Sebaran Isu “MS Glow” dalam Media Sepekan Terakhir

Crisis photo created by freepik – www.freepik.com

Kabar terbaru datang dari dunia kosmetik lokal Indonesia. Media dipenuhi dengan pemberitaan terkait pengusaha kosmetik asal Indonesia yang menjual skincare dengan merek “MS Glow.” Pemberitaan sangat ramai dipicu oleh salah satu isu yang mengatakan bahwa omzet penjualan MS Glow mencapai enam ratus miliar rupiah.

Apa itu MS Glow?

Nama “MS Glow” tentu saja tidak asing di telinga warga net. Dilansir dari website resminya, MS Glow berdiri pada tahun 2013 yang merupakan singkatan dari namanya adalah Magic For Skin. Berawal Dari Penjualan Produk MSGLOW skincare dan body care secara online dan telah memperoleh kepercayaan dari jutaan customer sehingga kami terus melakukan pengembangan produk.

Awal Terjadi Polemik di Media

Kekisruhan yang terjadi pada media terkait dengan MS Glow pada awalnya terjadi saat ada kesalahan penyebutan acara Paris Fashion Week. Pemilik brand MS Glow Shandy Purnamasari mengklaim bahwa MS Glow mengikuti acara Paris Fashion Week, namun hal ini dibantah oleh pengamat fashion Lucky Heng yang mengatakan bahwa acara tersebut bukanlah acara Paris Fashion Week. Itu hanyalah acara fashion show biasa yang diselenggarakan di sela-sela acara Paris Fashion Week oleh organizer yang tidak resmi.

Polemik terus berlanjut dengan permintaan maaf dari brand MS Glow atas misinformasi yang dibuat. Artis @nikitamirzani mengunggah instastory yang disinyalir menyindir asal muasal kekayaan dari pemilik MS Glow tersebut. Kemudian, media sosisal Twitter dihebohkan dengan tweet dari @XIXdgmbkXIX atau sebelumnya @digeeembok yang menyatakan statement yang mengajak warganet untuk bertanya kepada Kaji Edan terkait asal muasal harta dari pemilik MS Glow Tersebut.

sumber: twitter.com

Kabar yang paling baru merupakan kemunculan isu terkait omzet penjualan MS Glow yang disinyalir menembus enam ratus miliar rupiah dalam satu bulan. Hal ini membuat Ditjen Pajak menyentil pemilik brand tersebut untuk segera melaporkan pajaknya.

Dilihat dari banyaknya isu dengan muatan sentimen negatif yang beredar di media, MS Glow seharusnya sudah memetakan crisis management. Dikutip dari Wikipedia, Crisis Management adalah sebuah proses di mana organisasi menghadapi peristiwa yang mengganggu dan tidak terduga yang mengancam akan merugikan organisasi atau pemangku kepentingannya. Salah satu cara untuk membantu proses crisis management adalah menganalisis isu yang tersebar menggunakan bantuan sistem media monitoring. Sistem ini dapat membantu memadukan banyak sebaran big data untuk dianalisis dengan berbagai kebutuhan bisnis.

Baca Juga: Mengelola Reputasi Brand Meggunakan Media Monitoring

Dalam artikel kali ini, penulis akan mencoba memetakan isu terkait MS Glow menggunakan sistem media monitoring untuk tujuan mengetahui lima isu tertinggi terkait MS Glow yang tersebar di media. Periode analisis dilakukan pada tujuh hari terakhir yakni 22-28 Maret 2022. Kata kunci yang digunakan adalah “MS GLOW”

Analisis Media Monitoring

Pergerakan Data

Pergerakan data isu terkait “MS GLOW.” Puncak sorotan terjadi pada tanggal 25 Maret 2022.

Jumlah data

Berdasarkan tangkapan layar sistem media monitoring di atas, terdapat sebanyak 1.380 data lebih yang tersebar di media terkait MS Glow terdiri dari 779 data twitter, 595 data redaksi berita.

Top Influencer

Betikut merupakan hasil analisis sistem media monitoring terkait influencer pada media sosial Twitter yang membahas isu MS Glow.

Top Keyword dan Hashtag

Berikut merupakan keyword dan hashtag yang paling banyak digunaakan

Top Isu

Di bawah ini merupakan lima isu teratas yang paling banyak dibicarakan terkait dengan MS Glow.

Klaim Omzet MS Glow Rp 600 Miliar per Bulan, Juragan 99 Disentil Stafsus Sri Mulyani Terkait Pajak

Kabar MS Glow berhasil meraih Omzet Rp600 miliar membuat banyak pihak terkejut. Founder MS Glow sekaligus crazy rich Malang , Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala pun langsung menjadi pusat perhatian. Meski tak sedikit yang menaruh curiga, warganet terkagum-kagum dengan pencapaian ini. Kabar menghebohkan tersebut ternyata sudah sampai ke telinga Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Sebagaimana diketahui, sejak beberapa waktu lalu, Sri Mulyani memang memburu para crazy rich yang gemar memamerkan kekayaan mereka di sosial media.

Shandy Purnamasari Ngaku Rugi Banyak, Istri Juragan 99 Tolak Damai dengan Putra Siregar: Jalani Dulu

Perseteruan istri Gilang Widya Pramana Shandy Purnamasari dengan Juragan Ponsel Putra Siregar masih memuncak. Pelaporan Putra Siregar pun sudah diproses di kepolisian. Shandy Purnamasari, istri dari Gilang Widya Pramana alias Juragan 99 tolak pintu damai dengan Putra Siregar . Ia kesal karena bisnisnya dijiplak oleh bos PS Glow. Meskipun demikian, laporan ini tidak bisa dilanjutkan karena kekurangan barang bukti.

Istri Juragan 99 Bantah Omzet MS Glow Rp 600 Miliar, Sebut Itu Cuma Asumsi

Istri dari Gilang Widya Pramana alias Juragan 99, Shandy Purnamasari, mengatakan jika omzet bisnis produk kecantikan MS Glow senilai Rp600 miliar per bulan hanyalah Asumsi perhitungan bukan angka yang sebenarnya. Sebelumnya, disebutkan bahwa MS Glow berhasil menjual 2 juta produk per bulan selama pandemi covid-19. Harga produk MS Glow sendiri berkisar Rp50-150 ribu, sementara untuk harga paket adalah Rp300 ribu. Jika dipukul rata-rata, penghasilan MS Glow mencapai Rp600 miliar per bulan dari Rp300 ribu dikali 2 juta.

Heboh Pabrik MS Glow Milik Juragan 99 Disebut Bodong

Setelah kekayaannya diragukan, ada lagi tuduhan lain dilayangkan ke Juragan 99 Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, yaitu Pabrik MS Glow disebut Bodong. MS Glow adalah merek kecantikan lokal berupa skincare dan bodycare yang didirikan istri Juragan 99. Namun, jaringan bisnis Juragan 99 belakangan ini tengah diterpa isu tak sedap. Pabrik MS Glow santer terdengar disebut Bodong.

Makin Panas! Nikita Mirzani Diisukan Pernah Dikasih 2 Tas Hermes oleh Juragan 99 dan Bos MS Glow

Isu dan polemik Nikita Mirzani dengan Gilang Juragan 99 dan istrinya, Shandy Purnamasari semakin memanas. Kekinian, ada rumor yang menyebutkan bahwa Nikita Mirzani pernah mendapatkan hadiah 2 buah tas Hermes dari Juragan 99 dan Shandy Purnamasari. Namun, Nikita Mirzani malah diduga mengkuliti aib Juragan 99 dan Shandy Purnamasari satu per satu.

Kesimpulan

Dari banyaknya isu yang beredar terkait “MS Glow”, terdapat banyak isu yang bermuatan negatif. Media monitoring dapat membantu memonitor pergerakan isu dan apa yang sedang dibicarakan di media terkait sebuah brand atau bisnis. Dengan menganalisis isu tersebut lebih awal melalui sistem media monitoring, hal ini dapat membantu perusahaan mencegah pemberitaan yang lebih buruk, juga membantu menetralkan isu yang tersebar luas dan dapat menjaga reputasi baik perusahaan.

Referensi:

https://www.msglowid.com/Website/Halaman/about_us#:~:text=Tentang%20MS%20GLOW,kami%20terus%20melakukan%20pengembangan%20produk.

https://en.wikipedia.org/wiki/Crisis_management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *