Timbunan Bantuan Sosial Presiden di Depok Dalam Ruang Media

Bayu Septian

04 August 2022 10:17

Non profit photo created by freepik - www.freepik.com

Timbunan sembako terdiri dari beras, minyak goreng, tepug terugu, dan telur yang diduga merupakan bantuan sosial ditemukan di Tugu Jaya, Tirta Jaya, Sukmajaya, Depok. Timbunan tersebut ditemukan oleh pemilik lahan (29/7/2022) dengan keadaan sudah membusuk dan berjamur.

Dalam kemasan sembako yang tertimbun terdapat tulisan “bantuan Presiden yang disalurkan oleh Kemensos”. Bantuan itu seharusnya diberikan untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 pada awal pandemi 2020.

Sebelumnya, lahan tersebut digunakan untuk tempat parkir mobil jasa pengiriman barang, JNE. Pihak JNE sudah mengklarifikasi bahwa tidak melakukan pelanggaran apapun terkait temuan timbunan bantuan sosial tersebut.

BACA JUGA:

Keren! Citayam Fashion Week Di Apresiasi Media Jepang

Analisis Media Monitoring

Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan big data mencoba merangkum sebaran data terkait timbunan sembako tersebut.

Hasil analisis berupa isu, tokoh, organisasi dan media yang paling banyak dibicarakan. Simak penjelasannya di slide berikut. 

Ekspos Data

Ekspos tertinggi terjadi pada tanggal 2 Agustus 2022, dipicu oleh terungkapnya bantuan sosial tersebut sudah terkubur sekitar 2 tahun. Sehingga berbagai sembako didalamnya membusuk.

Komposisi Isu Timbunan Bansos

Kazee Media Monitoring

Salah satu isu tertinggi dalam periode ini yakni terkait perusahaan jasa antar logistik yakni JNE yang memberikan penjelasan terkait bantuan sosial presiden yang terkubur di depok beberapa waktu lalu.

Perwakilan kuasa hukum pihak JNE, Anthony Djono mengonfirmasi kepada wartawan bahwa beras yang sudah rusak itu telah diganti dengan yang baru.

Anthony Djono menjelaskan, pihak JNE selaku distributor memang mengambil beras tersebut dari gudang Bulog. Akan tetap, beras yang dibawa dikabarkan basah karena kena hujan di jalan.

Top Person

Presiden Joko Widodo menjadi tokoh yang paling banyak dimention, sebab bantuan sosial yang terkebur tersebut merupakan bantuan sosial yang diberikan oleh presiden Joko Widodo pada tahun 2020.

Selain itu Joko Widodo, Pemilik lahan tempat bansos dikubur yakni Rudi Saimin menjadi tokoh yang paling banyak dimention kedua setelah Joko Widodo.

Hal ini terkait, Rudi Samin mendapat laporan dari seorang karyawan jasa pengiriman barang, diberitahukan bahwa ada penimbunan sembako yang dikubur di lahan kosong Lokasi lahan sembako yang ditimbun itu tepat berada di depan Gudang JNE Express Depok, Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Dari informasi salah satu karyawan jasa pengiriman tersebut, lalu Rudi Saimin mencari tahu kebenaran ditimbunnya sembako tersebut.

Upaya penggalian pun terus dilakukan selama tiga hari, dan akhirnya di hari ketiga Rudi Samin dibantu warga berhasil menemukan sembako yang dimaksud sedalam tiga meter.

Top Organisasi

Jasa Pengirimanan Logistik, JNE menjadi organisasi paling tersorot, dimana JNE harus terseret kasus penguburan sembako di sebuah lahan kawasan Depok, Jawa Barat.

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh polisi terhadap pihak JNE, disebutkan bahwa dalam proses distribusi sembako bansos tersebut JNE bekerjasama dengan perusahaan logistik PT Dos Ni Roha, atau DNR.

Top Media

Berikut 10 media yang paling sering memberitakan terkait penimbunan Bantuan Sosial di Depok. Kompas.com menjadi yang tertinggi berdasarkan pantauan kazee media monitoring.

Share :

Related Articles