User Generated Content (UGC): Apa Itu, Mengapa Penting?

User Generated Content (UGC): Apa Itu, Mengapa Penting?

Bayu Septian

27 March 2023 04:17

User Generated Content - Photo by fauxels

Tahu nggak sih, apa itu User Generated Content (UGC)? Mungkin beberapa dari kalian belum familiar dengan istilah ini.

Secara sederhana, UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna atau pelanggan, seperti ulasan produk, foto, video, atau posting di media sosial.

Nah, sebagai bisnis, Kamu bisa memanfaatkan UGC sebagai bagian dari strategi pemasaran digital untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperkuat brand, dan meningkatkan penjualan.

Kenapa sih UGC itu penting buat bisnis?

Berdasarkan artikel oleh hotsuite ada beberapa alasan mengapa UGC penting diantaranya yaitu:

Pertama, User Generated Content bisa memperkuat keterlibatan pelanggan dengan brand atau bisnis. Kalau kalian perhatikan, pengguna atau pelanggan yang membuat UGC biasanya punya hubungan yang lebih kuat dengan brand atau bisnis tersebut.

Kedua, UGC bisa membantu bisnis untuk meningkatkan reputasi. Misalnya, ulasan produk atau posting di media sosial bisa membantu bisnis mendapatkan testimonial positif dari pelanggan.

Ketiga, User Generated Content bisa membantu bisnis untuk meningkatkan konversi dan penjualan. Dalam sebuah studi, 92% konsumen mempercayai rekomendasi dari orang lain, termasuk UGC, daripada konten brand.

Tips Menggunakan UGC dalam Strategi Pemasaran

Oke, sekarang kita lanjut ke bagian yang lebih seru, yaitu tips untuk menggunakan UGC dalam strategi pemasaran digital kalian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba:

BACA JUGA: Media Monitoring: Senjata Ampuh Pemerintah dalam Membangun Citra Positif

Buat Kontes atau Kampanye User Generated Content

Kamu dapat membuat kontes atau kampanye yang meminta pengguna atau pelanggan untuk membuat dan membagikan konten UGC.

Contoh kampanye User Generated Content yang sukses adalah kampanye #ShareACoke dari Coca-Cola. Kampanye ini meminta pengguna untuk membagikan foto dengan botol Coca-Cola yang disesuaikan dengan nama branda di media sosial menggunakan hashtag #ShareACoke.

Kampanye ini sukses karena bisa memperkuat keterlibatan pelanggan dan meningkatkan penjualan produk Coca-Cola.

Ajak Pelanggan untuk Membuat Ulasan Produk

Harus aktif dalam mengajak pelanggan untuk membuat ulasan produk di situs web atau platform review seperti Yelp dan TripAdvisor.

Ulasan produk bisa membantu brand mendapatkan testimonial positif dari pelanggan, yang bisa membantu memperkuat reputasi brand atau bisnis kalian.

Selain itu, ulasan produk juga bisa membantu dalam memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan.

Gunakan Hashtag untuk Memudahkan Pencarian Konten UGC

Kalian bisa menggunakan hashtag untuk memudahkan pencarian konten UGC yang dibuat oleh pengguna atau pelanggan.

Hashtag juga membantu dalam menemukan konten User Generated Content yang relevan dengan brand atau bisnis Kamu. Selain itu, hashtag dapat digunakan untuk memperkuat brand atau bisnis.

Gunakan Konten UGC dalam Kampanye Iklan

Jangan lupa,coba manfaatkan konten UGC dalam kampanye iklan, baik itu di media sosial atau platform periklanan lainnya.

Konten UGC bisa membantu kalian untuk meningkatkan keterlibatan dan konversi iklan kalian. Misalnya, kalian bisa menggunakan foto atau video pelanggan yang menggunakan produk kalian dalam iklan untuk menunjukkan bagaimana produk kalian digunakan dan memberikan testimoni positif.

Gunakan Konten UGC dalam Konten Pemasaran

Kalian bisa memanfaatkan konten UGC dalam konten pemasaran seperti blog, email newsletter, atau posting media sosial.

Konten UGC bisa memberikan konten yang segar dan menarik bagi audiens kalian, yang bisa membantu meningkatkan keterlibatan dan konversi.

Selain itu, konten User Generated Content juga bisa membantu kalian untuk memperkuat brand atau bisnis kalian dan memberikan testimonial positif dari pelanggan.

Beri Apresiasi dan Membagikan Konten User Generated Content

Jangan lupa untuk memberi apresiasi dan membagikan konten UGC yang dibuat oleh pelanggan atau pengguna. Ini bisa membantu kalian untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan atau pengguna dan meningkatkan keterlibatan.

Selain itu, kalian juga bisa memilih konten UGC yang terbaik dan membagikannya kembali ke audiens kalian sebagai cara untuk memperkuat brand atau bisnis.

Itulah beberapa tips untuk menggunakan UGC dalam strategi pemasaran digital kalian. Namun, sebelum kalian memanfaatkan UGC, pastikan kalian mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku terkait dengan hak cipta dan privasi.

Pastikan juga kalian mendapatkan persetujuan dari pengguna atau pelanggan sebelum membagikan konten UGC branda.

Namun ada satu langkah lagi yang cukup penting sebelum kamu menerapkan konten user genarate content, yaitu dengan menggunakan social listening tools.

Gunakan Social Listening Sebelum Terapin User Generated Content

Social listening adalah proses memantau percakapan atau aktivitas di media sosial untuk memahami opini atau persepsi pelanggan, serta menangkap peluang bisnis.

Dalam konteks UGC, social listening bisa membantu kalian untuk mencari dan menemukan konten UGC yang dibuat oleh pelanggan atau pengguna.

Dengan melakukan social listening, kalian bisa mengetahui apa yang pelanggan atau pengguna bicarakan tentang merek atau bisnis kalian di media sosial.

Jika ada konten User Generated Content yang dibuat oleh pelanggan atau pengguna, kalian bisa menemukannya dan memanfaatkannya untuk memperkuat strategi pemasaran digital kalian.

Atau

Selain itu, social listening juga bisa membantu kalian untuk mengetahui opini atau feedback pelanggan terhadap produk atau layanan kalian, yang bisa membantu kalian meningkatkan kualitas dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Dalam praktiknya, social listening dan User Generated Content bisa saling mendukung dalam strategi pemasaran digital. Dengan melakukan social listening secara teratur, kalian bisa menemukan konten UGC yang dibuat oleh pelanggan atau pengguna, dan memanfaatkannya dalam konten pemasaran atau kampanye iklan kalian.

Sebaliknya, dengan memanfaatkan UGC dalam strategi pemasaran digital kalian, kalian bisa memperkuat merek atau bisnis kalian, dan menarik perhatian pelanggan atau pengguna untuk berpartisipasi dalam konten UGC.

Secara keseluruhan, social listening dan User Generated Content bisa menjadi bagian yang penting dalam strategi pemasaran digital kalian. Dengan memanfaatkan kedua aspek ini, kalian bisa memperkuat hubungan dengan pelanggan atau pengguna, memperkuat merek atau bisnis kalian, dan meningkatkan konversi dan penjualan.

Share :

Related Articles

No related posts