13 Skill Public Relation yang Harus Kamu Miliki

13 Skill Public Relation yang Harus Kamu Miliki

Bayu Septian

03 January 2023 10:22

Image
Ilustrasi. 13 Skill Public Relation yang Harus Kamu Miliki/freepik

Sebelum kamu menjadi public relation (PR) yang hebat, perlu memiliki beberapa skill yang harus dimiliki. Hal tersebut bisa mempengaruhi tingkat keberhasilan perusahaan atau lembaga tempat kamu bekerja. Simak 15 skill public relation yang harus kamu miliki.

1. Kejujuran

Saat menjadi staf humas, kamu harus memiliki sikap jujur, bersikap terbuka, integritas, dan memiliki nilai-nilai atau norma yang harus dipegang. Hal itu bisa memperluas jaringan atau networking.

Tak hanya itu, jika kamu memiliki kejujuran, kualitas pekerjaan sebagai public relation juga bisa lebih baik. Terlebih lagi, user atau klien serta perusahaan tempat di mana kamu bekerja bisa lebih percaya.

2. Selalu melakukan riset

Kemampuan untuk melakukan penelitian dan riset juga penting, karena pengetahuan kamu perihal layanan perusahaan, produk, dan pesanan dari klien perlu di-update. Pengetahuan soal tren pasar, kompetitor, dan teknologi juga perlu ditingkatkan.

3. Membangun hubungan

Public relation juga perlu memiliki kemampuan untuk membangun hubungan dengan networking yang profesional. Skill tersebut mampu membuat sisi percaya diri kamu meningkat dan berpotensi menjadikan kamu sebagai PR yang hebat.

4. Bisa multitasking

Load kerja yang tinggi dan penuh tekanan membuat kamu harus memiliki kemampuan multitasking. Apalagi jika kamu memiliki beberapa klien yang berbeda dengan permintaan dari sisi waktu yang bersamaan.

5. Memperhatikan setiap detail

Menjadi public relation dituntut untuk memiliki perhatian yang tinggi terhadap setiap detail pekerjaan yang digarap. Hal itu penting karena staf bidang humas sangat tidak diperkenankan melakukan kesalahan yang berdampak pada perusahaan.

6. Cepat adaptasi dengan perubahan

Gaya media massa yang terus berubah-ubah dan masyarakat yang banyak mengkonsumsi konten yang berasal dari media massa tersebut perlu diperhatikan. Pasalnya, clickbait yang saat ini sering dilakukan media massa, bisa menimbulkan multitafsir dalam persepsi publik.

7. Strategic thinking

Seorang atau tim public relation perlu memiliki kemampuan berpikir strategis sebelum menentukan langkah pemberian informasi terhadap publik. Sehingga langkah yang diambil, harus menguntungkan perusahaan, lembaga, atau user.

8. Dekat dengan media sosial

Media sosial Facebook, Twitter, Instagram, blog, dan lain sebagainya semakin banyak digunakan publik sebagai ruang untuk mengabadikan momen dan ajang berekspresi untuk mendapat impresi secara sosial.

Namun, tidak hanya itu, media sosial juga bisa menjadi ruang untuk konsumen membagikan beberapa review dan keluhan terhadap pelayanan atau produk suatu perusahaan tertentu. Dengan demikian, PR perlu dekat dengan media sosial.

9. Kemampuan menulis yang baik

Keahlian dalam aspek penulisan, perlu dimiliki seorang pegawai yang bergerak di bidang humas, sehingga audiens atau insan media yang membaca statement atau press release dari public relation bisa memahami apa tujuan yang disampaikan.

10. Ahli dalam presentasi

Mahir dalam presentasi termasuk komunikasi secara lisan merupakan kewajiban. Sering berlatih presentasi dengan audiens yang banyak harus selalu dilakukan oleh pihak yang bekerja di bidang kehumasan.

11. Pola pikir yang mendunia

Tuntutan era 4.0 dan globalisasi saat ini menuntut seorang public relatioan memiliki keahlian dalam aspek pola pikir yang mendunia, bahkan kemampuan bahasa internasional juga perlu didalami oleh PR.

Baca Juga Bagaimana Cara Kerja Public Relation?

Dengan demikian, user atau perusahaan tempat kamu bekerja bisa lebih mendunia dan diperhatikan oleh dunia internasional. Semakin banyak bahasa yang dimiliki oleh tim kehumasan, semakin besar kesempatan memasuki dunia global.

12. Komunikasi

Kemampuan komunikasi merupakan keahlian dasar yang perlu dimiliki public relation di suatu perusahaan. Kamu perlu piawai dalam menyampaikan suatu hal tanpa multitafsir ketika gagasan tersebut disampaikan ke publik.

13 Kreativitas

Tak hanya pelaku seniman atau arsitek yang perlu memiliki kreativitas, public relation juga wajib memiliki kreativitas ketika menyampaikan tulisan, mempublikasikan kampanye, atau memberikan rilis.

Dalam hal ini, peran marketing bisa diringankan oleh PR karena membantu dalam hal penyampaian ide baru perihal kampanye produk dan metode untuk menumbuhkan perusahaan yang mampu menarik pelanggan baru.

Kesimpulan

Beberapa tips di atas bisa kamu terapkan saat menjadi manajer atau staf di bidang humas. Tips tersebut bisa membuat kamu menjadi public relation yang hebat, namun saat ini terdapat tools yang mampu mempermudah pekerjaan bagian humas.

Tools tersebut adalah media monitoring yang di-provide oleh Kazee. Dengan media intelligence, peran PR bisa dipermudah karena bisa mengetahui isu media sosial dan media massa terhadap perusahaan atau lembaga.

Nantinya, setelah isu tersebut dikumpulkan, staf bagian humas bisa melakukan beberapa strategi untuk menetralisir isu atau melakukan counter issue terhadap perusahaan atau lembaga. Sehingga, citra perusahaan atau brand bisa tetap terjaga.

Referensi : 

https://ici.net.au/blog/11-skills-you-need-for-a-career-in-public-relations-and-media/

https://communicationmgmt.usc.edu/blog/seven-skills-every-public-relations-specialist-needs/

Share :

Related Articles