Strategi Marketing untuk Ekspansi Bisnis Menggunakan Location Intelligence

Cahaya Muslim

12 February 2024 10:08

Sebelum melakukan ekspansi bisnis, Anda perlu memikirkan strategi dengan matang. Hal ini dilakukan agar perluasan bisnis justru tidak menimbulkan kerugian. Cukup banyak bisnis yang merugi akibat ekspansi yang asal-asalan. Oleh sebab itu, yuk baca sampai habis untuk mengetahui agar ekspansi bisa lebih efektif dan meminimalisir risiko kerugian.

Apa itu Ekspansi Bisnis?

Secara sederhana, ekspansi dapat diartikan sebagai perluasan peredaran uang. Lebih luas lagi, ekspansi bisnis adalah perluasan yang dilakukan bisnis untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Umumnya, bisnis akan melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, membuat produk baru, berkolaborasi, hingga membuka toko-toko baru. Intinya adalah bagaimana caranya agar bisnis tersebut menjangkau lebih banyak orang atau mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Ekspansi bisnis bisa ditandai dengan pembukaan lokasi bisnis baru di sebuah wilayah yang menjadi sasaran target dari ekspansi. Dalam melakukan hal ini, Anda memerlukan data dan fakta berharga mengenai bisnis Anda agar bisa mengambil keputusan yang lebih matang. Misalnya, memahami cara menemukan lokasi strategis, apa yang harus dilakukan sebagai langkah awal ekspansi, dan sebagainya.

Pentingnya Ekspansi Bisnis

Seperti diketahui, ekspansi bisnis sangat penting untuk membantu meningkatkan keuntungan. Akan tetapi, tidak hanya itu, ekspansi bisnis juga bermanfaat untuk meningkatkan produk atau layanan Anda.

Dengan melakukan ekspansi, bisnis Anda tidak berjalan di tempat. Ada pengembangan atau inovasi yang dilakukan supaya bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat. Tidak hanya itu, ekspansi bisnis juga membantu Anda untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Karena artinya Anda membutuhkan tenaga tambahan untuk menjalankan operasional bisnis. Terakhir, manfaat ekspansi bisnis adalah meningkatkan nilai brand Anda. Ekspansi bisnis membuat peluang bagi merek Anda lebih dikenal oleh customer. Hal ini membuka kesempatan bagi brand Anda untuk menjadi top of mind bagi customer.

Tips Melakukan Ekspansi Bisnis

Dalam melakukan ekspansi bisnis, Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini. 

  • Melakukan perencanaan bisnis yang jelas

Anda harus memiliki metode atau target bisnis yang jelas melalui pembuatan perencanaan bisnis. Perencanaan ini bermanfaat agar Anda mempunyai gambaran atau panduan bagaimana ekspansi Anda berjalan nantinya. Hal ini juga termasuk mencegah risiko kerugian hingga strategi apa yang ingin dilakukan.

  • Menganalisis target pasar secara mendalam

Saat memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis, artinya Anda harus mengenali target pasar Anda secara mendalam. Hal ini bertujuan untuk mengukur bagaimana potensi bisnis Anda untuk berkembang nantinya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan penyesuain terhadap produk atau layanan Anda agar sesuai pasar. 

  • Analisis Sumber Daya

Ekspansi bisnis memerlukan sumber daya yang cukup, baik itu dari segi tenaga kerja maupun keuangan. Sebelum memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis, pastikan sumber daya Anda sudah memadai. Jangan memaksakan melakukan ekspansi apabila sumber daya belum siap.

Kesimpulannya, tips dalam melakukan ekspansi bisnis adalah melakukan analisis dan evaluasi terhadap faktor internal bisnis Anda terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda memang siap untuk melakukan ekspansi. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian yang justru menimbulkan potensi kerugian terhadap bisnis utama.

Location Intelligence untuk Memaksimalkan Ekspansi Bisnis

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan ekspansi bisnis adalah menentukan lokasi bisnis baru. Bagaimana cara mengetahui bahwa lokasi yang dipilih dapat menjangkau pelanggan yang sesuai? Itulah mengapa location intelligence menjadi jawabannya.

Location intelligence dapat membantu Anda mengumpulkan data-data geografis, tata ruang, zonasi, spasial, dan sebagainya. Dari data-data tersebut, Anda bisa mendapatkan visualisasi data mengenai gambaran jelas terkait lokasi yang Anda ingin ketahui.

Di sini, Anda akan mendapatkan insight berharga mengenai lokasi seperti apa yang akan cocok terhadap bisnis Anda. Insight-insight tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan Anda dalam melakukan ekspansi bisnis.

Share :

Related Articles