10 Universitas Dengan Ekspos Tertinggi

Bayu Septian

28 July 2023 03:47

Photo by Rohim Ari on Unsplash

Perguruan tinggi adalah bukti kemampuan bagi siswa setelah melalui berbagai jenjang pendidikan. Mereka berlomba masuk perguruan tinggi terbaik seperti UI, ITB, dan UGM yang populer dan dianggap memiliki pendidikan terbaik.

Universitas lainnya di Indonesia juga menawarkan program studi yang baik. Universitas dapat meningkatkan citra mereka dengan memantau media dan mengambil langkah sesuai minat masyarakat, menggunakan teknologi media monitoring.

Dengan ini, mereka dapat memahami pandangan masyarakat, termasuk eksposur, sentimen, kampanye, tantangan, dan peluang, serta bersaing lebih baik.

BACA JUGA: Memanfaatkan Media Intelligence untuk Menganalisis Tren Industri Elektronik

Bagaimana Kazee Memetakan Isu Terkait Universitas di Indonesia?

Dasboard, Kazee Media Intelligence

Angka-angka tersebut menunjukkan data-data yang sudah dihimpun dalam Sistem Kazee Media Intelligence yang meliputi sumber-sumber seperti sumber media massa online, media sosial dan media cetak.

Kazee memanfaatkan teknologi berbasis big data untuk melakukan proses penarikan informasi. Dalam prosesnya, sistem ini menggunakan kata kunci yang telah ditentukan dan berhubungan langsung dengan topik yang akan diteliti. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang didapatkan relevan dan sesuai dengan kebutuhan analisis.

Dasboard overview

Data tentang perguruan tinggi di Indonesia mencakup 247.813 data total yang terdistribusi di berbagai media. Media online memiliki data tertinggi dengan 115.255 pemberitaan, diikuti oleh Twitter dengan 97.439 data berupa cuitan, reply, dan retweet.

Pada tanggal 8 Februari 2023, terjadi puncak ekspos pada media online karena berita terkait manajemen program Kartu Prakerja dan lulusan mahasiswa. Pada media sosial, Twitter memiliki ekspos tertinggi pada 24 Mei 2023, berfokus pada isu jasa "Joki" ujian mandiri di beberapa perguruan tinggi dan kerjasama Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Program Studi Dengan Ekspos Tertinggi

Dari 5 program studi yang kami bandingkan dengan menggunakan sistem media monitoring hasilnya, dalam periode ini program studi kedokteran menduduki peringkat pertama dengan total 8.838 data yang terhimpun kedalam berbagai media.

Universitas di Indonesia Terfavorit

Diketahui bahwa terdapat ribuan perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. Hal tersebut menunjukkan bahwa persaingan dalam dunia pendidikan tinggi sangatlah tinggi. Untuk itu, kami mencoba mengolah data media dengan melakukan ekstraksi, dengan tujuan untuk memberikan gambaran sejauh mana perguruan tinggi tertentu dikenal oleh publik berdasarkan ekspos media.

3 Universitas Negeri Tertinggi

3 Universitas Negeri Tertinggi

Terdapat 10 perguruan tinggi dengan ekspos tertinggi, di antaranya Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia, dan UNPAD.

Selain itu terdapat pula daftar 10 Universitas swasta yang memiliki ekspos tertinggi, di antaranya Universitas Islam Indonesia, dan Binus.

Peringkat eksposur tersebut mencerminkan tingkat perhatian dan perbincangan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut di kalangan publik dan media dalam periode
waktu yang diteliti.

Share :

Related Articles