual seperti carousel, video, dan sebagainya untuk menjaga konten tetap segar dan menarik.

3. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Menggunakan hashtag membantu memudahkan konten Anda muncul di kata kunci tertentu baik secara umum maupun spesifik. Hashtag dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas di luar pengikut Anda. 

Gunakanlah hashtag yang relevan dengan industri bisnis Anda. Kemudian, kombinasikan hashtag populer dengan hashtag spesifik untuk menjangkau audiens yang lebih tepat. Hindarilah hashtag yang terlalu umum karena hashtag tersebut memiliki banyak pesaing sehingga konten Anda sulit menjadi yang teratas pada tagar tersebut.

4. Sisipkan Call To Action (CTA)

Call to Action (CTA) adalah ajakan untuk audiens melakukan sesuatu setelah melihat konten Anda. Ajakan ini mendorong audiens untuk melakukan apa yang Anda minta. Menggunakan CTA yang jelas dapat mendorong pengikut untuk berinteraksi dengan konten Anda.

Tuliskanlah caption yang membuat pengikut ingin memberikan komentar atau bertanya. Minta pengikut untuk berbagi konten Anda jika mereka merasa konten tersebut bermanfaat.

5. Berkolaborasi dengan Influencer

Influencer memiliki jumlah pengikut yang besar. Maka dari itu, apabila Anda berkolaborasi dengan mereka, maka audiens mereka yang banyak itu juga bisa Anda jangkau. Tidak heran, kolaborasi dengan influencer dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan engagement.

Namun, Anda tetap harus mencari influencer yang memiliki audiens sesuai dengan target market Anda. Buatlah konten kolaboratif yang menarik dan original. Pertimbangkan pula untuk menjalankan campaign bersama, seperti giveaway atau program sosial.

6. Konsisten dalam Membuat Konten

Terakhir, Anda harus konsisten dalam membuat konten. Anda perlu mengunggah konten secara teratur sehingga membuat pengikut Anda terbiasa melihat konten Anda di feed mereka. Postinglah pada waktu yang konsisten, misalnya sekali sehari atau beberapa kali seminggu. 

Selain itu, Anda juga harus mengunggah di waktu yang tepat, yaitu ketika audiens Anda paling banyak aktif. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement Instagram. Dari langkah-langkah di atas, cara mana yang sudah Anda coba lakukan?

 

Share :

Related Articles