Research Intelligence dan Kaitannya dengan Sektor Publik

Cahaya Muslim

01 March 2024 09:11

Research intelligence merupakan kecerdasan yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan dengan cara survei, wawancara, dan sebagainya. Hal ini bermanfaat untuk mengambil keputusan yang lebih baik karena melalui hasil research intelligence, Anda mempunyai landasan jelas mengenai kebutuhan pasar atau organisasi.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Sentimen Masyarakat terhadap Pelayanan Sektor Publik

Itulah mengapa, research intelligence dapat diterapkan di berbagai bidang, salah satunya adalah sektor publik. Sebenarnya, apa kaitan antara kedua hal tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya dengan mengetahui manfaat research intelligence berikut ini. 

Manfaat Research Intelligence terhadap Sektor Publik

Sektor publik adalah sektor yang melayani kepentingan orang banyak. Dalam prosesnya, tentunya pelayanan tidak mungkin berjalan sempurna. Ada kekurangan atau ketidaksesuaian yang akan dirasakan oleh publik.

Namun, bagaimana Anda mengetahui semua kekurangan itu dengan cepat? Pastinya, sulit bagi Anda untuk mengetahui banyaknya pendapat publik. Inilah salah satu manfaat dari research intelligence, yaitu membantu Anda untuk mendapatkan informasi secara mudah dan cepat mengenai pendapat publik tentang evaluasi layanan Anda.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa manfaat research intelligence terhadap sektor publik, yaitu di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Merancang sekaligus menyusun kebijakan berdasarkan hasil penelitian

Research inteligence membantu Anda untuk membuat kebijakan yang lebih efektif. Jadi, Anda bisa fokus untuk mengatasi masalah serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

  • Mengidentifikasi efisiensi dan efektivitas program

Anda dapat mengidentifikasi program apa saja yang efektif dan kurang efektif. Hal ini membuat Anda bisa melakukan pengambilan keputusan lebih baik. Anda juga bisa mengalokasikan sumber daya secara lebih optimal ke program yang memang berdampak positif pada sektor publik.

  • Melihat peluang baru dan ancaman yang harus dihindari

Dengan research intelligence, Anda bisa mengetahui peluang baru hingga ancaman ke depan yang bisa memengaruhi sektor publik. Berdasarkan data yang didapatkan, Anda pun bisa melakukan inovasi serta antisipasi agar pelayanan sektor publik tetap berjalan dengan lancar.

  • Mengetahui dengan pasti keinginan publik serta keluhan mereka

Research intelligence membantu Anda mengetahui dengan pasti apa keinginan publik serta keluhan mereka selama menggunakan pelayanan Anda. Hal ini membantu Anda untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga benar-benar bisa membantu masyarakat. 

Intinya, manfaat research intelligence terhadap sektor publik tidak jauh-jauh dari memahami kebutuhan masyarakat. Seperti diketahui, kebutuhan publik sangat beragam. Oleh sebab itu, dapatkan wawasan berharga tentang semua hal tersebut dengan menggunakan research intelligence.

Mengenal Kazee Research Intelligence

Salah satu tools riset yang bisa Anda gunakan adalah Kazee Research Intelligence. Tools ini menggabungkan penelitian yang bersifat menjangkau secara luas, analisis yang kuat, keterlibatan aktif, hingga memberikan rekomendasi terbaik untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Selain itu, Kazee menawarkan laporan penelitian dengan segmentasi yang bervariasi, dan visualisasi mudah dipahami. Jadi, Anda bisa segera menggunakan data yang didapatkan sebagai acuan dalam mengambil keputusan.

Tidak hanya untuk sektor publik, Kazee Research Intelligence juga bisa digunakan untuk berbagai industri bisnis. Contohnya, untuk mengetahui performa campaign yang pernah dijalankan sebelumnya. Dari sini, Anda akan tahu kebiasaan perilaku konsumen berdasarkan campaign tersebut. 

Kemudian, dalam hal sektor publik, Kazee Research Intelligence bisa membantu Anda untuk mengelola reputasi. Seperti diketahui, pelayanan publik sering kali mendapatkan keluhan yang dapat memengaruhi reputasi.

Oleh sebab itu, dengan Kazee Research Intelligence, Anda akan mendapatkan insight yang bisa digunakan dalam mengembangkan strategi untuk mempertahankan reputasi.

Kazee Research Intelligence juga bisa mengukur kepuasan publik terhadap pelayanan yang Anda berikan hingga saat ini. 

Laporan penelitian yang disajikan membantu Anda memahami seberapa puas masyarakat terhadap pelayanan Anda dan sebesar apa kemungkinan mereka untuk menggunakan layanan Anda kembali.

Kazee Research Intelligence menawarkan metodologi penelitian yang disesuaikan dengan industri Anda. Jadi, Anda akan mendapatkan insight terbaik untuk  mencapai hasil yang baik pula.

Demikian penjelasan mengenai kaitan sektor publik dengan research intelligence. Kesimpulannya, kecerdasan tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik dari segi memahami kebutuhan atau keluhan masyarakat. Dari insight-insight ini, Anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan agar sektor publik bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Share :

Related Articles