Strategi Public Relations : 5 Komponen Menyusun Strategi PR yang Sukses
Bayu Septian
26 April 2022 01:40
Citra perusahaan atau organisasi pada dasarnya bergantung pada pandangan dan persepsi publik. Citra layaknya aset penting yang harus terus menerus dijaga dan dibangun untuk memberikan kepuasan pada pelanggan terhadap perusahaan.
Agar perusahaan mendapatkan citra positif di mata publik, peran public relations sangatlah penting di dalamnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan PR untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan yakni dengan merancang strategi public relations.
Namun sebelum masuk kedalam strategi public relations, baiknya kita kenali dulu bagaimana peran PR untuk mempengaruhi persepsi masyarakat.
Peran PR Dalam Mempengaruhi Persepsi Masyarakat
Mengutip jurnal manajemen, Scholz (1999) mengatakan bahwa “public relation adalah suatu perencanaan yang mendorong untuk mempengaruhi persepsi masyarakat melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial berdasarkan suatu komunikasi timbal balik untuk mencapai keuntungan pada kedua belah pihak.
Nah untuk itu, seorang PR perlu tools untuk memantau volume perbincangan masyarakat di media sosial dan juga pemberitaan di media massa. salah satu tools yang sering digunakan yaitu tools media monitoring.
Lalu strategi apa yang perlu disusun agar fungsi dan tujuan dari PR dapat tercapai. Untuk lebih memahaminya, mari kita mengenal lebih dalam apa itu strategi public relations.
Mengenal Strategi Public Relations
Melansir dari liputan6.com, menurut A. Halim, strategi merupakan suatu cara dimana sebuah lembaga atau organisasi akan mencapai tujuannya sesuai peluang dan ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta kemampuan internal dan sumber daya.
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, para praktisi public relation melakukan komunikasi pemasaran perusahaan melalui strategi public relation. Bentuk komunikasinya dapat berupa komunikasi secara lisan dan tertulis kepada pihak internal maupun eskternal yang bertujuan untuk membangun brand image perusahaan.
Lima Komponen Dalam Menyusun Strategi Public Relations
Untuk membantu Anda menyusun strategi public relations, diperlukan persiapan matang yang memperhatikan komponen-komponen penting didalamnya. Berikut penulis rangkum lima komponen yang mempengaruhi kesuksesan strategi PR, diantaranya.
1. Komunikasi Perusahaan
Dalam menyusun strateginya, PR tidak luput untuk membangun komunikasi dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan. Bisa dikatakan bahwa strategi komunikasi perusahaan merupakan faktor penting dalam menyusun strategi PR.
Public Relations dikatakan berhasil dalam menjalankan sistem komunikasi perusahaan jika ia dapat memahami kebutuhan pihak internal dan eksternal.
Oleh karenanya, perlu dibangun komunikasi baik secara lisan atau melalui media untuk menumbuhkan kepercayaan dan citra yang baik terhadap perusahaan.
Contoh bagian dari stategi komunikasi perusahaan adalah email internal atau siaran pers yang mengumumkan berita terbaru tentang perusahaan.
Untuk untuk mengoptimalkan kinerja PR dalam melakukan blast rilis kepada media, dibutuhkan tools yang powerfull, salah satunya dapat menggunakan fitur dari Kazee Media Intelligance seperti gambar dibawah ini.
Dengan menggunakan Kazee Media Intelligance, seorang Public Relations dapat dengan mudah mengirimkan informasi seperti rilis perusahaan kepada media tanpa terbatas. PR juga dapat memantau dan mengukur sejauh mana efektifitas email campaign yang telah disebarkan.
2. Hubungan Public Relations dengan Media
Hubungan media adalah hubungan yang dijalin suatu perusahaan atau organisasi dengan pers.
Untuk memastikan strategi yang disusun berhasil, PR harus membangun hubungan baik dengan pers secara intens. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat digambarkan secara baik dalam berita yang dipublikasikan oleh mereka di media.
Biasanya, PR yang memiliki relasi dengan media dapat secara langsung mengirim berita perusahaan pada pihak media. Apabila tidak memiliki hubungan langsung, perusahaan biasanya mengirimkan siaran pers. Siaran pers biasanya berisi beberapa hal penting soal perusahaan, seperti investasi dari pihak luar hingga pendapat perusahaan soal isu tertentu.
3. Hubungan Public Relations dengan Masyarakat
Selain membangun hubungan dengan media, hal penting lainnya yang wajib dilakukan PR adalah bagaimana perusahaan membina hubungan dengan masyarakat.
Hubungan ini dapat dibangun dengan berbagai kelompok masyarakat yang memilki latar belakang serupa. Tujuan dari hubungan ini yakni menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat bahwa perusahaan dapat tumbuh bersama dan berjalan beriringan dengan masyarakat.
Dalam beberapa perusahaan, komponen ini umumnya masuk dalam strategi Corporate Social Responsibilty (CSR). Selain itu, PR biasanya menyusun acara khusus publik seperti kegiatan pendidikan, lingkungan, dan kesehatan masyarakat.
4. Manajemen Krisis
Dalam pelaksanaannya, bukan tidak mungkin jika strategi yang telah disusun PR sebelumnya mengalami hambatan dan masalah yang tidak terduga. Oleh karena itu, PR harus memilki rencana manajemen krisis pada strategi yang akan dilaksanakan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang dapat merusak citra perusahaan.
Sama seperti penjelasan sebelumnya, tools media intelligance juga memungkinkan seorang Public Relation perusahaan untuk dapat menanggulangi krisis sejak dini.
Email notification adalah salah satu fitur dari Kazee Media Intelligance yang berfungsi untuk memberitahui user informasi terupdate perbincangan di media sosial dan pemberitaan dari sisi sentimen secara akurat. Selain itu, email notification ini dapat diatur waktunya sesuai sesuai kebutuhan.
Komunikasi antar internal dan eksternal menjadi sangat penting untuk dilakukan agar nantinya krisis yang terjadi dapat ditangani dengan baik.
5. Manajemen Acara
Acara dalam suatu organisasi atau perusahaan adalah salah satu strategi terbaik PR untuk membangun citra dan kredibilitas perusahaan. Tujuan diadakannya acara ini yakni untuk meningkatkan jalinan komunikasi dan kedekatan antara perusahaan dengan phak-pihak yang bersangkutan. PR memiliki kuasa penuh dalam mengatur acara yang akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan apa topik acara yang akan diambil, kapan dan dimana acara akan diselenggaran dan siapa yang akan dihadirkan dalam acara tersebut.
Kesimpulan
Strategi public relations adalah suatu cara dimana seorang public relations membangun komunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal yang bertujuan untuk membangun citra positif perusahaan. Dalam menyusun strategi public relations, terdapat lima komponen atau elemen penting yang mempengaruhi sukses tidaknya strategi PR. Lima komponen tersebut diantaranya bagaimana PR menjalin komunikasi dengan pihak internal eksternal perusahaan, bagaimana PR menjalin hubungan dengan media dan masyarakat, serta bagaimana PR memanajemen acara dan mengantisipasi masalah yang akan datang dengan manajemen krisis.
Dari sekian banyak jobdesk seorang PR, Kazee Media Intelligance menjadi salah satu tools terbaik yang wajib digunakan PR agar kegiatan serta kebutuhan kehumasan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan optimal.
Referensi
https://pulsemarketingagency.com/blog/5-components-successful-public-relations-strategy/