Transisi Endemi Indonesia Berdasarkan Pantauan Media

Endemi COVID-19 sudah di depan mata untuk Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun oleh GitHub, per 25 April 2022, jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia 317 orang. Jumlah ini merupakan jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir. Titik endemi sudah mulai terlihat.

Apa itu Endemi?

Dikutip dari laman Itjen Kemendikbud, endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu. Saat ini contoh kasus endemi di Indonesia adalah DBD.

Dalam kasus COVID-19, dilansir dari situs American Medical Association, menurut dr. Stephen Parodi, endemi adalah kondisi dimana suatu penyakit masih ada tetapi pada tingkat yang tidak menyebabkan gangguan signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kapan COVID-19 menjadi Endemi di Indonesia?

Dilansir dari Detik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai kemungkinan Indonesia memasuki fase endemi setelah Lebaran 2022. Jokowi menegaskan tidak ingin tergesa-gesa untuk mengubah status pandemi COVID-19 menjadi endemi.

Berangkat dari hal tersebut, Kazee Digital Indonesia akan menganalisis pergerakan data dan isu yang berkembang di media terkait transisi endemi COVID-19 di Indonesia. Dalam kasus ini, Kazee akan menggunakan sistem media monitoring untuk menghimpun dan menganalisis sebaran data.

Analisis Media Monitoring Terkait Endemi

Periode analisis dilakukan dalam tujuh hari terakhir tanggal 19-25 April 2022. Melalui bantuan sistem media monitoring, Kazee akan menganalisis pergerakan data, top keyword, sampel tweet, isu tertinggi dan top person, Top Redaksi yang paling banyak dibicarakan terkait transisi endemi COVID-19 di Indonesia.

Pergerakan Data

Berdasarkan pergerakan data di atas, sebaran data terkait endemi menempati puncak sorotan pada tanggal 21 April 2022. Jumlah data 158 terdiri dari 116 sebaran data twitter dan 42 sebaran data news.

Jumlah Data

Terdapat 529 jumlah data yang tersebar di media dalam periode analisis. Terdiri dari 343 data news (isu) dan 185 data twitter.

Top Keyword

Gambar di atas merupakan kata kunci yang menyebar di media pada periode analisis.

Sampel Tweet

Isu Tertinggi

Berikut merupakan lima isu yang paling banyak tersebar di media

Jokowi Sebut Masa Transisi Pandemi ke Endemi 6 Bulan ke Depan

Presiden Joko Widodo memandang bahwa transisi dari pandemi Covid-19 menuju Endemi harus dilakukan secara hati-hati melalui berbagai tahapan. Hal tersebut diungkapkan Presiden saat menanggapi pertanyaan jurnalis terkait diperbolehkannya mudik pada Lebaran tahun 2022 dan dampaknya pada transisi tersebut.

Kota Tangerang Miliki Antibodi Tertinggi dalamTanggulangi COVID-19

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan Kota Tangerang masuk dalam 100 kota di Indonesia yang memiliki Antibodi tertinggi dalam penanggulangan COVID-19 berdasarkan hasil sero survei Kementerian Kesehatan bersama tim pandemi FKM Universitas Indonesia.

Jokowi Tak Mau Indonesia Latah Ikutan Negara Lain Soal Buka Masker

Presiden menyebut ada berbagai pertimbangan sehingga dirinya tak terburu-buru mengikuti jejak langkah negara lain. Dia mengatakan, masa transisi dari pandemi Covid-19 ke Endemi akan berlangsung selama enam bulan. Masa transisi tersebut akan digunakan untuk menentukan kebijakan selanjutnya. “Ini masih ada transisi, kira-kira enam bulan.” “Kami akan lihat seperti apa,” ujar Jokowi seperti dikutip dari , Senin (25/4/2022).

Lewat Percepatan Vaksinasi, BIN Sulsel Optimis Pandemi Covid-19 Bisa Menuju Endemi

Badan Intelijen Negara (BIN) kembali mengadakan vaksinasi masal, untuk meningkatkan herd imunity, terutama untuk vaksin booster bagi masyarakat yang akan mudik. Vaksinasi masal dilakukan di beberapa tempat seperti Riau, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan.

Vaksinasi Booster di Kota Bandung Capai Target 30 persen

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebut target Vaksinasi dosis ketiga di Kota Bandung sudah tercapai. Yaitu 30 persen Vaksin dosis ketiga diberikan kepada masyarakat jelang Idulfitri 1443 H sebagai syarat mudik.

Top Person

Gambar di bawah merupakan hasil olah data sistem media monitoring Kazee terkait tokoh yang paling banyak dibicarakan media pada periode analisis.

Top Redaksi

Tangkapan layar di atas merupakan redaksi yang paling banyak memberitakan isu terkait endemi.

Kesimpulan

Jumlah kasus positif yang mulai rendah dalam beberapa bulan terakhir, harusnya sudah menjadi jaminan Indonesia berstatus endemi seperti di beberapa negara tetangga Indonesia yakni Malaysia dan Thailand.

Berdasarkan hasil media monitoring, isu yang tersebar terkait endemi sudah menjadi perbincangan oleh Presiden Joko Widodo. Saat ini Indonesia memiliki status masa transisi endemi. Presiden ingin agar perubahan status tidak terjadi tergesa-gesa. Selanjutnya pemerintah masih harus terus memonitor dan mengevaluasi peraturan terkait hal ini. Indonesia harus segera menuju endemi agar ekonomi kembali bangkit.

Referensi:

https://github.com/CSSEGISandData/COVID-19

https://www.ama-assn.org/delivering-care/public-health/how-we-will-know-when-covid-19-has-become-endemic

https://news.detik.com/berita/d-6050331/indonesia-endemi-setelah-lebaran-jokowi-bicara-masa-transisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *