Ketahui 5 Cara Memantau Aktivitas Media Sosial Untuk Bisnis Anda

Bayu Septian

07 February 2023 03:54

Image by brgfx on Freepik

Media sosial adalah salah satu platform yang paling penting bagi bisnis saat ini untuk membangun brand dan mempromosikan produk. Di masa yang serba digital seperti ini, peran media sosial sangat lah penting bak makanan sehari-hari.

Mengutip laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah itu telah meningkat 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Bayangkan jika 0,1 persen dari pengguna tersebut mengenali dan membeli produk dari brand Anda, tentunya bisnis Anda akan untung.

Namun, Anda perlu mengelola aktivitas media sosial pada bisnis dengan baik, dan ini menjadi tugas yang memakan waktu dan sangat membingungkan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar melakukan aktivitas pemantauan media sosial dapat menjadi mudah layaknya seorang profesional.

Berikut adalah tips untuk memantau media sosial seperti pro untuk Bisnis:

  1. Gunakan alat pemantauan:

Banyak beredar alat untuk pemantauan media sosial atau tools media monitoring di Indonesia, salah satunya adalah Kazee Media Intelligence. Tools ini akan membantu Anda memantau aktivitas media sosial secara real-time dan mengelola semua platform media sosial dalam satu tempat.

Kazee Media Monitoring

Atau

2. Buat jadwal pemantauan:

Dengan tools tersebut, Anda dapat dengan mudah mengatur waktu dan jadwal tertentu untuk memantau aktivitas media sosial. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa semua platform media sosial diterima dan diperbarui secara teratur.

Kazee Media Monitoring Dasboard

3. Monitor brand dan kata kunci:

Pantau bisnis Anda dengan kata kunci terkait untuk mengetahui apa yang orang katakan tentang bisnis Anda. Ini akan membantu Anda memahami sentimen pasar dan memastikan bahwa respon yang tepat diberikan.

Media Intelligence Kazee Overview

4. Terima ulasan dan komentar:

Terima dan tanggapi ulasan dan komentar dari pelanggan dan pengikut Anda. Ini akan membantu Anda membangun hubungan dan memastikan bahwa masalah yang muncul diterima dan ditangani dengan baik. Selain itu, dengan Anda cepat merespon komentar dan ulasan pada media sosial, memungkin untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen.

5. Analisis data:

Analisis data aktivitas media sosial untuk mengetahui apa yang bekerja dan apa yang tidak. Ini akan membantu Anda mengoptimalkan strategi media sosial dan memastikan bahwa investasi Anda menghasilkan hasil yang diinginkan.

Namun perlu diketahui, melakukan analisis data tidaklah mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama, namun seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa tools media monitoring membantu Anda juga dalam melakukan analisis, yang hasilnya diharapkan dapat menjadi acuan untuk Anda dan tim dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk bisnis di masa mendatang.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat memantau aktivitas media sosial dengan lebih efisien dan memastikan bahwa bisnis Anda selalu tampil profesional dan terkendali.

Lakukan pemantauan aktivitas media sosial pada bisnis Anda menjadi lebih mudah dengan tools Media Monitoring.

Dengan menggunakan tools Kazee Media Intelligence, memudah Anda untuk mengetahui sentimen pasar, apa yang dibicirakan konsumen terkait brand anda, dan memudahkan melakukan analisis data media sosial. Dengan begitu, Anda akan terus dapat membuat strategi dimasa yang akan datang.

Share :

Related Articles