5 Tren Media Sosial di Tahun 2024 yang Bikin Akun Ramai

Cahaya Muslim

25 July 2024 17:07

Image

Setiap tahunnya, tren media sosial terus berubah. Perubahan bisa terjadi karena dipengaruhi banyak hal, seperti perkembangan teknologi, menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada di dunia ini, hingga pergeseran preferensi audiens.

Tren-tren yang ada di media sosial mengubah gaya hidup, cara berkomunikasi, hingga berinteraksi satu sama lain. Tahun 2024 menjadi tahun yang menarik karena ada banyak ide-ide yang bisa Anda implementasikan dalam setiap konten.

Artikel ini akan membahas mengenai tren media sosial di tahun 2024 yang membantu akun Anda dikunjungi oleh banyak orang. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui tren terkini.

Macam-Macam Tren Media Sosial Tahun 2024

Tren yang ada tentunya juga dipengaruhi dengan apa yang terjadi pada tahun 2023. Seperti diketahui, tahun sebelumnya dunia dihebohkan dengan kepopuleran kecerdasan buatan. Ternyata, AI ikut memengaruhi tren medsos pada tahun ini. Seperti apa penjelasannya? Berikut macam-macam tren media sosial tahun 2024.

1. Konten Video yang Makin Populer

Saat ini, konten video terus menunjukkan kepopulerannya. Konten-konten video pendek maupun panjang selalu dinanti dan dinikmati oleh pendek. Khususnya, pada konten video pendek yang dapat ditemukan dengan mudah di platform seperti TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts. 

Konten video pendek menarik perhatian dengan cepat dan mudah dikonsumsi. Hal ini membuat konten semacam itu sangat efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Untuk memanfaatkan tren ini, Anda bisa mulai berfokus pada pembuatan konten video pendek yang menarik dan informatif. Kuncinya ada pada elemen visual yang menarik dan pesan yang jelas atau pendek, tetapi tetap mengena serta mudah dipahami.

2. Live Streaming yang Meningkatkan Interaksi

Live streaming menjadi salah satu tren medsos 2024 yang menarik karena menjadikan audiens untuk berinteraksi secara real time dengan content creator. Saat ini, medsos seperti Tiktok bahkan menawarkan penghasilan kepada content creator dengan sistem gift. Para kreator pun berbondong-bondong untuk melakukan live streaming agar dikirimi hadiah oleh audiens. Selain untuk mendapatkan gift, live streaming umumnya digunakan untuk berbagai tujuan, seperti peluncuran produk hingga sesi tanya jawab secara langsung.

3. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) sama-sama menawarkan interaksi dengan dunia maya secara real time. Jadi, audiens dapat merasakan langsung elemen-elemen digital yang ada di dunia nyata. 

Kedua hal tersebut menawarkan pengalaman yang lebih imersif dan interaktif. Platform seperti Snapchat dan Instagram telah mengadopsi filter AR. Anda bisa belajar tentnag AR dan VR untuk menciptakan konten yang inovatif. 

4. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) 

Kecerdasan Buatan (AI) membantu dalam menciptakan konten yang lebih personal dan relevan untuk pengguna. Algoritma AI dapat menganalisis data pengguna untuk memberikan rekomendasi konten yang sesuai. 

Selain itu, penggunaan konten dengan AI juga menjadikan kreator lebih mudah dan cepat dalam pembuatan konten. Audiens juga mendapatkan pengalaman yang baru saat melihat konten buatan AI. 

Maka dari itu, manfaatkanlah AI untuk menganalisis data audiens dan buatlah konten yang sesuai dengan preferensi mereka. Personalisasi konten akan meningkatkan interaksi serta kepuasan audience

5. Social Commerce

Terakhir, saat ini media sosial bisa dibilang telah menjadi social commerce. Maksudnya, media sosial sudah bisa menjadi tempat berdagang atau berbisnis. Platform seperti TikTok bahkan menawarkan audiens untuk berbelanja langsung melalui aplikasi mereka.

Jadi, media sosial kini bisa menjadi tempat bertransaksi atau jual beli. Dengan tren ini, Anda harus segera mengaktifkan fitur shop di media sosial. Buat konten promosi yang lebih menarik sehingga pelanggan tidak ragu untuk membeli produk Anda.

 

Itulah beberapa tren media sosial di tahun 2024 yang membantu akun Anda menjadi ramai dikunjungi oleh banyak orang. Terlihat, tren saat ini lebih banyak karena efek dari perkembangan teknologi, seperti AR, VR, hingga AI. 

Untuk menyikapi pesatnya perkembangan yang terjadi, Anda bisa memanfaatkan segala tools yang ada untuk membantu mempercepat dan mempermudah pembuatan konten di media sosial. Anda bisa melakukan riset ide konten, membuat isi konten yang informatif, hingga menciptakan visual yang lebih memberi dampak besar bagi audiens sehingga mereka terpukau dan dengan senang hati berinteraksi dengan Anda di media sosial.

 

Share :

Related Articles