Strategi Public Relations : 5 Komponen Menyusun Strategi PR yang Sukses

strategi-public-relations
Picture created by jeab – www.freepik.com

Citra perusahaan atau organisasi pada dasarnya bergantung pada pandangan dan persepsi publik. Citra layaknya aset penting yang harus terus menerus dijaga dan dibangun untuk memberikan kepuasan pada pelanggan terhadap perusahaan.

Agar perusahaan mendapatkan citra positif di mata publik, peran public relations sangatlah penting di dalamnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan PR untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan yakni dengan merancang strategi public relations. Untuk lebih memahaminya, mari kita mengenal lebih dalam apa itu strategi public relations.

Mengenal Strategi Public Relations

Melansir dari liputan6.com, menurut A. Halim, strategi merupakan suatu cara dimana sebuah lembaga atau organisasi akan mencapai tujuannya sesuai peluang dan ancaman lingkungan eksternal  yang dihadapi serta kemampuan internal dan sumber daya.

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, para praktisi public relation melakukan komunikasi pemasaran perusahaan melalui strategi public relation. Bentuk komunikasinya dapat berupa komunikasi secara lisan dan tertulis kepada pihak internal maupun eskternal yang bertujuan untuk membangun brand image perusahaan.

Lima Komponen Dalam Menyusun Strategi Public Relations

Untuk membantu Anda menyusun strategi public relations, diperlukan persiapan matang yang memperhatikan komponen-komponen penting didalamnya. Berikut penulis rangkum lima komponen yang mempengaruhi kesuksesan strategi PR, diantaranya.

1. Komunikasi Perusahaan

Dalam menyusun strateginya, PR tidak luput untuk membangun komunikasi dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan. Bisa dikatakan bahwa strategi komunikasi perusahaan merupakan faktor penting dalam menyusun strategi PR.

Public Relations dikatakan berhasil dalam menjalankan sistem komunikasi perusahaan jika ia dapat memahami kebutuhan pihak internal dan eksternal.

Oleh karenanya, perlu dibangun komunikasi baik secara lisan atau melalui media untuk menumbuhkan kepercayaan dan citra yang baik terhadap perusahaan.

Contoh bagian dari stategi komunikasi perusahaan adalah email internal atau siaran pers yang mengumumkan berita terbaru tentang perusahaan.

2. Hubungan Public Relations dengan Media

Hubungan media adalah hubungan yang dijalin suatu perusahaan atau organisasi dengan pers.

Untuk memastikan strategi yang disusun berhasil, PR harus membangun hubungan baik dengan pers secara intens. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat digambarkan secara baik dalam berita yang dipublikasikan oleh mereka di media.

Biasanya, PR yang memiliki relasi dengan media dapat secara langsung mengirim berita perusahaan pada pihak media. Apabila tidak memiliki hubungan langsung, perusahaan biasanya mengirimkan siaran pers. Siaran pers biasanya berisi beberapa hal penting soal perusahaan, seperti investasi dari pihak luar hingga pendapat perusahaan soal isu tertentu.

3. Hubungan Public Relations dengan Masyarakat

Selain membangun hubungan dengan media, hal penting lainnya yang wajib dilakukan PR adalah bagaimana perusahaan membina hubungan dengan masyarakat.

Hubungan ini dapat dibangun dengan berbagai kelompok masyarakat yang memilki latar belakang serupa. Tujuan dari hubungan ini yakni menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat bahwa perusahaan dapat tumbuh bersama dan berjalan beriringan dengan masyarakat.

Dalam beberapa perusahaan, komponen ini umumnya masuk dalam strategi Corporate Social Responsibilty (CSR). Selain itu, PR biasanya menyusun acara khusus publk seperti kegiatan pendidikan, lingkungan, dan kesehatan masyarakat.

4. Manajemen Krisis

Dalam pelaksanaannya, bukan tidak mungkin jika strategi yang telah disusun PR sebelumnya mengalami hambatan dan masalah yang tidak terduga. Oleh karena itu, PR harus memilki rencana manajemen krisis pada strategi yang akan dilaksanakan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang dapat merusak citra perusahaan. Komunikasi antar internal dan eksternal menjadi sangat penting untuk dilakukan agar nantinya krisis yang terjadi dapat ditangani dengan baik.

5. Manajemen Acara

Acara dalam suatu organisasi atau perusahaan adalah salah satu strategi terbaik PR untuk membangun citra dan kredibilitas perusahaan. Tujuan diadakannya acara ini yakni untuk meningkatkan jalinan komunikasi dan kedekatan antara perusahaan dengan phak-pihak yang bersangkutan. PR memiliki kuasa penuh dalam mengatur acara yang akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan apa topik acara yang akan diambil, kapan dan dimana acara akan diselenggaran dan siapa yang akan dihadirkan dalam acara tersebut.

Kesimpulan

Strategi public relations adalah suatu cara dimana seorang public relations membangun komunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal yang bertujuan untuk membangun citra positif perusahaan. Dalam menyusun strategi public relations, terdapat lima komponen atau elemen penting yang mempengaruhi sukses tidaknya strategi PR. Lima komponen tersebut diantaranya bagaimana PR menjalin komunikasi dengan pihak internal eksternal perusahaan, bagaimana PR menjalin hubungan dengan media dan masyarakat, serta bagaimana PR memanajemen acara dan mengantisipasi masalah yang akan datang dengan manajemen krisis.

Referensi

https://pulsemarketingagency.com/blog/5-components-successful-public-relations-strategy/

https://m.liputan6.com/hot/read/4701818/strategi-adalah-rencana-cermat-untuk-mencapai-tujuan-kenali-tingkatannya15:19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *