6 Alasan Mengapa Media Monitoring Sangat Penting Bagi Pelaku Bisnis

Bayu Septian

07 February 2023 07:22

Image by pressfoto on Freepik

Media Monitoring adalah proses memantau dan menganalisis berita, ulasan, perbincangan, dan publikasi lain yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini sangat penting karena memberikan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat dan memastikan bahwa bisnis Anda berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemantauan media sangat penting bagi bisnis Anda:

1. Brand Awareness:

Media monitoring membantu Anda dalam mengetahui bagaimana bisnis dikenal dan diperlakukan dalam media. Ini memberikan informasi tentang apa yang harus ditingkatkan atau diperbaiki dalam upaya memperkuat reputasi brand Anda.

2. Mendapatkan Feedback:

Memungkinkan bisnis untuk mengetahui pandangan dan opini publik tentang produk atau layanannya. melakukan pemantauan media dapat memberikan umpan balik yang berguna untuk memperbaiki produk atau layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Mendeteksi Isu dan Ancaman:

Mengetahui potensi ancaman seperti krisis di media, kontroversi produk, dan masalah lain yang bisa mempengaruhi bisnis. Ini membantu Anda untuk mempersiapkan tindakan pencegahan dan tanggap darurat untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Mengidentifikasi Peluang:

Membantu bisnis Anda dalam menemukan peluang baru untuk mempromosikan produk atau layanan yang sedang dijalankan. Ini memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan dan memperkuat reputasi brand.

5. Melihat Strategi Kompetitor

Anda juga dapat memanfaatkan media monitoring untuk memantau strategi apa yang digunakan oleh pesaing dalam ranah digital. Anda dengan mudah akan mendapatkan data kompetitor seperti, keunggulan, kelemahan produk, strategi komunikasi dalam merespon konsumen dan lain sebagainya.

6. Meningkatkan Keputusan Bisnis:

Pemantauan media membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat dengan memastikan bahwa Anda selalu memiliki informasi yang tepat dan terbaru. Ini juga dapat membantu untuk mengatasi masalah yang muncul dan memanfaatkan peluang yang ada.

Lalu bagaimana cara melakukan media monitoring?

Untuk memulai melakukan media monitoring, Anda harus menentukan tools mana yang akan Anda gunakan, karena saat ini sangat tidak memungkinkan jika melakukan kegiatan monitoring media secara manual, oleh karena itu memilih tools media monitoring yang tepat sangat menentukan hasil yang Anda harapkan.

Baca Juga:

Ketahui 5 Cara Memantau Aktivitas Media Sosial Untuk Bisnis Anda

Ada beberapa cara untuk melakukan pemantauan media untuk bisnis, di antaranya:

1.Menggunakan Alat Pemantauan Media:

Anda dapat menggunakan alat untuk memantau media seperti Google Alerts, Mention, Kazee Media Intelligence untuk memantau publikasi media yang terkait dengan mereka. Tools ini memungkinkan bisnis Anda untuk memantau perbincangan media sosial, pemberitaan, dan situs web lain untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda dikenal dan diperlakukan dalam media.

2. Memonitor Media Sosial:

Dengan tools media monitoring, memungkinkan Anda untuk memantau media sosial dan menganalisis perbincangan yang terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Ini membantu bisnis mengetahui apa yang dipikirkan pelanggan dan memperbaiki produk atau layanan sesuai dengan umpan balik.

3. Melakukan Survei dan Kuesioner:

Bisnis dapat melakukan survei dan kuesioner untuk memperoleh umpan balik atau feedback dari pelanggan tentang produk atau layanan bisnis Anda. Ini membantu mengetahui bagaimana bisnis dikenal dan diperlakukan dalam media dan memperbaiki produk atau layanan sesuai dengan data yang telah didapat.

4. Mengikuti Konferensi dan Pameran:

Bisnis dapat mengikuti konferensi dan pameran untuk memperoleh informasi dan ide-ide baru tentang produk atau layanan. Tentunya hal ini sangat membantu Anda dalam memahami sejauh mana produk dan layanan yang Anda tawarkan dikenal dan diperlakukan dalam media, sehingga dapat memperbaiki produk atau layanan sesuai dengan umpan balik.

5. Berkolaborasi dengan Agen Pemasaran dan PR:

Anda dapat bekerja sama dengan agen pemasaran dan PR untuk memantau publikasi media dan membuat strategi pemasaran yang efektif. Agen ini memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang industri dan bisa membantu bisnis mengatasi masalah dan memperkuat reputasi mereka.

Kesimpulan

Pelaku bisnis sangat memerlukan alat untuk mempermudah dalam melakukan media monitoring. Pemantauan media membantu bisnis memahami bagaimana mereka dikenal dan diperlakukan dalam media, memperoleh feedback yang relevan, mengatasi isu dan ancaman, mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Bisnis harus mempertimbangkan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu Kazee Media Intelligence hadir untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan bisnis dan menangani permasalahan kompleks yang sedang Anda alami.

Untuk informasi selengkapnya silahkan klik tombol dibawah ini.

Share :

Related Articles