Webinar T20: Manfaat Teknologi Digital Untuk UMKM, Startup dan Industri Kreatif

Bayu Septian

18 May 2022 03:36

CEO & Founder Kazee, Dr. I Made Ariya Sanjaya hadir menjadi salah satu Narasumber dalam webinar bertajuk "Harnessing Digital Technologies to Accelerate SMEs, Startups and Creative Industry"

Smart City and Community Innovation Center ITB yang diketuai oleh Prof. Suhono Harso Supangkat yang juga sebagai host institusi dari Task Force-2 T20 menyelenggarakan beberapa event webinar Think 20 (T20).

Webinar Think 20 (T20) yang digelar pada Selasa (17/5/2022) membahas manfaat program digital bagi pemulihan industri kreatif dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Adapun webinar tersebut bertajuk "Harnessing Digital Technologies to Accelerate SMEs, Startups and Creative Industry"

CEO & Founder Kazee, Dr. I Made Ariya Sanjaya hadir menjadi salah satu Narasumber Bersama dengan Narasumber lainnya yakni;

  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
  • Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya
  • Akademisi Universidad Nacional de La Plata, Prof Gabriela Rigoni
  • Direktur 168 Solution, Grace Heny
  • Sigmaphi Research, Gusti Raganata.

Baca juga: Tren Pendanaan Startup di Indonesia

Sekilas The Think 20

T20 adalah salah satu kelompok keterlibatan formal G20 yang independen dari pemerintah dan terdiri dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari pemerintah, universitas, dan institusi, yang menghasilkan ide-ide untuk melakukan penelitian untuk berkontribusi dalam menjawab tantangan kami terkait dengan ekonomi, iklim perubahan.

Dikutip dari sumber lain, Smart City and Community Innovation Center, Institut Teknologi Bandung  (SCCIC ITB) ditunjuk sebagai host institution dalam Task Force-2, untuk kegiatan Presidensi Group of Twenty (G20) dengan tema “Meaningful digital connectivity, cyber security, empowerment”.

Gugus tugas ini dibentuk untuk mewujudkan program berkaitan dengan salah satu isu prioritas yakni transformasi digital dan ekonomi sehingga dapat memberikan kontribusi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022.

Webinar Think 20 (T20) "Harnessing Digital Technologies to Accelerate SMEs, Startups and Creative Industry"

Prof. Suhono Harso Supangkat sebagai Lead Co-Chair Task Force 2 (TF2) T20 dalam webinar "Harnessing Digital Technologies to Accelerate SMEs, Startups and Creative Industry"menyampaikan bahwa fokus The Think 20 (T20) salah satunya pada Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai salah satu bidang kebijakannya untuk direkomendasikan kepada para pemimpin G20.

Prof. Suhono Harso Supangkat berharap usulan konkrit ini dapat menciptakan jaringan internasional, karena Indonesia juga merupakan model bagi negara-negara berkembang di G20.

Sementara itu, hadir sebagai Keynote Speaker, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pengembangan ekosistem digital sebagai upaya percepatan ekonomi dan membuka lapangan kerja luas-luasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menyampaikan dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif (ekraf) harus menjalankan konsep 3G seperti yang saat ini dijalankan sektor pariwisata.

Jurus 3G yang dimaksud adalah Gercep, Geber, dan Gaspol. Ketiganya memiliki kepanjangan dengan makna tersendiri. Gercep yaitu gerak cepat, Geber berarti gerak bersama, lalu Gaspol yaitu garap semua potensi online.

Menurut CEO & Founder Kazee, Dr. I Made Ariya Sanjaya Indonesia memiliki sistem pendukung yang sangat baik untuk UKM, Startup & ekosistem kreatif digital. tetapi, ada beberapa tantangan untuk mengoptimalkan ketiganya. Diantaranya, membutuhkan kolaborasi agar semakin optimal.

"We need to continue & supporting the good effort from G20 countries in harnessing digital technology for SMEs, Startups & Digital creative ecosystem"

CEO & Founder Kazee, Dr. I Made Ariya Sanjaya

Share :

Related Articles